Comscore Tracker

5 Kesalahan Umum yang Biasa Terjadi pada Pengguna Baru iPhone

Hanya perlu adaptasi aja, nih!

Sebagian orang mungkin sangat mudah beradaptasi, namun tidak menutup kemungkinan membutuhkan waktu yang lumayan agar terbiasa dengan smartphone yang baru. Namun, ada baiknya kamu mempelajari beberapa hal berikut ini agar penggunaan iPhone mu bisa dimaksimalkan dan tidak melakukan kesalahan yang membuatmu menyesal di kemudian hari. Berikut ini ada 5 kesalahan umum yang biasa terjadi pada pengguna baru iPhone.

1. Lupa melakukan backup data

5 Kesalahan Umum yang Biasa Terjadi pada Pengguna Baru iPhoneKesalahan umum yang biasa terjadi pada pengguna baru iPhone (dok. TenorshareOfficial/How to Restore iPhone 13 from iCloud Backup)

Kesalahan pertama yang paling sering dilakukan pengguna iPhone baik yang baru maupun yang sudah lama yaitu tidak melakukan backup data penting seperti kontak, pesan, foto atau notes-notes penting lainnya.

Untuk menghindari terjadinya kehilangan data, baiknya kamu memakai fitur iCloud Backup yang otomatis dan terjadwal selama smartphone terhubung dengan WiFi. Caranya dengan memilih menu setting kemudian pilih nama kamu pada bagian atas layar dan pilih iCloud. Lalu geser ke bawah dan aktifkan fitur iCloud Backup. Apple menyediakan iCloud secara gratis untuk kapasitas 5GB saja, jika dirasa kurang, kamu bisa berlangganan dengan berbagai variasi harga dan kebutuhan.

2. Belum mengaktifkan fitur Find My

5 Kesalahan Umum yang Biasa Terjadi pada Pengguna Baru iPhoneKesalahan umum yang biasa terjadi pada pengguna baru iPhone (dok. Jay Brokers/Cara Mematikan Temukan iPhone Saya)

Ketahui dulu apa itu Find My? Find My merupakan salah satu fitur iPhone yang wajib diaktifkan setelah kamu resmi menjadi pengguna iPhone. Fitur ini sangat penting mengingat banyak sekali terjadi kasus pencurian smartphone maupun terjatuh dan hilang. Dengan fitur ini, kamu akan mengetahui dimana posisi iPhone kamu berada.

Untuk mengaktifkannya, kamu perlu membuka menu setting kemudian pilih nama kamu di atas layar pilih iCloud. Lalu bergeser ke bawah dan temukan menu Find My, pilih dan aktifkan. Selain itu, kamu bisa juga aktfikan Send Last Location untuk mengetahui posisi terakhir iPhone kamu berada. Canggihnya, fitur ini bisa diakses meskipun bateraiiPhone kamu sudah menipis.

Baca Juga: 5 Aksesori yang Wajib Dimiliki Pengguna iPhone biar Awet

3. Menggunakan aksesori KW

5 Kesalahan Umum yang Biasa Terjadi pada Pengguna Baru iPhoneKesalahan umum yang biasa terjadi pada pengguna baru iPhone (dok. iamcherish Apple Pro/Aksesoris iPhone yang saya gunakan 2021!)

Bukan hanya iPhone, hampir semua jenis smartphone yang menggunakan aksesori seperti charger, kabel data bahkan airpods jika berbentuk barang KW atau palsu akan berpotensi merusak smartphone kamu. Mayoritas aksesori gadget yang terpampang di marketplace selalu tersedia dengan harga murah dan embel-embel original. Padahal belum tentu benar-benar original dengan harga yang lebih murah dari distributor resmi Apple.

Pastikan kamu menggunakan dan memakai aksesori iPhone yang resmi, aman dan cocok dengan iPhone kamu. Untuk mengetahui keaslian produknya, minimal produk tersebut memiliki logo MFi (Made for iPhone) dan pastikan logonya asli dan tidak mudah pudar.

4. Menggunakan password manager selain bawaan iPhone

5 Kesalahan Umum yang Biasa Terjadi pada Pengguna Baru iPhoneKesalahan umum yang biasa terjadi pada pengguna baru iPhone (dok. Daniel About Tech/How To Use iCloud Keychain!)

Ada fitur iPhone yang bernama iCloud Keychain. Fungsinya untuk menyimpan dan mengelola password untuk beberapa akun yang terdapat pada iPhone. Apalagi jika kamu memiliki banyak akses ke sosial media dan beberapa akun perbankan sangat dianjurkan untuk mengaktifkan fitur iCloud Keychain.

Fitur ini sudah disediakan oleh iPhone tanpa harus menambah aplikasi pihak ketiga yang tidak jelas sumbernya. Justru dengan tambahan aplikasi lain berpotensi data-data kamu akan dihack.

Selain itu, iCloud Keychain sudah mendukung autentikasi 2 faktor (2FA) yang menambah keamanan ekstra ke beberapa akun kamu. Jadi sangat mudah mendeteksi jika terdapat hal-hal yang mencurigakan terjadi dengan akun-akun di iPhone kamu. Untuk mengaktifkan, kamu cukup buka menu iCloud geser dan pilih tombol Keychain.

5. Sering mengabaikan app permissions

5 Kesalahan Umum yang Biasa Terjadi pada Pengguna Baru iPhoneKesalahan umum yang biasa terjadi pada pengguna baru iPhone (dok. iAmarsingh/how to manage app permission in iphone)

Hampir sama dengan konsepnya smartphone Android, untuk kamu yang akan install aplikasi di iPhone, kamu akan mendapatkan notifikasi permission atau sejenis perizinan seperti terhubung dengan kamera, kontak, galeri, mikrofon atau lokasi. Perlu diketahui dan diwaspadai agar tidak asal klik "allow" atau memperbolehkan.

Ketahui terlebih dahulu apa kebutuhanmu dengan aplikasi yang akan diinstal tersebut. Tidak semua bisa diberikan akses karena beberapa permission berhubungan dengan keamanan privasi. Meskipun kamu sudah mengaktifkan fitur keamanan, namun hal-hal seperti ini tidak menutup kemungkinan terjadi pencurian data.

Jika ingin meninjau ulang perizinan aplikasi yang sudah di-install, kamu bisa buka menu setting pilih privacy dan pilih beberapa aplikasi yang ingin dicek kembali aksesnya.

Kira-kira apa kamu pernah melakukan salah satu kesalahan umum di atas? Jangan lupa selalu waspada ya, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena semakin banyak terjadi pencurian dan penyalahgunaan data yang disebabkan oleh kelalaian kita sendiri.

Baca Juga: 7 Alasan di Balik Pengguna iPhone Punya Loyalitas Tinggi

Vivi Ramadyah Photo Verified Writer Vivi Ramadyah

Life at Instagram @viviramadyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya