Comscore Tracker

Ini Beda Fungsi Headset, Headphone, Earphone, Handsfree, dan Backphone

Jangan sampai salah sebut ya?

Hampir semua orang menggunakan perangkat audio ini dalam aktivitas sehari-hari seperti kebutuhan bermain game, melakukan panggilan, atau mendengarkan musik. Tapi tidak semua tahu perbedaan dan kegunaan dari headset, headphone, earphone, handsfree, dan backphone. Bahkan ada yang menganggap semua aksesori ini bernama headset. 

Lalu apa beda 5 perangkat audio tersebut? Kenali yuk 5 jenis perangkat audio ini beserta fungsinya.

1. Headset

Ini Beda Fungsi Headset, Headphone, Earphone, Handsfree, dan BackphonePexels.com

Headset mempunyai perangkat input dan output suara. Desainnya memiliki dua speaker yang menutup telinga dan setengah melingkar pada bagian kepala. Bagian konektivitasnya, headset memiliki 2 buah jack berukuran 3,5 mm yang bisa dipasangkan pada sound card komputer. Peruntukan headset ini cocok untuk para gamer saat bermain game bersama orang lain dan melakukan video call.

2. Headphone

Ini Beda Fungsi Headset, Headphone, Earphone, Handsfree, dan BackphonePexels.com

Secara desain, headphone hampir sama dengan headset, yang memembedakan adalah pada headphone tidak ada mikrofon atau input suara. Sehingga dari segi fungsi menimbulkan perbedaan. Headphone  tidak cocok digunakan untuk keperluan panggilan seperti video call. Tapi cocok untuk mendengarkan musik karena headphone memiliki kualitas suara yang lebih baik daripada headset.

Baca Juga: 5 Smartphone dengan Kamera Terbaik di Harga Rp2 Jutaan, Cocok Dibeli!

3. Earphone

Ini Beda Fungsi Headset, Headphone, Earphone, Handsfree, dan BackphonePexels.com

Meski kegunaannya sama dengan headset, earphone didesain lebih kecil daripada headset yang sehingga mudah dibawa kemana-mana. Penggunaanya dengan cara menyumbatkan pada telinga, karena tidak seperti headset maupun headphone yang dipasangkan menutupi telinga, pengguna earphone biasanya kurang merasa nyaman karena suara dari luar masih bisa terdengar. 

4. Handsfree

Ini Beda Fungsi Headset, Headphone, Earphone, Handsfree, dan BackphonePexels.com

Sesuai namanya, handfree didesain memudahkan pengguna untuk tidak perlu menyentuh ponselnya. Handsfree adalah gabungan antara perangkat earphone dan mikrofon dengan tombol penunjang fungsi kontrol di dalamnya seperti mikrofon, fungsi tombol volume, dan fungsi tombol menerima atau memutuskan panggilan ditambah fitur yang dapat disambungkan pada ponsel dengan bluetooth.

5. Backphone

Ini Beda Fungsi Headset, Headphone, Earphone, Handsfree, dan Backphonemetaldtect.com

Backphone jarang dikenal di telinga masyarakat, karena pada umumnya memiliki desain yang hampir sama dengan headset. Penggunaannya dipasang di bagian belakang kepala dan mikrofonnya bisa dikaitkan ke telinga sehingga tidak akan jatuh.

Baca Juga: 5 Smartphone Rp3 Jutaan dengan RAM 6GB Terbaik di 2019

Nazhifatun Nurul Photo Community Writer Nazhifatun Nurul

-just write to express anything-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You