Comscore Tracker

5 Cara Mudah Mengeluarkan Air dari iPhone, Dijamin Ampuh

Bisa menggunakan website!

Masuknya air ke perangkat iPhone bisa menjadi hal yang berbahaya. Walaupun seri iPhone keluaran terbaru (iPhone 7 dan seri selanjutnya) memiliki fitur ketahanan air, mereka tidak seutuhnya waterproof atau anti-air. 

Air masih bisa masuk melalui speaker dan lubang pengisi daya. Di beberapa kasus, air juga bisa masuk ke dalam lensa kamera dan tidak bisa keluar. Kamu bisa melakukan cara-cara di bawah ini jika iPhone-mu kemasukan air. 

1. Menggunakan gravitasi

5 Cara Mudah Mengeluarkan Air dari iPhone, Dijamin Ampuhilustrasi iPhone (pixabay.com/QuinceCreative)

Cara pertama yang paling simpel adalah menggunakan gravitasi. Posisikan speaker iPhone menghadap ke bawah dan ketuk-ketuk iPhone dari berbagai sisi. Cara ini akan membuat air yang terjebak di speaker jatuh ke bawah. 

Kamu bisa menggunakan tisu untuk memastikan air yang keluar tidak masuk kembali ke dalam iPhone. Tetap berhati-hati untuk tidak mengetuk ponselmu terlalu keras agar tidak merusak komponen di dalamnya. 

2. Menggunakan fitur Water Eject

5 Cara Mudah Mengeluarkan Air dari iPhone, Dijamin Ampuhilustrasi Siri (unsplash.com/Omid Armin)

Fitur Water Eject ini dibuat oleh pengguna iPhone untuk mengeluarkan air dari speaker.  Untuk mengaktifkan Water Eject, ikuti cara berikut ini:

  1. pertama-tama, buka menu Setting > Shortcuts dan aktifkan Allow Untrusted Shortcuts.
  2. Kemudian download shortcut Water Eject di link ini dan tambahkan ke iPhone-mu. Scroll hingga ke bawah halaman "Add Shortcut" yang terbuka, dan klik tombol Add Untrusted Shortcut.
  3. Sekarang kamu bisa membuka aplikasi Shortcut dan pergi ke tab My Shortcut. Klik Water Eject, dan pilih "Begin" dari menu yang muncul. 
  4. Fitur Water Eject akan melaksanakan tugasnya mengeluarkan air dari speaker. Kamu juga bisa menggunakan shortcut ini melalui Siri.

3. Gunakan aplikasi di App Store

5 Cara Mudah Mengeluarkan Air dari iPhone, Dijamin Ampuhilustrasi logo aplikasi Sonic (apps.apple.com)

Jika cara tersebut terlalu rumit atau kamu tidak mempercayai fitur shortcut yang tidak resmi, kamu bisa menggunakan aplikasi yang memiliki fungsi serupa. Salah satu aplikasi paling populer untuk mengeluarkan air dari speaker adalah Sonic

  1. Download aplikasi Sonic dari App Store secara gratis.
  2. Setelah berhasil diinstall, Pilih frekuensi suara untuk dimainkan melalui speaker. Kamu bisa menggunakan frekuensi 165Hz. Frekuensi suara ini lah yang akan mengeluarkan air dari speaker.
  3. Setelah memilih frekuensi, klik Play. Setelah air keluar, kamu bisa klik Stop untuk menghentikan suara. 

Baca Juga: 7 Fitur Terbaru iOS 15.4, Makin Menyesuaikan Kebutuhan 

4. Menggunakan website

5 Cara Mudah Mengeluarkan Air dari iPhone, Dijamin Ampuhilustrasi iPhone (pixabay.com/tranmautritam)

Jika menggunakan shortcut dan aplikasi tidak cocok denganmu, kamu bisa menggunakan website yang memiliki fungsi yang sama dengan Sonic. Begini caranya:

  1. Buka website www.szynalski.com/tone-generator.
  2. Pilih frekuensi dan masukan 165Hz. 
  3. Klik tombol Play untuk memulai suara. Suara ini akan mengeluarkan air yang terjebak di iPhone-mu. 

5. Menggunakan beras

5 Cara Mudah Mengeluarkan Air dari iPhone, Dijamin Ampuhilustrasi beras (unsplash.com/Pierre Bamin)

Cara ini merupakan salah satu cara paling populer untuk mengatasi ponsel yang kemasukan air. Beras merupakan bahan makanan yang memiliki daya serap air yang kuat. 

Untuk menggunakan metode ini, matikan daya iPhone dan benamkan iPhone dengan beras selama beberapa hari. Beras akan menyerap air yang ada di ponselmu termasuk embun yang terjebak di lensa kamera. 

Itu lah cara-cara mudah untuk mengeluarkan air dari iPhone. Jika semua cara di atas tidak berhasil, kamu perlu membawa iPhone-mu ke Apple Store atau tempat service ponsel. iPhone dilengkapi dengan indikator kerusakan air, sehingga tukang reparasi akan tau apa yang harus dilakukan.

Baca Juga: iPhone SE 3 dan 6 Produk Lain di Apple Event 2022 Terbaru

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya