Comscore Tracker

5 Tips Mengalihkan Pikiran Agar Tidak Kecanduan Ponsel, Yuk Coba!

Jangan sampai menghambat produktivitasmu, ya

Di era teknologi masa kini yang kian berkembang pesat, tentu siapa yang tidak mengenal gadget sebagai salah satu pendukung gaya hidup masyarakat sekarang? Tak dimungkiri bahwa hampir seluruh masyarakat di lapisan sosial memiliki benda berbentuk persegi ini.

Namun di balik kemudahan yang ditawarkan, tak dapat ditampik segala hal-hal negatif atau dampak buruk yang dari penggunaan ponsel secara berlebihan. Untuk mensiasati hal tersebut tentu kita harus menemukan cara yang tepat agar dapat terhindar dari kecenderungan menggunakan ponsel secara berlebihan. 

Untuk kamu yang penasaran dan masih kesulitan melepaskan kebiasaan menggunakan ponsel berlebihan, simak yuk apa saja caranya! 

1. Memiliki jadwal keseharian yang jelas

5 Tips Mengalihkan Pikiran Agar Tidak Kecanduan Ponsel, Yuk Coba!Unsplash/QuickOrder

Tahukah kamu bahwa penggunaan ponsel berlebih juga berdampak tidak baik bagi produktivitas kita sehari-hari? Berbagai permasalahan dan kendala dalam bekerja juga sering ditemukan bila kita sampai lupa waktu. Oleh sebab itu, kamu perlu memiliki jadwal lengkap mengenai kegiatan sehari-harimu dan melalukannya secara benar sehingga produktivitas dapat terjaga tanpa perlu khawatir.

2. Mengisi waktu luang dengan hobi yang bermanfaat

5 Tips Mengalihkan Pikiran Agar Tidak Kecanduan Ponsel, Yuk Coba!Unsplash/ Christian Wiediger

Memang benar bila ponsel dapat menjadi sarana hiburan di kala kamu memiliki waktu luang. Namun, bila tidak hati-hati justru ketagihanlah yang akan menguasai waktumu dalam memainkannya.

Oleh sebab itu lebih baik kamu menggunakan ponsel bila memang sedang ada keperluan dan mulailah mengisi waktu luangmu dengan hobi yang bermanfaat. Contohnya baca buku, olahraga, dan lain sebagainya. 

Baca Juga: 7 Tips Agar Kuota Internet di Ponsel Android Lebih Awet

3. Perbanyak sosialisasi secara langsung

5 Tips Mengalihkan Pikiran Agar Tidak Kecanduan Ponsel, Yuk Coba!Unsplash/Kate Kalvach

Memang perlu diakui bahwa ponsel saat ini seakan dapat mendekatkan orang-orang yang jauh, namun juga di lain sisi dapat menjauhkan yang dekat. Hal itulah yang perlu kamu waspadai sebab jangan sampai justru kamu tidak memiliki kesempatan untuk bersosialisasi secara langsung akibat kecanduan dalam menggunakan ponsel. 

4. Hindari aplikasi yang dapat membuatmu kecanduan

5 Tips Mengalihkan Pikiran Agar Tidak Kecanduan Ponsel, Yuk Coba!Unsplash/Jakob Owens

Ada banyak sekali pilihan bermedia sosial pada saat ini, dari mulai yang bersifat edukasi hingga hiburan. Di sinilah peranmu sebagai pengguna sangat dibutuhkan untuk lebih selektif dalam memilih.

Jika kamu merasa bahwa ada aplikasi-aplikasi yang bersifat toksik dan dapat memengaruhimu dalam menggunakan gadget secara berlebihan, maka sebaiknya kamu dapat mulai menghindarinya. 

5. Selalu ingat pada tujuan awal dalam menggunakan ponsel

5 Tips Mengalihkan Pikiran Agar Tidak Kecanduan Ponsel, Yuk Coba!Unsplash/camilo jimenez

Seperti yang kamu ketahui bahwa tujuan awal dalam menggunakan ponsel adalah untuk mengatasi persoalan saat ini yang serba digital. Jika memang kamu mengingat tujuan tersebut, maka penggunaan ponsel secara berlebihan tidak akan terjadi. Teruslah mengingatkan dirimu akan hal tersebut sehingga kamu dapat terhindar dari kecanduan ponsel. 

Nah, beberapa tips di atas tentu dapat kamu lakukan dengan mudah agar dapat terlepas dari kecanduan dalam memainkan ponsel. Yuk dicoba! 

Baca Juga: 7 Cara Cepat Menyelamatkan Ponsel yang Jatuh ke Air

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya