Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Smartphone Milikmu Belum Saatnya Diganti Baru

Pikir-pikir dulu deh

Teknologi smartphone memang gak ada habisnya. Setiap tahun selalu hadir inovasi baru yang membuat kamu tertarik untuk membelinya. Namun, untuk kamu yang ingin ganti smartphone, sebaiknya pikir-pikir dulu sebelum memutuskan. Ini alasannya.

1. Perhatikan keuangan

5 Alasan Mengapa Smartphone Milikmu Belum Saatnya Diganti BaruPexels/pixabay

Jika kamu adalah pelajar atau mahasiswa, mengganti smartphone adalah hal yang harus dipikirkan baik-baik dan jangan sampai salah jalan. Uang yang kamu tabung bisa saja akan berguna kemudian hari. Pastikan kamu hanya mengganti smartphone jika dibutuhkan saja.

Jika kamu memang benar-benar ingin mengganti smartphone, usahakan yang hanya menghabiskan sebagian dari tabungan kamu. Misalnya Rp1 juta dari tabungan kamu yang berjumlah Rp4 juta.

2. Apakah smartphone-mu sudah layak diganti?

5 Alasan Mengapa Smartphone Milikmu Belum Saatnya Diganti Barumbodycases.com

Smartphonemu sudah layak ganti belum? Jika sudah tidak mampu membantumu dalam segala hal, waktunya ganti. Seperti misalnya terjadi lag ketika ingin berkomunikasi dengan teman, error ketika sedang mengakses online shop dan lain sebagainya. Jika hanya karena tidak bisa main game tertentu, lebih baik jangan ganti dahulu. Karena jika masih bisa untuk komunikasi, itu masih layak pakai. Bukankah itu fungsi terpenting dari smartphone?

Baca Juga: 7 Tipe Smartphone yang Sebaiknya Kamu Hindari untuk Beli daripada Rugi

3. Selalu ingin yang terbaru

5 Alasan Mengapa Smartphone Milikmu Belum Saatnya Diganti Baruyoutube.com

Baru beli smartphone model tertentu, bulan depan sudah keluar yang baru. Lalu kamu kepincut untuk ganti, padahal baru sebulan. Perkembangan smartphone itu sangatlah  cepat dan tidak akan ada habisnya. Jadi, kalau memang maunya yang terbaru terus, jangan beli. Karena tidak akan ada ujungnya.

4. Malu atau gengsi dengan smartphone teman

5 Alasan Mengapa Smartphone Milikmu Belum Saatnya Diganti Barupexels.com/@rawpixel

Untuk apa ganti smartphone kalau kamu hanya merasa malu atau iri depan teman kamu. Jika kamu perlu mengeluarkan banyak uang hanya untuk menghilangkan rasa malu itu, lebih baik tidak usah. Masih banyak yang lebih penting dengan uang itu. Intinya, selama smartphone kamu masih lancar jaya, tidak perlu ganti.

5. Masih belum ketemu yang cocok

5 Alasan Mengapa Smartphone Milikmu Belum Saatnya Diganti Baruhonorbuy.com

Lebih baik ditahan dahulu, jangan buru-buru. Misalnya kamu cari yang kameranya bagus, prosesor bagus, ada NFC, USBnya harus Type-C tapi budgetnya Rp2-4 jutaan. Tentu susah kan menemukan spek seperti itu? Pasti ada salah satu yang tidak ada.

Lebih baik kamu tahan dahulu, daripada ketika kamu beli yang tidak memenuhi keinginan kamu lalu menyesalinya. Atau lebih buruknya lagi, tak lama keluar smartphone sesuai keinginan kamu.

Selama smartphone masih lancar, bisa dipakai dan digunakan, sebaiknya kamu tidak usah buru-buru ganti smartphone. Segala yang buru-buru biasanya akan diakhiri dengan penyesalan. Jadi, kamu sudah berminat ganti smartphone?

Baca Juga: Mau Beli Ponsel Baru, Inilah 5 Smartphone Terbaik di Kelas Mid-Range

William Tanamal Photo Verified Writer William Tanamal

Gadget and Automotive Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya