Comscore Tracker

Laba-laba hingga Lengan Raksasa, 7 Robot Terbesar yang Ada saat Ini

Pertanda awal dari dunia penuh robot seperti di film-film

Seperti yang kita ketahui bahwa robot merupakan mesin yang di program melalui komputer. Robot juga memiliki kemampuan melakukan pekerjaan kompleks, baik dengan dikendalikan oleh manusia ataupun sudah otomatis.

Sejatinya robot memang diciptakan membantu dan meringankan pekerjaan manusia, terlepas dari pro dan kontranya. Sampai saat ini sudah banyak sekali robot yang dibuat oleh manusia, dan berikut 7 robot yang terbesar saat ini!

1. T-52 Enryu

Laba-laba hingga Lengan Raksasa, 7 Robot Terbesar yang Ada saat Inipc.watch.impress.co.jp

Robot ini dibuat pada tahun 2004 oleh perusahaan TMSUK yang terletak di Fukuoka, Jepang. T-52 Enryu sendiri merupakan robot penyelamat yang dibuat untuk membantu manusia jika terjadi bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami dan bahkan bisa membantu saat terjadi kebakaran atau kecelakaan mobil. Robot ini mempunyai tinngi 3,5 meter dengan 2 tangan sepanjang 6 meter yang masing-masing mampu mengangkat beban hingga 500 kilogram.

2. Athlete

Laba-laba hingga Lengan Raksasa, 7 Robot Terbesar yang Ada saat Inien.wikipedia.org

Nama Athlete sendiri merupakan singkatan dari All-Terrain Hex-Limbed Extra-Terrestrial Explorer. Robot yang mempunyai 6 kaki dengan bentuk seperti laba-laba ini dibuat oleh NASA dan akan dijadikan sebagai robot penjelajah di permukaan bulan. Dengan jangkauan 6 meter, Athlete dapat bergerak dengan kecepatan 10 km/jam di atas permukaan bulan, serta dapat membawa modul di atasnya hingga seberat 450 kilogram.

3. Fanuc M-2000IA

Laba-laba hingga Lengan Raksasa, 7 Robot Terbesar yang Ada saat Inirobo-hunter.com

Robot ini merupakan derek stasioner yang mampu melakukan gerakan 6 sumbu serta gerakan presisi yang memerlukan daya angkat besar. Lengan raksasa yang beroperasi sendiri melalui program komputer ini siap bekerja tanpa henti. Fanuc M-2000IA mampu mengangkat beban lebih dari 2.000 kilogram. Dengan tinggi mencapai 4,3 meter, membuat Fanuc M-2000IA ini terlihat raksasa dibanding robot sejenis.

Baca Juga: 9 Fakta Unik Tentang Robot Pintar, Menuju Dunia yang Jauh Lebih Modern

4. Handle

Laba-laba hingga Lengan Raksasa, 7 Robot Terbesar yang Ada saat Iniwired.com

Orang-orang hebat dari perusahaan Boston Dynamics juga tidak ketinggalan membuat robot dengan ukuran yang cukup besar. Handle merupakan robot dua roda dengan tinggi 2 meter serta jangkauan maksimal hingga 3 meter.

Robot yang berbentuk seperti burung unta ini bisa di bilang sederhana, tapi sangat efektif. Tempat kerja robot ini biasanya di gudang, ia mampu menganalisis kotak apa yang ada di depannya dan ke mana harus diangkut.

5. Sea Hunter

Laba-laba hingga Lengan Raksasa, 7 Robot Terbesar yang Ada saat Iniafcea.org

Sea Hunter yang dibuat oleh DARPA ini diluncurkan pertama kali pada tahun 2016, dengan tujuan mendeteksi keberadaan kapal selam secara diam-diam. Kapal robot ini juga bekerja tanpa awak, serta mempunyai lebar yang hanya 3,3 meter dan panjang 40 meter. Fakta menarik lainnya, Sea Hunter bisa menempuh jarak 16.100 kilometer dengan kecepatan hingga 22,5 km/jam dalam sekali pengisian bahan bakar.

6. Eagle Prime

Laba-laba hingga Lengan Raksasa, 7 Robot Terbesar yang Ada saat Ininewequipment.com

Eagle Prime merupakan robot raksasa seberat 12 ton dengan tinggi 5 meter, walaupun begitu ia memiliki kemampuan untuk bergerak dengan lincah. Robot ini adalah juara gulat robot kelas berat yang berasal dari Amerika, Eagle Prime berhasil mengalahkan robot Kurata yang berasal dari Jepang. Dengan 2 lengan kuat yang dimilikinya, robot ini hampir bisa menghancurkan apa saja yang ada di depannya.

7. Mononofu

Laba-laba hingga Lengan Raksasa, 7 Robot Terbesar yang Ada saat Iniodt.co.nz

Mononofu saat ini memegang rekor sebagai robot humanoid terbesar, dengan tinggi 8,5 meter dan berat mencapai 7 ton. Mononofu yang dalam pengerjaannya butuh waktu 6 tahun ini dilengkapi dengan ruang kemudi di balik dadanya, sehingga siapapun dapat menjadi pilot robot besar ini. Robot yang satu ini juga bisa bergerak dengan kedua kakinya, tetapi kecepatannya hanya 1 km/jam.

Itulah 7 robot terbesar yang ada saat ini, dan mungkin tidak lama lagi robot yang lebih besar akan segera hadir. Kalau kamu suka yang mana? Semoga informasi menarik tadi bisa menambah wawasan serta pengetahuan kamu.

Baca Juga: 7 Robot Aneh yang Ternyata Bermanfaat, Ada yang Mirip Kecoak!

Mutahassin Bilhaq Photo Verified Writer Mutahassin Bilhaq

Just Do It

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya