Comscore Tracker

5 Cara Memilih Headphone yang Tepat Untukmu, Biar Gak Rugi Belinya!

#ANGPOIN Jangan lupa sebelum beli dites dulu ya

Mendengarkan musik adalah salah satu aktivitas yang paling banyak dilakukan orang, entah mereka saat itu sedang bekerja atau bersantai. Karena preferensi setiap orang terhadap musik berbeda-beda, gak heran kita cenderung memilih mendengarkan musik melalui headphone.

Namun bagaimana caranya memilih headphone yang sesuai dengan budget-mu dan punya kualitas yang bagus? Berikut hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih headphone, ternyata gak asal enak suaranya lho!

1. Pastikan dulu dalam kegiatan apa headphone ini akan digunakan

5 Cara Memilih Headphone yang Tepat Untukmu, Biar Gak Rugi Belinya!rawpixel.com/Felix

Pada kegiatan apa kamu akan menggunakan headphone ini? Apakah dalam bekerja, berolahraga, main game, atau cuma sebagai penghibur saat bosan? Ada berbagai jenis headphone yang berbeda untuk setiap kegiatanmu.

Memang, satu headphone bisa digunakan untuk banyak hal. Namun dengan mengetahui pada saat waktu apa kamu paling banyak menggunakannya, dapat menentukan benar tidaknya jenis headphone yang kamu beli.

2. Pilih antara over-ear atau on-ear headphone

5 Cara Memilih Headphone yang Tepat Untukmu, Biar Gak Rugi Belinya!unsplash.com/Start Digital

Tidak familiar dengan dua istilah ini? Tak masalah, kamu akan mempelajarinya sebentar lagi. Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan saat membeli headphone adalah kenyamanan saat menggunakannya.

Over-ear Headphone

Ini merupakan jenis headphone yang terbesar. Letak over-ear headphone jatuh mengelilingi daun telingamu. Sehingga ketika digunakan dalam jangka waktu lama, tidak membuat telinga sakit ataupun berdenging.

Pro: Karena bentuknya yang besar dan membungkus daun telinga, suara yang dihasilkan juga jadi lebih jernih. Selain itu, kamu juga tidak akan mudah mendengar suara dari luar. Cocok banget buat kamu yang sedang mencari headphone untuk konsentrasi.
Con: Bentuk yang besar juga membuat harganya cenderung lebih mahal. Selain itu, bentuknya yang besar juga membuat tidak mudah dibawa ke mana-mana.

5 Cara Memilih Headphone yang Tepat Untukmu, Biar Gak Rugi Belinya!unsplash.com/Element5 Digital

On-ear Headphone

Bentuknya hampir sama dengan over-ear headphone, bedanya on-ear headphone ini jatuh pas di atas telingamu. On-ear headphone juga lebih kecil, sehingga lebih cocok digunakan kalau kamu mau olahraga, atau menggunakannya di kendaraan umum sambil menghalau kebosanan.

Pro: Harga lebih murah, bentuknya yang kecil memungkinkan kamu masih bisa mendengarkan suara dari luar. Salah satu headphone yang jadi pilihan untuk kamu pekerja kantor.
Con: Karena jatuh pas di atas telinga, penggunaan dalam jangka waktu lama bisa membuat telinga dan kepala sakit. Selain itu jika musik dimainkan dengan volume keras, bisa membuat pendengaran terganggu dan telinga berdenging.

Baca Juga: Ini Beda Fungsi Headset, Headphone, Earphone, Handsfree, dan Backphone

3. Kamu juga bisa memilih masih menggunakan kabel atau wireless

5 Cara Memilih Headphone yang Tepat Untukmu, Biar Gak Rugi Belinya!unsplash.com/Alphacolor

Karena kemajuan zaman sekarang ini, ada banyak headphone yang sudah wireless dan menggunakan koneksi bluetooth. Headphone wireless memang menyenangkan, kamu bisa bergerak tanpa terganggu kabel-kabel. Selain itu, kamu juga tidak akan berurusan dengan kabel kusut yang berpotensi bisa merusak headphone jika putus satu.

Namun jika kamu bekerja sebagai musisi, sound engineer, atau hanya seseorang yang sangat-sangat menyenangi musik, kamu perlu memilih headphone yang masih tersambung dengan kabel. Kualitas audio dari headphone berkabel jauh lebih bagus dan lebih stabil. Tidak akan putus-putus kecuali jika kabel tertarik.

4. Pastikan juga kamu boleh mencobanya sebelum membeli

5 Cara Memilih Headphone yang Tepat Untukmu, Biar Gak Rugi Belinya!rawpixel.com/McKinsey

Tentu pada saat membeli headphone, kamu tidak ingin dapat yang suaranya tidak nyaman di telingamu bukan. Karena itu, pastikan toko tempat kamu membelinya mengizinkan kamu untuk mencoba terlebih dahulu.

Mencoba headphone tersebut dengan lagu-lagu yang biasa kamu dengarkan, adalah salah satu cara untuk mengetahui kamu cocok atau tidak dengan peralatan yang mau kamu beli ini. Namun selain itu, kamu perlu mencoba lagu dengan range yang sangat berbeda untuk mengetahui batas kemampuan headphone tersebut.

Dilansir dari reviewgeek, lagu yang bisa kamu dengarkan saat mencoba headphone adalah Bohemian Rhapsody oleh Queen dan album Aja oleh Steely Dan. Dua lagu ini bisa menunjukkan kejernihan suara headphone baik akustik maupun tidak, serta jangkauan bass, midrange, dan treble.

Selain itu, jangan sungkan-sungkan mendengarkan dengan volume yang keras. Karena dengan begitu, kamu bisa tahu kedap atau tidaknya headphone dan seberapa nyamannya suara keras tersebut. Minimal perlu kamu coba selama 15 menit, untuk tahu apakah headphone sakit atau tidak jika digunakan dalam waktu lama.

5. Pertimbangkan juga harga dan fasilitas yang kamu dapatkan

5 Cara Memilih Headphone yang Tepat Untukmu, Biar Gak Rugi Belinya!unsplash.com/Daniel Gattey

Gak bisa dipungkiri, membeli headphone yang enak itu mahal. Satu headphone harganya bisa sekitar satu hingga empat juta lebih. Karena itu lebih baik belilah di toko resmi yang mengizinkan kamu mencobanya biar gak rugi. Pastikan juga kamu mendapatkan asuransi dan tempat servis jika terjadi apa-apa pada headphone yang kamu beli. Tenang saja, ini semua fasilitas dari harga mahal yang kamu keluarkan kok.

Memilih dan membeli headphone yang enak adalah masalah personal. Maka dari itu kamu perlu mencoba sendiri dan tidak mengandalkan pendapat orang lain. Setiap orang punya selera, kebutuhan, dan pendapat yang berbeda. Karena itu tidak ada yang namanya headphone paling bagus. Yang tahu enak dan nyamannya itu cuma kamu sendiri.

Baca Juga: 7 Headphones & Earphones yang Pas Untuk Smartphone Tanpa Audio Jack 

Liem Ling Photo Verified Writer Liem Ling

"Don't let the muggles get you down." -Ron Weasley

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya