Comscore Tracker

7 Ring Light Terbaik 2020, Pas untuk Bikin Konten atau WFH

Bikin wajah jadi glowing seketika!

Sepanjang tahun ini, aktivitas kita kebanyakan dilakukan di rumah saja. Entah itu sekolah atau kuliah online bagi pelajar dan mahasiswa, maupun bekerja dari rumah untuk karyawan. Kita pun sering melakukan perjumpaan daring melalui Zoom atau Google Meet.

Tetapi, tidak semua rumah memiliki pencahayaan yang optimal. Oleh karena itu, diperlukan pencahayaan tambahan untuk menunjang aktivitas kita. Salah satunya dengan ring light.

Ring light awalnya populer di kalangan beauty vlogger atau YouTuber, kini semakin banyak digunakan oleh masyarakat luas. Mau tahu ring light terbaik di tahun 2020? Scroll down your phone, please!

1. ESDDI PLV-R432 18-Inch

7 Ring Light Terbaik 2020, Pas untuk Bikin Konten atau WFHamazon.ca

Ring light ini punya diameter 18 inci dengan daya 48W. Lampunya cukup besar dan terang yang ideal untuk foto, video, dan vlog.

Ring light ini bisa melembutkan bayangan dan meratakan pencahayaan. Selain itu, ukurannya yang tipis dan cahaya berlimpah yang dihasilkan membuatnya sempurna untuk keperluan tata rias.

Laman Digital Camera World menyebut bahwa ring light ini dilengkapi dengan dudukan lampu setinggi 6 kaki, tombol putar untuk menyesuaikan kecerahan dan suhu, dan travel case yang empuk.

Bahkan, kamu bisa mengaturnya dengan posisi 180° yang ideal untuk pemotretan flat lay atau makro. Minusnya, dudukan ponsel yang di-bundling tidak terlalu kokoh dan kita harus menyiapkan tripod terpisah untuk DSLR atau mirrorless.

2. Rotolight Ultimate Vlogging Kit

7 Ring Light Terbaik 2020, Pas untuk Bikin Konten atau WFHcamerajabber.com

Laman Digital Camera World menyebut Rotolight Ultimate Vlogging Kit sebagai ring light terbaik untuk streaming dengan smartphone. Cukup ringkas, beratnya hanya 170 gram dan bisa menyala dengan tiga baterai AA.

Ring light ini hadir dengan tripod mini, adaptor dudukan, klip telepon, dan bilah aksesori. Kamu bisa menggunakan ring light ini sebagai pencahayaan tambahan untuk streaming, kelas online, webinar, maupun rapat.

Menurut laman Camera Jabber, Rotolight Ultimate Vlogging Kit dijual dengan harga US$89 atau sekitar Rp1,2 juta, belum termasuk pajak. Bagaimana menurutmu?

3. Rotolight Neo 2

7 Ring Light Terbaik 2020, Pas untuk Bikin Konten atau WFHcamerajabber.com

Masih dengan merek yang sama, tetapi dengan kegunaan yang berbeda. Rotolight Neo 2 didesain khusus untuk memberikan pencahayaan pada video webcam. Dibandingkan tipe sebelumnya, lampu ini lebih berat, yaitu 504 gram (sudah termasuk baterai).

Karena bentuknya tidak seperti donat, lampu ini tidak bisa memberikan kelembutan cahaya seperti ring light. Lampu ini ditenagai dengan enam baterai AA dan menghasilkan 1.840 lux cahaya.

Dilansir laman Digital Camera World, lampu ini memiliki temperatur warna 3150-6300K. Harganya sedikit lebih mahal, yakni US$299 atau sekitar Rp4,2 juta, belum termasuk pajak. Worth it?

4. Neewer 20-Inch Dimmable Ring Light

7 Ring Light Terbaik 2020, Pas untuk Bikin Konten atau WFHneewer.com

Sedang mencari ring light terbaik untuk make-up tutorial? Mungkin, Neewer 20-Inch Dimmable Ring Light adalah jawabannya! Keunggulannya ialah ukurannya yang cukup besar dengan pencahayaan lebih lembut.

Ring light ini di-bundle dengan dudukan lampu berukuran 6'5" (195 cm), adaptor, dudukan ponsel vertikal atau horizontal, remote nirkabel, dan tas jinjing. Temperatur warna berkisar dari 3200-5600K, bisa diatur untuk pencahayaan yang hangat maupun dingin.

Menurut keterangan laman resmi Neewer, ring light ini bisa digunakan untuk riasan pribadi, tutorial make-up, perekaman video YouTube, siaran langsung (live streaming), fotografi portrait, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 7 Cara Mengambil Foto di Malam Hari Pakai HP

5. ESDDI PLV-R120 10-Inch

7 Ring Light Terbaik 2020, Pas untuk Bikin Konten atau WFHdigitalcameraworld.com

Jika Rotolight Ultimate Vlogging Kit dirasa terlalu mahal, ESDDI PLV-R120 10 inci adalah alternatifnya. Ring light ini punya tiga tingkat kecerahan yang bisa disesuaikan. Temperatur warna tersedia dari 3000-5600K (cool, white, dan warm).

Yang menarik, ring light ini bertenaga USB. Pengguna bisa menjalankannya dengan powerbank, tanpa perlu memikirkan ada listrik atau tidak.

Selain itu, ring light ini bisa diputar hingga sudut 360° dan kamu bisa mengatur angle-nya sesuai kenyamananmu. Ring light ini disarankan digunakan di atas meja karena tripodnya tidak terlalu tinggi, hanya 30 cm saja.

6. Emart 10-Inch Standing Ring Light

7 Ring Light Terbaik 2020, Pas untuk Bikin Konten atau WFHemartus.com

Keunggulan ring light ini adalah memiliki tripod yang tingginya bisa disesuaikan, mulai dari 19 inci (48 cm) hingga 50 inci (127 cm), ungkap laman CNN. Kamu bisa meletakkannya di atas meja maupun di lantai, sesuai kebutuhanmu.

Ada tiga mode pencahayaan yang bisa dipilih, yaitu white, warm white, dan yellow. Dan remote control yang disertakan bisa difungsikan dari jarak 30 kaki (10 meter). Dengan US$44,99 (Rp639 ribu), kamu bisa membawa pulang ring light ini.

7. Whellen Selfie Ring Light

7 Ring Light Terbaik 2020, Pas untuk Bikin Konten atau WFHcnn.com

Mungkin, ini adalah ring light paling kecil sekaligus termurah di daftar ini. Harganya hanya US$16,99 (Rp241 ribu). Dan diameternya hanya 3,5 inci sehingga bisa dimasukkan ke saku atau ransel. Cool, right?

Sesuai namanya, ring light ini dikhususkan untuk menambah pencahayaan saat selfie dengan kamera depan. Layar ponsel tidak akan tergores karena ring light ini punya bantalan karet di bagian dalam.

Dilansir laman CNN Underscored, ada tiga opsi pencahayaan yang ditawarkan, yakni hangat, sejuk, atau kombinasi keduanya. Cara pemakaiannya mudah, kamu pasti langsung paham!

Nah, itulah 7 ring light terbaik di tahun 2020 yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Tertarik untuk membeli yang mana, nih?

Baca Juga: 7 Kamera Medium Format Terbaik 2020, Cocok untuk Profesional

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya