Comscore Tracker

Perlu Foto Bersudut Lebar? Coba 8 HP Berkamera Wide Angle Terbaik Ini!

Simak rekomendasinya sebelum membeli

Kamu suka hunting foto dengan kamera smartphone?  Spesifiknya, foto yang berkaitan dengan landscape, cityscape atau arsitektur? Mengambil gambar dengan sudut lebar memerlukan kamera dengan kemampuan spesifik pula. Itulah kenapa, kamu perlu memiliki smartphone dengan tipe kamera wide angle.

Lantas, smartphone apa saja sih yang memiliki kamera bertipe wide angle? Dan apa fitur-fitur menarik lainnya? Intip jawabannya di bawah ini!

1. Asus Zenfone 6

Perlu Foto Bersudut Lebar? Coba 8 HP Berkamera Wide Angle Terbaik Ini!digitaltrends.com

Apa yang membuat Asus Zenfone 6 spesial? Tak lain dan tak bukan adalah karena Zenfone 6 memiliki flip camera! Ada sepasang kamera, masing-masing beresolusi 48 megapiksel dan 13 megapiksel dengan wide angle. Jadi, flip camera ini bisa berperan ganda sebagai kamera utama sekaligus kamera selfie!

Baiklah, mari berbicara soal wide angle camera milik ASUS Zenfone 6. Kamera dengan resolusi 13 megapiksel ini dapat mengambil gambar hingga 125 derajat. Apabila dikonversi, kamera ini setara dengan lensa kamera profesional yang memiliki panjang 11 mm. Lensa dikategorikan sebagai wide angle apabila memiliki panjang di bawah 35 mm.

2. LG G8 Thinq

Perlu Foto Bersudut Lebar? Coba 8 HP Berkamera Wide Angle Terbaik Ini!digitaltrends.com

Mari beranjak ke LG G8 Thinq. Smartphone ini memiliki 2 kamera utama dan 1 kamera depan. Kamera utamanya memiliki resolusi 12 megapiksel dengan lensa standar. Secara detail, kamera ini memiliki aperture f/1.5 dan bisa mengambil foto dengan sudut 78 derajat field of view, ungkap laman Android Authority.

Sementara, kamera wide angle-nya memiliki resolusi 16 megapiksel dengan aperture f/1.9 dan bisa mengambil gambar dengan sudut 107 derajat field of view. Dengan ini, kamu bisa mengambil foto dengan cakupan yang luas. Sementara, kamera depannya memiliki resolusi 8 megapiksel dengan aperture f/1.7. Selfie jadi makin jernih!

3. OnePlus 7 Pro

Perlu Foto Bersudut Lebar? Coba 8 HP Berkamera Wide Angle Terbaik Ini!wccftech.com

Berbicara soal OnePlus 7 Pro, fiturnya tak kalah dari smartphone lain. Dibekali dengan 3 kamera utama, masing-masing memiliki resolusi 48 megapiksel (f/1.6), 16 megapiksel ultra-wide angle lens (f/2.2) dan 8 megapiksel lensa telephoto (f/2.4) dengan 3 kali optical zoom. Sementara, kamera depannya memiliki resolusi 16 megapiksel.

Apa yang membuat wide angle camera dari OnePlus 7 Pro spesial? Tak lain dan tak bukan karena kamera ini bisa mengambil foto dengan sudut 117 derajat field of view. Semakin besar sudut, semakin luas cakupan yang bisa ditangkap. Wide angle camera ini setara dengan lensa yang memiliki panjang 17 mm.

4. Huawei P30 Pro

Perlu Foto Bersudut Lebar? Coba 8 HP Berkamera Wide Angle Terbaik Ini!digitalcameraworld.com

Tak lengkap menulis tentang wide angle camera smartphone tanpa menyertakan Huawei P30 Pro di dalamnya. Seperti yang kita ketahui, kualitas kamera Huawei P30 Pro sudah banyak menuai pujian. Ada tiga kamera utama, masing-masing beresolusi 40 megapiksel, 20 megapiksel ultra-wide camera dan 8 megapiksel periscope lens.

Seberapa bagus kualitas ultra wide angle camera Huawei P30 Pro? Kamera ini bisa menangkap gambar dengan sudut 120 derajat field of view. Memang, yang jadi highlight dari Huawei P30 Pro adalah fitur 5x optical zoom, tetapi ultra-wide angle camera-nya juga tak kalah memuaskan!

Baca Juga: Cocok Buat Selfie, 5 Rekomendasi Smartphone dengan Kamera Wide Angle

5. Asus Rog Phone 2

Perlu Foto Bersudut Lebar? Coba 8 HP Berkamera Wide Angle Terbaik Ini!forbes.com

Selain ASUS Zenfone 6, ASUS Rog Phone 2 juga bisa diandalkan dalam memotret foto dengan sudut lebar. Kamera utamanya ada dua, yang pertama beresolusi 48 megapiksel dengan sensor Sony IMX586 dan yang kedua beresolusi 13 megapiksel ultra wide lens, sementara kamera depannya memiliki resolusi 24 megapiksel, terang laman Tech Radar.

Lantas, apa keunggulan ultra wide lens milik ASUS Rog Phone 2? Kamera ini bisa memotret gambar dengan sudut 125 derajat field of view dan memiliki panjang lensa yang setara dengan 11 mm, jelas laman GSM Arena. Tak jauh berbeda dengan ASUS Zenfone 6, ya? Dengan ini, kamu bisa menangkap gambar dengan cakupan yang luas!

6. Xiaomi Mi 9T Pro

Perlu Foto Bersudut Lebar? Coba 8 HP Berkamera Wide Angle Terbaik Ini!yugatech.com

Bagi pecinta Xiaomi, coba Xiaomi Mi 9T Pro! Smartphone ini dilengkapi dengan 3 kamera utama dan 1 kamera selfie. Kamera utamanya beresolusi 48 megapiksel dengan sensor Sony IMX586, kamera 13 megapiksel wide angle dan 8 megapiksel kamera telephoto. Sementara, kamera selfie-nya bertipe pop-up dengan resolusi 20 megapiksel.

Untuk wide angle camera-nya memiliki aperture f/2.4 dengan sudut 124,8 derajat field of view. Apabila dikonversi, setara dengan lensa yang memiliki panjang 15 mm, ungkap laman GSM Arena. Xiaomi Mi 9T Pro lebih unggul dari Mi 9 yang memiliki wide angle camera dengan sudut 117 derajat saja.

7. Samsung Galaxy S10

Perlu Foto Bersudut Lebar? Coba 8 HP Berkamera Wide Angle Terbaik Ini!lifehacker.com

Kamera Samsung Galaxy S10 tak kalah unggul dari kamera smartphone lain. S10 punya 3 kamera utama, masing-masing beresolusi 12 megapiksel (f/1.5-f/2.4), 12 megapiksel lensa telephoto (f/2.4) dan 16 megapiksel ultra wide angle lens dengan aperture f/2.2, jelas laman Digital Trends.

Kamera ultra wide angle lens ini bisa menjepret foto dengan sudut 123 derajat field of view. Dengan ini, kamu bisa memotret dengan sudut lebar dan puas dengan hasilnya! Meski begitu, Samsung Galaxy S10 masih berada di bawah Asus Zenfone 6 dan Asus Rog Phone 2 yang memiliki ultra wide angle lens dengan sudut 125 derajat.

8. Huawei Mate 30 Pro

Perlu Foto Bersudut Lebar? Coba 8 HP Berkamera Wide Angle Terbaik Ini!youtube.com

Terakhir, ada Huawei Mate 30 Pro yang bisa kamu coba. Tak tanggung-tanggung, kamera wide angle miliknya memiliki resolusi 40 megapiksel! Tak hanya memiliki resolusi besar, Huawei Mate 30 Pro juga dilengkapi dengan aperture f/1.8. Sehingga, kamu bisa memotret dengan sudut lebar dan disertai dengan pencahayaan yang optimal.

Apabila dikonversi, ultra wide camera ini memiliki panjang lensa sekitar 18 mm. Huawei Mate 30 Pro dilengkapi pula dengan baterai sebesar 4.500 mAh dan fitur fast charging. Selain itu, RAM-nya berukuran cukup besar, yakni 8 GB. Keseluruhan fiturnya menjadikan Huawei Mate 30 Pro menjadi premium smartphone.

Nah, itulah 8 smartphone dengan wide angle camera yang bisa kamu coba. Tertarik untuk memiliki salah satu di antaranya?

Baca Juga: 5 Smartphone dengan Kamera Wide Angle, Harganya Mulai Rp1 Jutaan

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You