Comscore Tracker

Cuma Anak Gadget yang Tahu 6 Trik Hemat Internet Ini

Gak bakal boros kuota deh!

Semakin ke sini, hidup kita bergantung pada internet dan paket data. Ternyata kehabisan kuota bisa bikin kamu mati gaya dan gak tahu harus apa. Tapi jangan khawatir, lewat tips ini IDN Times bakal kasih tau caranya menghemat paket data supaya gak cepet habis. Penasaran? Langsung intip triknya yuk!

1. Pakai Opera Max

Cuma Anak Gadget yang Tahu 6 Trik Hemat Internet Iniandroidauthority.net

Salah satu cara yang banyak digunakan adalah dengan menggunakan aplikasi Opera Max. Aplikasi yang berbasis Android ini dinilai bisa menghemat kuotamu saat browsing atau menggunakan koneksi internet. Sekarang kamu gak perlu khawatir lagi deh pas streaming video di Youtube, dijamin kamu bisa mengurangi penggunaan kuota internet.

2. Gunakan aplikasi versi Lite

Cuma Anak Gadget yang Tahu 6 Trik Hemat Internet Iniandroidpolice.com

Kalau kamu pengen install aplikasi, ya mau gak mau kamu harus pastikan ruang simpan smartphone-mu mencukupi. Gak jarang, satu aplikasi bisa memakan memori yang cukup banyak, terutama aplikasi media sosial.

Buat kamu yang pengen irit memori, coba deh beralih ke aplikasi dengan versi Lite. Pada Android, versi Lite ini berarti lebih ringan dibandingkan aplikasi pada umumnya. Gak cuma memakan memori yang lebih sedikit, paket data pun jadi lebih hemat karena aplikasi versi Lite umumnya hanya nge-load data yang penting-penting aja. Cobain deh!

3. Matikan push notification

Cuma Anak Gadget yang Tahu 6 Trik Hemat Internet IniPexels/Pixabay

Trik ini setidaknya ampuh dalam menghemat penggunaan internet. Mengaktifkan semua aplikasi media sosial yang ada di smartphone kamu ternyata bisa menyedot kuota internet. Coba deh matikan push notification aplikasi-aplikasi yang jarang kamu gunakan. 

Dengan mematikan push notification, paling tidak aplikasi gak akan nyedot data kalau gak kamu buka. Sah-sah saja sih kalau pengen aktif di internet, tapi kayaknya cek sesekali saja sudah cukup deh.

4. Jangan internetan saat sinyal jelek

Cuma Anak Gadget yang Tahu 6 Trik Hemat Internet IniPexels/Tracy Le Blanc

Kamu sering banget menunggu browser kamu ketika loading? Mendingan kamu cek lagi deh kondisi sinyal kamu. Jangan pernah pakai internet kalau sinyalmu sedang jelek, soalnya ini sama saja seperti kamu membuang kuota begitu saja. Kondisi yang paling tepat adalah ketika jaringan operatormu di 3G atau bahkan 4G.

5. Beli aplikasi premium

Cuma Anak Gadget yang Tahu 6 Trik Hemat Internet Iniandroidcentral.com

Beberapa aplikasi di Android memang menawarkan dua versi yaitu free dan premium. Gak ada salahnya lho kalau kamu pakai aplikasi dengan versi premium. Kalau kamu merasa untung dengan dengan aplikasi free, kayaknya kamu salah deh. Soalnya aplikasi ini kadang suka menampilkan iklan dan itu menyedot kuota kita juga lho. Sayang, kan?

6. Pilih kuota internet yang besar

Cuma Anak Gadget yang Tahu 6 Trik Hemat Internet Ini

Pexels/Pixabay

Daripada kamu kesal karena gak bisa nonton video cuma gara-gara kehabisan kuota, cepat ganti dengan paket kuota internet yang besar. Jangan gampang tergiur dengan jumlah kuota yang ditawarkan, kamu juga harus pastikan provider-mu punya jaringan sinyal yang sangat kuat.

Pas banget nih, IDN Times punya solusinya supaya bisa dapatkan kuota internet besar dan sinyal yang kuat. Lupakan provider lamamu dan beralihlah dengan Smartfren 4G GSM dan 4G GSM+. Soalnya kamu bisa dapatkan bonus kuota 15GB untuk kartu Smartfren 4G GSM dan 13GB untuk kartu Smartfren 4G GSM+. Gak cuma itu, kamu bisa nikmati layanan chat setahun secara gratis lho.

Kamu juga masih percaya kalau paket Smartfren cuma bisa dipakai di smartphone Andromax? Siapa bilang? Sekarang paket Smartfren sudah bisa dipakai di handphone Samsung, iPhone Oppo, Lenovo dan Motorola. Kurang apa lagi coba? Yuk, segera cek infonya berikut ini!

Topic:

Berita Terkini Lainnya