Comscore Tracker

Ini 6 Hal yang Wajib Kamu Pertimbangkan Sebelum Beli Earphone

Daripada salah beli, terus menyesal kan?

"By the way, daripada mendengarkan musik dengan keras melalui speaker hape di tempat umum, yang belum tentu orang lain suka, sekarang sudah ada teknologi yang namanya earphone" - jeritan hati semua orang yang butuh ketenangan di tempat/fasilitas umum.

Bisa dibilang, earphone itu perangkat yang paling dibutuhkan sekarang setelah smartphone. Pasalnya, earphone itu fungsinya beraneka ragam, mulai dari dipakai untuk menelepon hingga digunakan untuk mendengarkan musik. 

Saking pentingnya, beli earphone itu bisa dibilang gak mudah. Kamu wajib memerhatikan enam hal ini sebelum beli earphone biar gak menyesal nantinya.

1. Jangan tergiur harga murah

Ini 6 Hal yang Wajib Kamu Pertimbangkan Sebelum Beli Earphonedhgate.com

Sekarang sudah mulai banyak lho, earphone yang dijual dengan harga murah. Nah, biasanya earphone dengan harga murah ini menarik perhatian dan paling digemari. 

Namun sayangnya, ternyata gak semua earphone murah itu berkualitas. Sehingga, kamu wajib waspada kalau menemukan earphone dengan harga yang sangat murah. 

Bisa jadi, sebulan atau dua bulan dipakai earphone sudah rusak. Bikin menyesal kan?

2. Ketahui kebutuhanmu

Ini 6 Hal yang Wajib Kamu Pertimbangkan Sebelum Beli Earphoneget-sale.com

Biasanya, banyak orang yang cuma asal beli earphone cuma karena harga murah atau bentuknya unik. Padahal kalau mau beli earphone itu hal utama yang perlu kamu perhatikan adalah kebutuhannya.

Jadi, kalau kamu butuh earphone buat mendengarkan musik saat jogging misalnya, maka belilah yang kabelnya tidak terlalu panjang. Jika ada budget lebih maka belilah earphone nirkabel yang memang ditujukan khusus penggunaannya untuk menemani aktivitas jogging

3. Jangan malas cek spesifikasi earphone yang mau dibeli

Ini 6 Hal yang Wajib Kamu Pertimbangkan Sebelum Beli Earphonetheverge.com

Nah, sebelum beli earphone ada baiknya kamu memang memeriksa spesifikasinya terlebih dahulu. Tujuannya, biar gak menyesal pas habis beli ternyata spesifikasinya di bawah rata-rata. 

Untuk itu, sebelum beli usahakan cek spesifikasi teknis dari earphone seperti tingkat impedance yang berfungsi untuk membendung aliran tegangan listrik. Selain itu, cek juga tingkat sensitivitas, frekuensi respons, dan drivers alias kemampuan earphone dalam menciptakan suara. 

Gak ketinggalan, cek juga tingkat bitrate pada earphone yang hendak kamu beli. Jika tingkat bitrate-nya kecil maka jangan dibeli, karena fitur itu sangat penting banget untuk mengatur seberapa bagus suara yang dihasilkan. 

Baca Juga: Cara Mudah Kenali Smartphone yang Kamu Beli Itu Asli atau Replika!

4. Jangan tergiur fitur atau spesifikasi tertentu

Ini 6 Hal yang Wajib Kamu Pertimbangkan Sebelum Beli Earphoneeverydayhearing.com

Sama seperti smartphone, kebanyakan orang pasti suka tergiur atau memuja-muja satu fitur tertentu di earphone yang dianggapnya paling oke. Misalnya saja fitur noise-cancelling

Meski mengesankan, tapi earphone dengan fitur ini gak selalu terbaik lho! Pasalnya, kehadiran fitur ini di earphone sebenarnya dapat menurunkan kualitas audio dan menghilangkan beberapa detail dari lagu yang kamu putar. 

Selain itu, earphone dengan fitur khusus tersebut biasanya juga gak cocok dipakai kamu yang kerap menggunakan earphone saat berkendara. Soalnya, kamu memang gak bisa mendengar suara mobil atau kendaraan lain di sekitarmu dan ini bahaya banget karena dapat menyebabkan insiden kecelakaan saat berkendara!

5. Kenali bentuk telingamu

Ini 6 Hal yang Wajib Kamu Pertimbangkan Sebelum Beli Earphonetheverge.com

Namanya juga earphone dipakainya pasti di telinga kan? Nah, kalau bentuk earphone yang hendak kamu beli bentuknya sudah gak sesuai alias gak ergonomis maka jangan dibeli yah! 

Soalnya, kalau gak hati-hati earphone yang gak ergonomis bahkan bisa membuat telingamu cedera. Gak mau kan kejadian seperti ini menimpa dirimu?

Sekadar saran sih, beli saja earphone dengan nestle lembut. Karena earphone dengan nestle alias bantalan karet yang lembut sangat aman buat telinga dan dijamin tidak akan melukai ketimbang kamu pakai earphone dengan bahan dasar plastik. 

6. Lebih teliti lagi kalau beli earphone, apalagi soal merek

Ini 6 Hal yang Wajib Kamu Pertimbangkan Sebelum Beli Earphonetouchmyapps.com

Bukan bermaksud membedakan, tapi memang sekarang itu lagi banyak banyak banget earphone palsu yang mengatasnamakan merek yang sudah terkenal. Ambil contoh saja, earphone merek Beats Audio. 

Saking terkenalnya merek itu, produk-produk palsu yang memakai namanya pun banyak beredar di pasaran. Pastikan kamu bisa membedakan yang mana yang asli atau palsu. 

Paling gampang dari harga sih. Pasalnya, memang earphone Beats Audio itu hampir selalu dibanderol di kisaran harga ratusan ribu hingga jutaan. Jadi, kalau ada earphone dengan merek terkenal dan premium seperti Beats Audio dibanderol dengan harga murah, maka kamu wajib waspada dan mending jangan dibeli deh!

Itulah enam hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli earphone baru. Jangan salah dan bingung lagi ya pas mau beli earphone baru, biar gak menyesal di kemudian hari!

Baca Juga: Gak Cuma Murah dan Isi Besar, Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Beli Power Bank!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You