Comscore Tracker

Punya Banyak Kejutan, Samsung Note 10 Siap Dirilis Agustus Mendatang

Spesifikasi tangguh dan desain keren jadi andalannya

Salah satu seri smartphone milik Samsung yang masuk dalam kategori flagship  yakni Note, segera akan mendapatkan pembaruan dengan akan dirilisnya Samsung Galaxy Note di event IFA bulan Agustus mendatang. Seri Note sebelumnya mulai generasi ke 5-9 juga  dirilis di bulan yang sama, yakni Agustus.

Dari berbagai rumor dan bocoran spesifikasi yang beredar, penulis telah rangkum selengkapnya di bawah ini. Yuk, simak list berikut di bawah ini.

1. Desain ciamik dengan konsep kekinian dan mewah

Punya Banyak Kejutan, Samsung Note 10 Siap Dirilis Agustus MendatangPhoneArena.com/Milen Yanachkov

Bocoran render yang beredar di berbagai situs ternama, menunjukkan Samsung Galaxy Note 10 dibalut dengan desain layar AMOLED Infinity-O full view  lengkap dengan punch hole untuk menampung 2 buah kamera depan. Sementara itu, terdapat Bezel tipis berbentuk kotak sesuai bentuk Note 10 berwarna hitam yang memberikan penegasan, atau memberikan ruang kepada layar dengan ukuran sekitar 6.66inci untuk lebih eksis.

Persoalan material bodi yang digunakan, tidak diragukan lagi sebagai sebuah smartphone kelas atas, tentunya Samsung Note dibalut dari bahan aluminium atau kaca seperti pada perangkat high end  lainnya. Beberapa rumor juga menyebutkan jika Samsung mulai meninggalkan semua tombol fisik pada seri Note terbaru ini. Padahal, salah satu ciri khas smartphone Samsung adalah masih digunakannya tombol home  fisik.

2. Punya fitur khusus khas Samsung Note banget

Punya Banyak Kejutan, Samsung Note 10 Siap Dirilis Agustus MendatangPhoneArena.com/Milen Yanachkov

Karena tidak menggunakan tombol home  fisik lagi yang biasanya juga berfungsi sebagai sensor sidik jari, besar kemungkinan Note 10 menggunakan sensor fingerprint in display sebagai salah satu fitur keamanannya selain sensor wajah.

Selain itu, sudah pasti seri Note ini memiliki aksesori stylus  yang berguna untuk mencatat berbagai hal penting seperti agenda rapat atau memo yang berguna. Pengguna juga bisa menggunakannya untuk menggambar atau sekadar mencoret-coret. 

Fitur assistant  pribadi buatan Samsung sendiri yakni Bixby tampaknya akan dioptimalisasi di Note 10 ini. Tentunya, pengguna akan merasa lebih dimudahkan dalam mengerjakan berbagai aktivitas berkat adanya asisten virtual pribadi ini.

Karena sudah tidak memiliki tombol fisik lagi, kemungkinan pengguna Samsung Note 10 nantinya akan menggunakan fitur gesture, stylus atau gerak dan Bixby untuk mengoperasikan smartphone ini.

Baca Juga: Untuk Gaming, Ini 5 Spesifikasi Unik Samsung Notebook Odyssey RTX 2080

3. Kamera dipastikan memiliki kualitas diatas rata-rata

Punya Banyak Kejutan, Samsung Note 10 Siap Dirilis Agustus MendatangTechAdvisor.co.uk/Marie Black

Samsung Note 10 diketahui memiliki 4 buah kamera di bagian belakang dengan resolusi yang belum dapat dipastikan. Keempat lensa kamera tersebut disusun secara horizontal, lengkap dengan LED Flash  dan sensor lainnya.

Kemungkinan besar Note 10 memiliki lensa kamera dengan resolusi yang kurang lebih sama dengan Samsung S10 5G, dengan kombinasi lensa normal beresolusi 12 MP,  lensa kedua beresolusi 12 MP untuk telephoto (2X optical zoom), lensa ketiga beresolusi 16 MP yang memiliki sudut pandang lebih lebar, dan lensa ketiga 3D Depth camera.

4. Kemungkinan memiliki opsi jeroan yang berbeda

Punya Banyak Kejutan, Samsung Note 10 Siap Dirilis Agustus MendatangPhoneArena.com/Milen Yanachkov

Samsung Note 10 kemungkinan memiliki varian chipset  atau memori yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Tentunya, dengan harga yang juga berbeda, tergantung varian yang kamu ingin beli ketika dirilis nanti.

Kemungkinan Note 10 dibekali chipset  Snapdragon terbaru yakni 855 atau buatan Samsung sendiri yakni Exynos 9825 yang sudah terintegrasi dengan koneksi jaringan terbaru yakni 5G.

Sementara itu, kemungkinan varian RAM yakni 6GB untuk varian terendah dan 10 atau 12 GB untuk varian tertinggi dan memori internal mulai 64 GB untuk varian terendah, atau 128GB sampai 1TB untuk varian tertinggi. 

Untuk urusan daya tahan, Samsung Note 10 diperkirakan memiliki baterei berkapasitas antara 3000-4000 mAH dengan dukungan fitur fast charging  dan wireless charging yang dapat mengisi baterai dengan cepat.

5. Kemungkinan besar di dirilis bulan Agusutus mendatang

Punya Banyak Kejutan, Samsung Note 10 Siap Dirilis Agustus MendatangTrustedReviews.com/Jon Mundy

Seri Note sebelumnya mulai generasi ke 2, 5 sampai 9 rutin dirilis di bulan yang sama yakni Agustus. Sementara itu, seri Note generasi pertama, 3 dan 4 dirilis di bulan yang berbeda dengan seri lainnya, yakni di bulan September.

Berhubung di bulan Agustus terdapat event IFA, besar kemungkinan Samsung Galaxy Note 10 diperkenalkan dalam ajang yang tidak kalah bergengsinya dengan WMC yang digelar bulan Februari yang lalu.

Mengingat spesifikasinya saat ini sebatas rumor, tentunya informasi selengkapnya terungkap ketika dirilis secara resmi nantinya. Beberapa situs memperkirakan jika Note 10 akan dilabeli harga mulai Rp14 hingga Rp16 jutaan.

Baca Juga: 10 Trik dan Fitur Keren Tersembunyi S-pen pada Samsung Galaxy Note9

Irvin Pabane Photo Community Writer Irvin Pabane

Love what you do

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You