Comscore Tracker

Samsung Galaxy A23 5G Versi Jepang Resmi Lahir, Mungil dan Kedap Air!

Tampil berbeda di segmen kelas menengah 

Samsung telah merilis Galaxy A23 5G beberapa bulan lalu. Smartphone tersebut sudah dapat dibeli di banyak negara, termasuk Indonesia.

Nah, ternyata produsen Korea tersebut kembali meluncurkan Samsung Galaxy A23 5G yang khusus dijual di Jepang. Lalu, apa perbedaannya smartphone ini dengan Samsung Galaxy A23 5G lain yang beredar di luar Jepang?

1. Dimensi lebih mungil

Samsung Galaxy A23 5G Versi Jepang Resmi Lahir, Mungil dan Kedap Air!ilustrasi memegang Samsung Galaxy A23 5G versi Jepang (galaxymobile.jp)

Sama seperti mayoritas smartphone yang meluncur dalam beberapa tahun terakhir ini, Galaxy A23 5G yang beredar di luar Jepang memiliki bentang layar lebih dari 6 inci atau tepatnya 6,6 inci. Namun, Galaxy A23 5G hadir dengan layar 5,8 inci yang tentu membuat dimensinya lebih kecil sehingga lebih nyaman digenggam dengan satu tangan.

Cukup disayangkan, resolusi layar Galaxy A23 5G versi Jepang hanya HD+. Sebagai perbandingan, unit di luar Jepang hadir dengan layar beresolusi Full HD+.

2. Menggunakan prosesor berbeda

Samsung Galaxy A23 5G Versi Jepang Resmi Lahir, Mungil dan Kedap Air!ilustrasi prosesor MediaTek Dimensity 700 (mediatek.com)

Galaxy A23 5G versi Jepang diperkuat prosesor MediaTek Dimensity 700. Sebagai perbandingan, Galaxy A23 5G di luar Jepang diperkuat prosesor Qualcomm Snapdragon 695.

Sejauh ini, Galaxy A23 5G versi Jepang tersedia dalam satu varian saja yang dibekali RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Kapasitas media penyimpanannya masih dapat ditambah lagi dengan menggunakan kartu microSD.

Baca Juga: 5 HP Mid-range Saingan Terberat Samsung Galaxy M23 5G, Cek Segera! 

3. Hanya memiliki fitur dua kamera

Samsung Galaxy A23 5G Versi Jepang Resmi Lahir, Mungil dan Kedap Air!Samsung Galaxy A23 5G versi Jepang (galaxymobile.jp)

Di tengah tren smartphone dengan jumlah kamera belakang dua buah atau lebih, Galaxy A23 5G berani tampil berbeda. Smartphone Samsung ini memiliki satu kamera belakang saja yang ditemani LED flash. Sebagai perbandingan, Galaxy A23 5G di luar Jepang memiliki empat kamera belakang.

Lebih tepatnya, Galaxy A23 5G hadir dengan satu kamera belakang beresolusi 50 MP. Sementara itu, untuk swafoto, ada kamera depan beresolusi 5 MP yang terletak di poni berbentuk seperti tetesan air.

4. Spesifikasi utama lainnya

Samsung Galaxy A23 5G Versi Jepang Resmi Lahir, Mungil dan Kedap Air!ilustrasi penggunaan Samsung Galaxy A23 5G versi Jepang di tengah hujan (galaxymobile.jp)

Dalam hal sumber energi, Galaxy A23 5G dibekali baterai 4000 mAh yang mendukung pengisian cepat 15W. Sebagai perbandingan, Galaxy A23 5G di luar Jepang hadir dengan baterai 5000 mAh yang mendukung pengisian cepat 25W.

Nah, Galaxy A23 5G ini lebih istimewa karena bersertifikasi IP68 yang tentunya kedap debu dan air. Spesifikasi utama lainnya adalah NFC, audio jack 3,5 mm, sistem operasi Android 12, serta pemindai sidik jari yang terintegrasi pada tombol daya.

5. Warna dan harga yang ditawarkan tak jauh berbeda dengan edisi di negara lain

Samsung Galaxy A23 5G Versi Jepang Resmi Lahir, Mungil dan Kedap Air!tiga pilihan warna bodi Samsung Galaxy A23 5G versi Jepang (galaxymobile.jp)

Samsung menyediakan tiga pilihan warna untuk Galaxy A23 5G versi Jepang. Kamu dapat memilih antara hitam, putih, atau merah.

Di pasar Jepang, Galaxy A23 5G ini dijual seharga 32.800 yen atau sekitar Rp3,6 juta. Sayangnya, belum ada informasi apakah smartphone ini akan tersedia di luar Jepang atau tidak. Bila iya, kemungkinan besar akan hadir dengan nama yang berbeda.

Samsung Galaxy A23 5G versi Jepang ini benar-benar smartphone mid-range yang berbeda dari pesaingnya, terutama dalam hal dimensi yang lebih kecil serta ketahanan terhadap debu dan air. Namun, menurut kamu, apakah smartphone dengan satu kamera belakang masih relevan saat ini?

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Galaxy A04e, HP Samsung Termurah Tahun 2022

Samuel Photo Verified Writer Samuel

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya