Comscore Tracker

Gampang Dilakukan, 7 Tips Ampuh Biar Baterai Smartphone Tetap Awet

Biar baterai smartphone tetap tahan lama!

Diciptakannya baterai ion lithium atau baterai isi ulang merupakan penemuan yang bisa dibilang sangat luar biasa. Pasalnya baterai litium merupakan nyawa dalam gadget yang sehari-hari kita gunakan seperti smartphone, laptop, kamera, powerbank, portable game, dan lain sebagainya.

Kamu tentu ingin baterai yang ada pada gadgetmu berumur panjang. Namun, seringkali baterai yang digunakan tersebut rusak dan salah satu faktornya justru karena jarangnya perhatian pada baterai litium. Padahal lumayan juga kan kalau harus selalu beli baru. So, berikut ini tips-tips mempertahankan usia bateraimu.

1. Fakta yang keliru soal charge baterai ketika awal membeli gadget

Gampang Dilakukan, 7 Tips Ampuh Biar Baterai Smartphone Tetap Awettechgeeze.com

Menghabiskan baterai gadget sewaktu baru membelinya merupakan hal yang salah dilakukan. Walaupun baterai litium cukup bisa bertahan ketika lemah atau sekarat, namun tetap saja lama kelamaan baterai litium tidak bisa bertahan lebih lama dari yang dibayangkan. Apabila listrik habis, litium justru akan rusak dan bahkan tidak bisa charge kembali. Jadi, jangan dibiarkan habis ya.

2. Perhatikan kalibrasi baterai

Gampang Dilakukan, 7 Tips Ampuh Biar Baterai Smartphone Tetap Awetgadgetstouse.com

Apakah kondisi indikator baterai gadget-mu penuh namun nyatanya tidak? Jika iya, tandanya perlu dikalibrasi. Coba lakukan pengosongan baterai dan isi ulang sampai kembali penuh, lakukan rutin ketika sudah 30 kali melakukan charge atau ketika indikator baterai lemah karena semakin sering meng-charge baterai, semakin berkurang juga daya baterainya.

3. Waspada baterai pada suhu ekstrim

Gampang Dilakukan, 7 Tips Ampuh Biar Baterai Smartphone Tetap Awetnerdist.com

Sering berada di suhu ekstrim? Hal ini sangatlah bahaya bagi kamu pengguna baterai litium. Suhu ekstrim akan sangat mempengaruhi daya baterai. So, jangan cuma perhatian pada kondisi fisik smartphonemu tapi perhatikan juga kondisi baterai litiumnya.

4. Penyimpanan baterai

Gampang Dilakukan, 7 Tips Ampuh Biar Baterai Smartphone Tetap AwetPhoto by Álvaro Serrano on Unsplash

Merasa lama menunggu charge baterai sampai 100%? Wajar sih tapi nyatanya baterai lithium lebih efektif di kisaran 40-90% jadi tidak perlu susah payah menunggu sampai 100%. Jika kurang atau melebihi itu justru akan berakibat buruk bagi kondisi korosi baterai kamu di bagian dalam.

Baca juga: 10 Smartphone dengan Daya Tahan Baterai Terbaik

5. Hindari charge semalaman

Gampang Dilakukan, 7 Tips Ampuh Biar Baterai Smartphone Tetap Awetwww.zerodollartips.com

Tidak ada yang salah dengan kebiasan main gadget sebelum tidur, namun yang salah adalah ketika meng-charge gadget dalam kondisi tertidur dengan harapan ketika bangun akan penuh. Layaknya mengisi timba atau ember kamu akan mendapati isinya penuh tapi dengan kondisi luber dan tentu ini sangat tidak sehat untuk baterai kamu. Jadi, pintar-pintar dalam mengatur waktu charge ya.

6. Kualitas dari baterai

Gampang Dilakukan, 7 Tips Ampuh Biar Baterai Smartphone Tetap AwetPhoto by Mia Baker on Unsplash

Kualitas bawaan pabrik dari baterai merupakan hal yang perlu diperhatikan juga ketika akan membeli gadget. Baterai litium memiliki berbagai campuran unsur kimia dimana setiap pabrik mempunyai standar kualitasnya masing-masing. Selain itu usahakan merek baterai compatible dengan merek gadget kamu dan usahakan membeli yang terbaik dikelasnya. Ada harga ada kualitas, walaupun mahal tapi tetap lebih baik ketimbang beli yang kualitas rendah namun bolak balik rusak kan?

7. Manfaatkan fitur battery saver

Gampang Dilakukan, 7 Tips Ampuh Biar Baterai Smartphone Tetap Awetandroidcentral.com

Selain memiliki kecanggihan hardware, di beberapa gadget keluaran terbaru juga dilengkapi dengan aplikasi canggih yang sangat bermanfaat, salah satunya Battery Saver. Battery Saver merupakan perangkat lunak pengatur penggunaan baterai kapanpun secara otomatis selama kamu mengaktifkannya. Battery Saver juga menjadi pengingat ketika kamu memakai gadget di kondisi full performance terutama saat kondisi baterai lemah, cocok banget buat kamu yang gadgetholic.

Yuk, perhatikan barang-barang disekitarmu terutama yang vital seperti baterai litium ini!

Baca juga: Kebiasaan Sepele yang Malah Bikin Baterai Laptop Cepat Rusak

Topic:

Just For You