8 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Macbook Bekas

Kalau gak pinter milih bisa menyesal membeli mahal-mahal!

Selain sebagai ajang gengsi, banyak orang memilih membeli laptop dengan merek Apple karena terbukti kualitasnya yang mumpuni. Dengan performa yang tajam, Macbook memang menjadi pilihan favorit bagi semua kalangan. Sayangnya, harga laptop Apple tersebut tak mudah dijangkau semua orang.

Membeli Macbook bekas bisa jadi solusinya. Namun, apa jadinya jika kita membeli produk Apple bekas tanpa tahu hal-hal penting untuk meninjau kelayakannya? Bisa jadi, kita malah menyesalinya kemudian. Supaya gak buta saat membeli Macbook bekas, kamu perhatikan 6 hal berikut, ya!

1. Pastikan kelayakan baterai dengan melihat jumlah siklus cycle count pada penggunaan laptop tersebut

8 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Macbook Bekasappletoolbox.com

Ketahanan baterai laptop adalah hal penting yang perlu cek. Apa jadinya jika kamu membeli Macbook bekas murah, namun harus mengganti baterai yang bisa memakan biaya jutaan rupiah. Di laptop Macbook sendiri, kamu bisa cek kesehatan baterai dan ketahanannya dengan mengecek cycle count.

Apple memperkirakan baterai dapat bertahan hingga 1.000 siklus cycle count. Maka, semakin sedikit siklus cycle count pada laptop, semakin baik ketahanan baterainya. Cara mengeceknya cukup klik logo Apple di sudut kiri atas dan pilih Informasi Sistem. Di jendela baru pilih "Power" dan cari cycle count. 

2. Pastikan tidak ada dead pixel di Macbook bekasmu

8 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Macbook Bekasblackxperience.com

Berkat ketajaman piksel yang ada pada Macbook, kadang pelanggan tak tahu menahu mengenai dead pixel atau kecacatan layar di laptop. Padalah, banyak laptop yang memiliki dead pixel meski dalam bentuk bintik-bintik kecil saja. Tentu, kamu harus teliti akan kecacatan ini, bukan? Untuk melihat dead pixel pada layar, cukup gunakan gambar dengan latar belakang merah, hijau, biru, atau putih. Jika ada piksel yang rusak, kamu pun akan melihat bintik-bintik kecil di layar.

3. Periksa semua sisi body Macbook demi meminimalisir servis tidak resmi dari pengguna lama

8 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Macbook Bekastheverge.com

Hal penting lainnya bagi pengguna Macbook bekas adalah periksa kesempurnaan body laptop. Pastikan tidak ada dent di semua sisi laptop, karena jika ada sedikit goresan saja tentu harga jual laptop tersebut akan turun drastis. Selanjutnya, periksa semua sekrup laptop. Ini merupakan bagian penting karena sekrup yang longgar dapat menjadi tanda bahwa Mac telah diservis oleh toko yang tidak resmi. 

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Laptop Cepat Panas, Antisipasilah Sebelum Menyesalinya

4. Cek kecocokan nomor seri Macbook dan garansi yang tersisa

8 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Macbook Bekasaddictivetips.com

Sering diabaikan, nomor seri adalah aspek penting lain guna mengecek kelayakan mesin bagi calon pembeli. Bandingkan nomor seri yang ada pada permukaan mesin dengan yang ada di menu About Mac. Pastikan nomor seri yang ditunjukkan di sini sama dengan nomor yang tercetak di permukaan mesin.

Nomor seri juga merupakan aset penting untuk melacak layanan dan informasi garansi Macbook yang ingin kamu beli. Cukup buka laman checkcoverage.apple.com, lalu masukkan nomor seri di kotak input untuk memverifikasi informasi garansi pada Macbook. 

5. Jangan sampai lupa melakukan tes keyboard Macbook bekasmu

8 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Macbook Bekas.macworld.co.uk

Keyboard merupakan hal krusial yang harus kamu cek sebelum memutuskan membeli Macbook bekas. Caranya cukup mudah, gunakan aplikasi Text Edit bawaan dari Apple untuk memastikan keyboard yang tidak berfungsi. Ketikkan setiap karakter keyboard dan pastikan semua keyboard berfungsi dengan sempurna.

6. Cek juga fungsi kamera Macbook

8 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Macbook Bekasdiscussions.apple.com

Cara termudah untuk memeriksa apakah kamera pada Macbook berfungsi adalah dengan membuka Photo booth di Macbookmu. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi Facetime untuk melihat apakah kamera dalam kondisi baik. Jika kamu melihat notifikasi yang mengatakan "Tidak ada kamera yang terhubung," bisa jadi ada kerusakan pada fungsi kamera Macbookmu. 

7. Pastikan kejernihan audio Macbook tanpa cacat

8 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Macbook Bekasunsplash.com/ Thomas Gawloski

Tak diragukan lagi, salah satu aspek unggul Macbook adalah dari audionya yang jernih dan keras. Untuk itu memeriksa audio Macbook bekasmu adalah aspek penting yang tak boleh kamu lewatkan. Caranya cukup buka musik dari laptop tersebut, dan dengarkan dengan seksama kualitas audionya harus jernih dan tidak pecah. Pastikan juga tidak hanya speaker internal yang berfungsi, tetapi port headphone juga berfungsi. 

8. Langkah terakhir adalah melakukan Apple Hardware Test (AHT)

8 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Macbook Bekasusedregina.com

Langkah terakhir yang wajib kamu lakukan adalah melakukan tes hardware Apple guna mendeteksi masalah pada logic board, memori, dan komponen perangkat keras lainnya. Caranya cukup cabut semua perangkat eksternal dan matikan Mac. Kemudian, nyalakan kembali dan tahan tombol D setelah kamu mendengar bunyi beep. Lalu, pilih bahasa yang ada dan tekan tombol panah untuk menjalankan tes.

Membeli barang elektronik bekas memang bisa jadi solusi supaya budget tak berlebih. Salah satunya adalah keputusan untuk membeli laptop high-end semacam Macbook. Jika kamu bisa pintar memilih dan memeriksa kelayakan laptop milik Apple tersebut, kamu bisa dapatkan laptop kualitas tinggi dengan harga miring, bukan?

Baca Juga: Pilihan Alternatif Macbook Air, 5 Laptop yang Punya Spesifikasi Setara

Siska Arifa Photo Community Writer Siska Arifa

Amateur who doesn't quit @siscaaryf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You