Comscore Tracker

Kabar Baik, Apple MacOS Sierra Terbaru Sudah Mendukung Eksternal GPU!

Ini daftarnya!

Sebagai salah satu pionir di ranah teknologi, tentunya Apple terus berinovasi agar setiap produk yang dirilisnya benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan bermanfaat bagi penggunanya. Tentunya hal ini dilakukan agar citra produk mereka baik dan konsumen tertarik untuk membelinya.

Mungkin sebagian besar orang akan setuju jika perangkat Apple dalam hal ini Macbook dan iMac, merupakan gadget yang paling bagus digunakan untuk aktivitas multimedia ketimbang laptop dengan OS Windows atau Linux. Hal ini dikarenakan Apple melengkapi perangkatnya dengan spesifikasi yang tinggi serta teknologi yang sangat membantu penggunanya dalam melakukan aktivitasnya.

Sebut saja touchpadnya yang sangat akurat dan presisi, daya tahan baterai yang di atas rata-rata serta desainnya yang tipis dan ringan membuat Macbook menjadi perangakt wajib para konten kreator dalam berkarya. Belum lagi adanya developer aplikasi yang lebih memilih mengembangkan aplikasinya di ekosistem Apple seperti Final Cut Pro X.

Nah, agar para penggunanya semakin nyaman dalam melakukan aktivitas multimedia, Apple merilis update baru macOS High Sierra 10.13.4 dimana salah satu fiturnya adalah dukungan eGPU atau ekternalGPU.

1. Ini syarat perangkat Apple yang mendukung eGPU

Kabar Baik, Apple MacOS Sierra Terbaru Sudah Mendukung Eksternal GPU!pexels.com/Burst

Adapaun syarat perangkat Apple yang didukung fitur ini adalah sebagai berikut :

  • Macbook Pro 2016 & 2017
  • iMac 2017
  • iMac Pro
  • Mendukung Thunderbolt 3
  • Sudah Dupadate ke macOS High Sierra 10.13.4 terbaru

Tentunya, kamu harus terlebih dahulu mengupdate perangkatmu ke versi OS yang dimaksud di atas. Selain itu, karena Macbook 2015 belum dilengkapi Thunderbolt 3 maka fitur ini tidak dapat kamu nikmati. Fitur ini juga tidak dapat kamu nikmati jika menggunakan OS Windows dengan metode Boot Camp di perangkatmu. Kamu harus boot ke MacOS untuk dapat menggunakan fitur ini.

2. Hanya kartu grafis AMD yang dimasukkan list oleh Apple

Kabar Baik, Apple MacOS Sierra Terbaru Sudah Mendukung Eksternal GPU!9to5mac.com

Melalui website resminya, Apple menyarankan kartu grafis AMD Radeon RX 570, RX 580, dan Radeon Pro WX 7100 sebagai berikut :

  • OWC Mercury Helios FX3
  • PowerColor Devil Box
  • Sapphire Gear Box
  • Sonnet eGFX Breakaway Box 350W
  • Sonnet eGFX Breakaway Box 550W3
  • Sonnet eGFX Breakaway Box 650W3

Untuk kartu grafis AMD Radeon RX Vega 56 kamu bisa pakai chassis yang disarankan oleh Apple berikut ini:

  • OWC Mercury Helios FX3
  • PowerColor Devil Box
  • Sonnet eGFX Breakaway Box 550W3
  • Sonnet eGFX Breakaway Box 650W3

AMD Radeon RX Vega 64, Vega Frontier Edition Air, dan Radeon Pro WX 9100 lebih cocok menggunakan chassis ini :

  • Sonnet eGFX Breakaway Box 650W3

Untuk produk all-in-one eGPU, Apple sendiri merekomendasikan untuk menggunakan chassis ini :

  • Sonnet Radeon RX 570 eGFX Breakaway Puck

Seperti yang kamu lihat di atas, tidak ada satupun pengolah grafis buatan Nvidia yang dimasukkan oleh Apple.

3. Channel YouTube 9to5Mac mencoba bereksperimen dengan grafis Nvidia 1080 Ti dan berhasil

https://www.youtube.com/embed/MeOqTzGcgPI

Berdasarkan eksperimen yang dilakukan oleh salah satu channel YouTube yakni 9to5Mac, ternyata pengolah grafis buatan Nvidia dapat bekerja dengan baik jika dipasangkan dengan eGPU. Dari hasil test, didapatkan jika jumlah FPS dalam bermain game yang didapatkan Macbook Pro menggunakan grafis Nvidia mencapai 91 sedangkan grafis bawaan yakni Intel Iris 550 hanya mencapai 10 FPS dalam bermain game. Dalam hal ini, Macbook dalam keadaan booting ke MacOS

9to5Mac juga mencoba boot ke OS Windows dan bermain game menggunakan eGPU yang dipasangi Nvidia 1080 Ti. Hasilnya mengejutkan, ternyata performa grafis Macbook melonjak drastis dibandingkan grafis bawaan. Performa game di OS Windows juga lebih baik ketimbang di MacOS. Tentunya hal ini bukanlah hal yang mengejutkan mengingat OS Windows memang lebih cocok digunakan untuk bermain game.

Tentunya hal ini kontradiksi dengan pernyataan Apple jika fitur eGPU hanya mendukung pegolah grafis buatan AMD dan tidak dapat berfungsi jika boot ke OS Windows menggunakan aplikasi Boot Camp.

Namun, jangan senang dulu apalagi mencap Apple tidak jujur. Dalam video tersebut, 9to5Mac mengatakan jika masih ada beberapa bug dan driver Pascal yang digunakan merupakan versi beta. Selain itu, kamu juga masih harus mengeluarkan uang ekstra untuk membeli chasis dan Nvidia 1080 Ti yang terkenal mahal saat ini.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menonton videonya secara langsung diatas.

4. Cocok bagi kamu yang membutuhkan tambahan performa grafis

Kabar Baik, Apple MacOS Sierra Terbaru Sudah Mendukung Eksternal GPU!9to5mac.com

Tentunya, beberapa aktivitas seperti Virtual Reality, 3D Gaming dan 3D animasi memerlukan tenaga pengolah grafis yang lebih tinggi ketimbang aktivitas pada biasanya seperti edit video yang cukup mengandalkan GPU bawaan.

Bagi kamu yang sedang melakukan aktivitas seperti itu yang membutuhkan performa grafis yang lebih kuat lagi, kamu bisa menggunakan eGPU untuk membuat projetmu lancar dan minim lag.

Irvin Pabane Photo Community Writer Irvin Pabane

Love what you do

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You