Comscore Tracker

Tak Melulu Negatif, Ini 5 Manfaat Positif Anak Bermain Gawai

#ANGPOIN Namun, tetap dengan pengawasan orangtua, ya! 

Di zaman sekarang, bermain gawai sudah seperti kegiatan yang wajib dilakukan, baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Ada isitilah kecanduan ketika sudah memainkan gawai yang tentunya berdampak negatif.

Penggunaan gawai bisa bernilai positif jika kita menggunakannya secara bijak. Jika anak-anak sudah mulai bermain gawai, para orangtua perlu mengawasi dan memberikan batas waktu. Tak melulu berdampak negatif, ini lima manfaat positif yang akan didapat sang anak ketika bermain gawai. Yuk, simak!

1. Media belajar

Tak Melulu Negatif, Ini 5 Manfaat Positif Anak Bermain Gawaipixabay.com/steveriot1

Kemajuan teknologi membuat semua kegiatan menjadi lebih mudah. Banyak aplikasi belajar yang bisa digunakan untuk anak-anak, tanpa harus pergi jauh-jauh ke tempat bimbel (bimbingan belajar). Fasilitas yang diberikan juga tidak main-main.

Banyak anak-anak yang sukses berprestasi di sekolah hanya dengan belajar melalui aplikasi yang tersedia di gawai atau smartphone yang dimilikinya.

2. Tayangan yang mengedukasi

Tak Melulu Negatif, Ini 5 Manfaat Positif Anak Bermain Gawaipixabay.com/AndrewAngelov

Di setiap gawai pasti terdapat aplikasi YouTube. Nah, melalui aplikasi tersebut, anak-anak bisa menonton tayangan yang dapat mengedukasi. Tayangan tersebut biasanya tidak dijumpai di televisi. Anak-anak bisa belajar berhitung, menghafal, menyanyi, bahkan menari. Namun, tentu dengan pengawasan dari orangtua, ya!

Baca Juga: 8 Anak Kecanduan Gawai Dirawat di RSJ Semarang, Kenali Ciri-cirinya

3. Berpikir kreatif

Tak Melulu Negatif, Ini 5 Manfaat Positif Anak Bermain Gawaipixabay.com/StockSnap

Memainkan gawai juga bisa membantu anak untuk berpikir kreatif. Melalui game edukatif, anak bisa mengembangkan pola pikir kreatif. Pada umumnya, sebagian anak akan terpengaruh oleh apa yang dilihat dan didengarnya setiap waktu. Bermain game yang mendidik tentu sangat berpengaruh bagi anak untuk mengembangkan kreativitasnya.

4. Cepat tanggap terhadap informasi terbaru

Tak Melulu Negatif, Ini 5 Manfaat Positif Anak Bermain Gawaipixabay.com/SchoolPRPro

Dengan kebiasaan menggunakan gawai, anak juga akan terbiasa dengan informasi terbaru yang didapatkannya. Manfaat positif yang satu ini tentu juga diimbangi dengan informasi yang diterimanya, apakah informasi itu benar atau hanya hoaks. Di sinilah, peran orangtua sangat dibutuhkan untuk membantu anak menyaring informasi yang didapatkannya.

5. Mengurangi tingkat stres

Tak Melulu Negatif, Ini 5 Manfaat Positif Anak Bermain Gawaipixabay.com/AndrewAngelov

Lelah dengan semua pelajaran di sekolah, anak juga butuh hiburan. Salah satu manfaat positif bermain gawai ialah mengurangi tingkat stres. Oleh karena itu, bermain game bermanfaat menghilangkan kejenuhan anak-anak dari segala aktivitas di sekolah. 

Itulah lima manfaat positif anak bermain gawai. Peran orangtua sangat penting untuk membatasi anak terhadap penggunaan gawai, terutama dalam memilih tayangan atau game untuk anak.

Baca Juga: Mau Traveling? Pastikan Kamu Bawa 5 Gawai Canggih Ini!

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing Antara menulis dan bulutangkis, namun bukan seorang jurnalis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya