Comscore Tracker

Penyebab Android Gagal Booting dan Cara Mengatasinya

Hadeeh, mau dipakai kok malah bootloop

Ponsel terdiri dari beragam komponen. Bukan hanya fisik, tetapi juga sistem dan perangkat lunak yang membuatnya bisa beroperasi dengan baik. Pada kondisi tertentu, sistem mengalami masalah atau yang juga disebut kegagalan booting alias bootloop.

Sebenarnya, kasus ini bisa terjadi pada perangkat elektronik apapun. Namun, kali ini IDN Times mengulik Android gagal booting. Kira-kira apa itu dan kenapa hal tersebut bisa terjadi?

Apa itu bootloop?

Istilah bootloop banyak digunakan di antara pegiat barang elektronik, baik ponsel maupun perangkat desktop. Istilah ini merujuk pada masalah pada gawai yang menyebabkan perangkat gagal masuk ke sistem operasi.

Hasilnya, ponsel tiba-tiba meninggoy. Ketika berusaha menyalakannya kembali, hanya muncul logo berulang dan ponsel gak bisa berjalan seperti biasa. Bahkan, ponsel gak bisa membuka akses pada halaman utama, apalagi menggunakan seluruh fiturnya.

Penyebab Android gagal booting

Penyebab Android Gagal Booting dan Cara Mengatasinyailustrasi mengisi daya ponsel (unsplash.com/Onur Binay)

Perangkat dari berbagai sistem operasi memiliki kemungkinan mengalami bootloop, termasuk sistem operasi Android. Jika kamu sedang mengalami ponsel Android gagal booting, ada beberapa kemungkinan penyebabnya.

  • Gak mematikan ponsel dengan benar

Mencabut baterai secara tiba-tiba tanpa mematikan ponsel, bisa jadi salah satu alasan gawai mengalami bootloop. 

  • Baterai habis 

Kehabisan baterai hingga 0 persen dapat memicu bootloop. Sebab, ketika baterai habis, seluruh sistem yang berjalan akan dipaksa menutup dan akhirnya menyebabkan crash.

  • Kerusakan sistem

Mengutak-atik ponsel memang gak ada salahnya. Namun, adanya kekeliruan saat pemasangan dapat merusak sistemnya. Contohnya, kesalahan saat flashing ROM yang berujung eror ketika data lama bertemu data baru.

  • Root sistem

Ponsel yang pernah di-root juga berpotensi mengalami bootloop. Konfigurasi yang kurang tepat juga dapat menimbulkan benturan sistem sedang berjalan.

  • Gagal update

Bukan hanya kesalahan pengguna, bootloop juga bisa dipicu oleh kegagalan update. Misalnya, pengunduhan gak penuh akibat jaringan lemah, hingga kesalahan pemasangan otomatis.

  • Menggunakan aplikasi MOD

Aplikasi MOD merupakan aplikasi yang telah dimodifikasi. Umumnya, aplikasi ini dikeluarkan oleh pihak ketiga alias bukan perusahaan pembuat aslinya. Nah, ternyata, memasang aplikasi MOD berisiko membuat ponsel bootloop.

Baca Juga: Ini 7 Cara Mudah untuk Melacak HP Android yang Hilang, Tak Perlu Panik

Cara mengatasi Android gagal booting

Penyebab Android Gagal Booting dan Cara Mengatasinyailustrasi android (unsplash.com/Onur Binay)

Mengalami ponsel bootloop, bukan berarti harus membeli gawai baru. Ada opsi untuk memperbaiki masalah yang menyerang sistem operasi ini. Berikut i antaranya:

  1. Restart. Nyalakan ulang ponsel untuk mencoba memuat ulang proses masuk sistem. Biasanya, cara ini berhasil apabila bootloop yang terjadi versi ringan
  2. Flashing. Merupakan istilah yang menunjukkan tindakan instal ulang seluruh komponen software dengan ROM baru. Cara ini terbilang ampuh mengatasi bootloop
  3. Custom ROM. Mirip dengan flashing, tetapi ROM yang dipasang terlebih dahulu disesuaikan dengan kebutuhan
  4. Wipe data atau factory reset. Menghapus seluruh data atau mengembalikan pengaturan ponsel ke setelan pabrik. Biasanya berhasil pada kasus bootloop ringan-sedang. Artinya, semua data yang ada di dalam ponsel akan ikut hilang
  5. Wipe cache partition. Mirip dengan cara keempat, tetapi yang dihapus hanya cache sisa jalannya perangkat lunak. 

Seluruh cara di atas, bisa kamu akses tanpa harus menyalakan ponsel. Kamu hanya harus masuk ke ‘Recovery Mode’ untuk menggunakan alat ini. 

Matikan ponsel terlebih dahulu sebelum mengakses ‘Recovery Mode’. Pastikan ponsel telah mati dan tunggu 2-3 menit. Setelahnya, nyalakan ponsel dengan menahan tombol secara bersamaan. Biasanya power dan volume. Namun, untuk masuk mode recovery sebagai cara mengatasi Android gagal booting bisa berbeda-beda tiap ponsel. 

Setelah berhasil masuk ke ‘Recovery Mode’, pilih opsi yang sesuai. Beberapa ponsel menjadi gak bisa disentuh ketika memasuki mode ini. Maka, kamu bisa menggunakan tombol volume naik dan turun untuk mengubah opsi, serta tombol power guna memilih pengaturan.

Android gagal booting gak selalu jadi masalah serius. Namun, tetap membutuhkan penanganan yang tepat agar ponsel bisa menyala dan kembali beroperasi.

Baca Juga: 7 Aplikasi Android untuk Meningkatkan Kinerja Smartphone

Topic:

  • Laili Zain
  • Lea Lyliana
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya