Comscore Tracker

5 Cara Menghemat Baterai Android agar Tahan Lama, Mudah Banget! 

Caranya simpel, hasilnya memuaskan!

Baterai lowbat menjadi masalah serius yang banyak jadi kendala utama pengguna smartphone. Baterai yang terkuras secara tidak normal bukan cuma disebabkan kerusakan pada hardware, tetapi juga bisa sebabkan software yang mengakibatkan mesin bekerja terlalu keras.

Untuk itu, dibutuhkan langkah khusus agar baterai smartphone tahan lama. Kalau kamu juga sering mengalami masalah tersebut, intip sederet cara menghemat baterai Android agar lebih tahan lama berikut, yuk! Mudah banget diterapkan, kok!

1. Menghidupkan penghemat baterai

5 Cara Menghemat Baterai Android agar Tahan Lama, Mudah Banget! ilustrasi penghemat baterai diaktifkan (Dok.Pribadi/Sumahir Hidayanto)

Cara ini sangat ampuh untuk menghemat baterai. Ketika penghemat baterai diaktifkan, maka aplikasi yang berjalan di latar belakang akan secara otomatis di nonaktifkan.

Semakin sedikit aplikasi yang berjalan di latar belakang, maka akan semakin ringan mesin bekerja. Lebih dari itu, makin ringan kinerja mesin, maka makin sedikit juga konsumsi baterai yang digunakan.

2. Mematikan GPS

5 Cara Menghemat Baterai Android agar Tahan Lama, Mudah Banget! ilustrasi menggunakan GPS (pixabay.com/Foundry)

Sama seperti aplikasi yang berjalan di latar belakang, ketika GPS sedang mencari posisinya, maka fitur ini akan membuat mesin bekerja lebih keras. Hal tersebut pun sangat berpotensi meningkatkan konsumsi baterai.

Lebih parahnya lagi, GPS akan otomatis bekerja ketika membuka aplikasi baru. Oleh karena itu, sebaiknya nonaktifkan GPS dan gunakan hanya ketika sedang kamu butuhkan saja.

Baca Juga: Begini Cara Aman Mengisi Baterai Ponsel di Sepeda Motor

3. Matikan konektivitas pada smartphone

5 Cara Menghemat Baterai Android agar Tahan Lama, Mudah Banget! ilustrasi mematikan konektifitas (pexels.com/Pixabay)

Mematikan konektivitas smartphone juga bisa menjadi cara ampuh untuk menghemat baterai. Saat hal ini dilakukan, mesin smartphone pun bakal bekerja jauh lebih ringan.

Beberapa konektivitas yang harus dimatikan antara lain, seperti sambungan data seluler, bluetooth, dan WiFi. Jika smartphone kamu sudah mendukung sensor NFC, sebaiknya kamu matikan juga, ya!

4. Hidupkan mode pesawat

5 Cara Menghemat Baterai Android agar Tahan Lama, Mudah Banget! ilustrasi menghidupkan mode pesawat (Dok.Pribadi/Sumahir Hidayanto)

Selanjutnya, kamu bisa menghemat baterai dengan cara menghidupkan mode pesawat. Salah satu kerja smartphone yang paling menghabiskan banyak baterai adalah mencari sinyal jaringan seluler.

Nah, ketika mode pesawat diaktifkan, maka data seluler dan SIM akan dinonaktifkan. Smartphone tidak akan bekerja lebih keras untuk mencari sinyal jaringan SIM card.

5. Kunci jaringan ke satu frekuensi

5 Cara Menghemat Baterai Android agar Tahan Lama, Mudah Banget! ilustrasi baterai lowbat (pixabay.com/StockSnap)

Cara terakhir adalah dengan mengunci jaringan ke satu frekuensi. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, smartphone menghabiskan banyak baterai untuk mencari sinyal SIM card. Untuk mengurangi pekerjaan tersebut, kamu bisa melakukannya dengan cara mengunci jaringan ke satu frekuensi saja.

Caranya sangat mudah. Kamu bisa mengunci jaringan ke GSM only atau LTE only melalui kode panggilan *#*#4636#*#* di menu panggilan. Setelah itu, secara otomatis kamu akan dialihkan ke informasi telepon. Nah, di menu ini, silakan pilih satu frekuensi saja antara GSM only atau LTE only.

Punya smartphone yang baterainya boros memang sangat merepotkan. Kalau tidak ditangani dengan benar, maka kamu akan disibukkan dengan mengisi daya smartphone secara terus-menerus. Langsung terapkan kelima cara di atas agar baterai smartphone kamu yang boros menjadi lebih awet dan tahan lama, ya!

Baca Juga: 10 Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis Tanpa Sadar

Sumahir Hidayanto Photo Verified Writer Sumahir Hidayanto

Penulis lepas, lepas, ayo lepaskan unek-unek

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya