Comscore Tracker

5 Tips Sederhana Rawat Charger Laptop, Biar Kabelnya Gak Cepat Putus

Jangan asal colok lho!

Bagi yang memiliki profesi atau hobi yang selalu menggunakan laptop sebagai ‘senjata’-nya, keberadaan charger tentu saja dirasa sangat penting. Terutama ketika laptop sedang kehilangan dayanya, maka charger menjadi barang penting satu-satunya yang bisa menjadi penolong utama. Oleh karena kepentingannya tersebut, merawat charger laptop dengan baik tentu saja mutlak harus kamu lakukan agar pekerjaanmu tak terhambat.

Nah, berikut ini beberapa tips sederhana bagaimana cara merawat charger laptop agar tak lekas rusak biar kegiatanmu bersama laptop bisa lancar tanpa kendala.

1. Pegang kepala charger dari stop kontak, jangan asal cabut

5 Tips Sederhana Rawat Charger Laptop, Biar Kabelnya Gak Cepat Putusflipkart.com

Ketika mencabut charger dari stop kontak setelah dipakai, jangan mencabut langsung dengan menarik kabelnya secara langsung. Selain membahayakan, hal tersebut juga bisa memicu kabel menjadi cepat kendur dan putus. Cara yang benar ketika mencabut charger adalah dengan memegang kepala charger secara perlahan sampai terlepas dari stop kontak tanpa mengeluarkan bunyi-bunyian.

2. Simpan di tempat aman dengan suhu ruangan yang pas

5 Tips Sederhana Rawat Charger Laptop, Biar Kabelnya Gak Cepat PutusBlanja.com

Ketika tak dipakai dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya simpan charger laptop di tempat kering dengan suhu ruangan yang pas. Jangan sekali-kali meletakkan charger laptop di tempat lembap karena akan membuat kabel-kabel halus didalamnya cepat rapuh. Lebih baik lagi jika kamu menyimpan charger laptop dalam tas khusus yang dimasukkan ke dalam lemari.

3. Lepaskan charger dari stop kontak saat tak dipakai

5 Tips Sederhana Rawat Charger Laptop, Biar Kabelnya Gak Cepat Putusevansclarke.com.au

Selesai menggunakan laptop, segera cabut charger dari stop kontak. Jangan karena malas atau menganggap tidak berpengaruh apa-apa, kamu membiarkan charger laptop ‘nyantol’ berhari-hari di stop kontak. Selain akan memperpendek usia charger, hal tersebut juga bisa mengundang bahaya yang tak disadari jika tak sengaja memegang ujung charger dalam keadaan basah.

Baca Juga: Biar Aman, Ini 6 Tips Membeli Charger yang Tepat Buat Smartphone

4. Charger laptop jangan digeber terus-terusan

5 Tips Sederhana Rawat Charger Laptop, Biar Kabelnya Gak Cepat Putusgumtree.com

Terutama bagi kamu yang senang bermain game atau mendesain, jangan menggeber charger laptop nonstop tanpa henti. Jika pun terpaksa, lepaskan charger dari laptop saat daya baterai sudah penuh dan pasang kembali ketika daya sudah akan habis. Memberi jeda waktu charger laptop bekerja akan membuatnya awet dan tahan lama.

5. Jangan menggulung kabel charger terlalu rapat dan tertekuk

5 Tips Sederhana Rawat Charger Laptop, Biar Kabelnya Gak Cepat Putusshopee.co.id

Kebiasaan orang ketika menggulung kabel charger biasanya asal-asalan dan terlalu rapat sehingga cenderung tertekuk. Kabel yang digulung terlalu rapat akan membuat lapisan luar terkelupas sehingga kabel-kabel halusnya bisa terputus. Ketika menggulung kabel charger, usahakan menggulungnya secara melingkar dengan jari-jari yang agak besar dan diikat pada pertemuan kabel dari ujung ke ujungnya.

Jadi mulai sekarang selalu rawat charger laptopmu dengan baik dan benar ya agar pekerjaanmu tidak terbengkalai hanya karena masalah ‘colok-mencolok’.

Baca Juga: 10 Tip Kabel Charger HP Awet, supaya Kamu Gak Beli yang Baru Melulu

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya