Comscore Tracker

8 Tips Bikin Baterai Smartphone Kamu Tetap Awet, Anti Lowbat!

Catat baik-baik ya tipisnya!

Baterai yang cepat habis alias lowbat menjadi masalah yang paling sering dialami oleh para pengguna smartphone. Dibandingkan dengan handphone zaman dulu, baterai smartphone memang cenderung lebih mudah habis terutama ketika digunakan untuk bermain game atau internetan. Meski handphone lowbat tidak bisa dihindari, tapi paling tidak kamu bisa menghemat energi baterai agar tidak cepat habis. Bagaimana caranya?

1. Hindari penggunaan auto brightness

8 Tips Bikin Baterai Smartphone Kamu Tetap Awet, Anti Lowbat!guyuy.com

Matikan fitur auto brightness pada smartphone terutama saat berada di dalam ruangan. Kalaupun kamu berada di luar, kamu bisa mengatur tingkat kecerahan layar sedikit lebih terang tanpa perlu menyalakan fitur auto brightness. Dengan begitu, kamu bukan hanya membuat baterai smartphone jadi lebih panjang umur tapi juga melindungi mata kamu dari kerusakan. 

2. Batasi penggunaan GPS

8 Tips Bikin Baterai Smartphone Kamu Tetap Awet, Anti Lowbat!pexels.com/Ingo Joseph

Tips ampuh untuk memperpanjang umur baterai smartphone adalah dengan mematikan fitur GPS atau lokasi. Penggunaan fitur GPS secara terus menerus hanya akan menguras energi baterai. Sebagai gantinya, gunakan fitur GPS saat sedang butuh misalnya saat kamu sedang memesan ojek online, fitur GPS sangat penting agar ojek yang kamu pesan bisa dengan mudah menemukan lokasi kamu berada.

3. Gunakan dark theme

8 Tips Bikin Baterai Smartphone Kamu Tetap Awet, Anti Lowbat!stackoverflow.com

Banyak aplikasi smartphone yang memiliki mode gelap seperti YouTube, Google Chrome, sampai aplikasi IDN Times pun menyediakan mode dark theme. Nah ternyata penggunaan bukan hanya agar tampilan layar smartphone semakin keren tapi juga untuk menghemat penggunaan baterai. Bisa juga dengan menggunakan wallpaper berwarna gelap untuk mengurangi kecerahan layar.

4. Jangan menggunakan live wallpaper atau widget

8 Tips Bikin Baterai Smartphone Kamu Tetap Awet, Anti Lowbat!youtube.com/Tech Burner

Menggunakan live wallpaper dan widget memang bisa membuat tampilan smartphone kamu jadi lebih keren, tapi kalau kamu adalah tipe orang sibuk yang membutuhkan smartphone untuk terus menyala, sebaiknya kamu tidak menggunakan kedua fitur ini. Ketika kamu menyalakan live wallpaper memang terlihat keren tapi sebenarnya kamu sedang menyiksa smartphone kamu. 

Baca Juga: 5 Tips untuk Menghemat Baterai Ponsel Saat Traveling!

5. Pilih mode pesawat di tempat yang memiliki sinyal buruk

8 Tips Bikin Baterai Smartphone Kamu Tetap Awet, Anti Lowbat!defendershield.com

Tidak semua tempat yang kamu datangi memiliki sinyal yang baik. Beberapa tempat justru sinyalnya sangat buruk bahkan tidak ada sinyal sama sekali. Ketika kamu sudah mengetahui kenyataan tersebut, jalan terbaik yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyalakan mode pesawat. Ini karena memaksa menggunakan telepon ketika sinyal buruk akan membuat baterai smartphone cepat habis. 

6. Nyalakan fitur hemat daya

8 Tips Bikin Baterai Smartphone Kamu Tetap Awet, Anti Lowbat!technobezz.com

Fitur hemat daya pada smartphone adalah salah satu fitur yang jarang digunakan. Alasannya karena dibandingkan dengan fitur smartphone lainnya, fitur hemat daya terlihat tidak ada gunanya. Pada kenyataannya, fitur ini sangat penting bagi smartphone terutama ketika dalam situasi yang penting dimana kamu membutuhkan smartphone untuk tetap menyala dalam jangka waktu lama.

7. Matikan data seluler ketika tidak dibutuhkan

8 Tips Bikin Baterai Smartphone Kamu Tetap Awet, Anti Lowbat!arenalte.com

Nyalakan data seluler secukupnya saja. Misalnya ketika kamu harus mencari informasi atau berkomunikasi dengan teman-teman. Ketika urusan selesai, kamu bisa kembali mematikan data seluler. Selain menghemat kuota internet, mematikan data seluler juga menghemat daya baterai.

8. Pantau aplikasi yang berjalan

8 Tips Bikin Baterai Smartphone Kamu Tetap Awet, Anti Lowbat!lalod.com

Setiap aplikasi yang ada di smartphone membutuhkan daya baterai untuk bisa bekerja dengan baik. Beberapa aplikasi hanya membutuhkan sedikit daya baterai dan beberapa di antaranya memakan banyak daya baterai agar tetap berjalan. Jika baterai smartphone kamu sering habis tanpa digunakan, kamu harus mengecek aplikasi yang ada dan seberapa banyak mereka memakan daya baterai. Caranya adalah dengan masuk ke settings, battery, lalu battery usage atau penggunaan baterai.

Sekarang sudah tahu kan bagaimana caranya agar bateraimu tetap awet?

Baca Juga: 5 Smartphone dengan Daya Tahan Baterai Terbaik, Ada yang Lebih Sehari 

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You