Comscore Tracker

Google Siapkan Kejutan di Samsung Unpacked 2020, Bikin Gak Sabar

Kira-kira apa, ya?

Raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung, diperkirakan akan memperkenalkan seri ponsel flagship anyar Galaxy S20 dalam hajatan Samsung Unpacked 2020 di San Francisco, 11 Februari atau Rabu (12/2) dini hari waktu Indonesia bagian barat.

Sebagai acara yang digagas oleh produsen smartphone terbesar di muka bumi, tentu Google tak mau ketinggalan ambil bagian dalam event spesial ini. Dari berbagai sumber media teknologi ternama dunia dan akun media sosial official milik Google, kita bisa menangkap beberapa informasi dan kemungkinannya. Check this out!

1. Google mempersiapkan kejutan melalui Android

Sistem operasi besutan Google, Android, sepertinya sudah menyiapkan kejutan khusus untuk meramaikan acara tersebut. Dilihat dari akun Twitter resminya, Android mencuit video pendek Samsung Unpacked 2020 lengkap dengan pesan yang membuat penasaran:

"Something exciting is just around the corner. See you at Unpacked," @SamsungMobile

"Sesuatu yang menggembirakan akan segera tiba. Sampai jumpa di Unpacked," @SamsungMobile

Kira-kira apa ya yang mereka siapkan? Mari kita ulas beberapa kemungkinannya.

Baca Juga: Viral di Twitter, Ternyata Ini Cara Mengambil Foto Google Street View

2. Google Duo digadang-gadang sebagai app bawaan S20

Google Siapkan Kejutan di Samsung Unpacked 2020, Bikin Gak SabarGoogle Duo - Dok. duo.google.com

Dilaporkan oleh Android Authority, ada kemungkinan Google menyiapkan aplikasi video call HD andalannya Duo khusus buat gawai terbaru Samsung. Dari bocoran-bocoran soal S20 selama ini, terindikasi Google dan Samsung sedang bekerja sama untuk mengintegrasi Google Duo ke dalam Samsung Galaxy S20. 

Awalnya, integrasi ini diperkirakan hanya berlaku di Korea Selatan saja. Namun jika benar Google Duo disiapkan sebagai kejutan di Unpacked, maka bukan tidak mungkin integrasinya dilakukan secara global.

3. Android dioptimasi untuk Galaxy Z Flip

Google Siapkan Kejutan di Samsung Unpacked 2020, Bikin Gak SabarBocoran penampakan Galaxy Z Flip - twitter.com/rquandt

Kemungkinan lain yakni Google mendapat panggung (atau sesi) khusus untuk memperkenalkan Android yang sudah dioptimasi untuk Galaxy Z Flip.

Samsung Galaxy Z Flip diperkirakan juga akan debut di Unpacked 2020. Seperti namanya, smartphone ini bisa dibuka tutup layaknya ponsel di era akhir 90-an hingga awal 2000-an. Namun sebenarnya Z Flip berkonsep foldable, dalam artian body dan layarnya bisa ditekuk hingga saling menyatu.

4. Akankah ada stock Android untuk Galaxy S20?

Google Siapkan Kejutan di Samsung Unpacked 2020, Bikin Gak SabarGoogle Pixel 4 mengusung stock Android sebagai OS - techradar.com

Suara dari fans berat Android dan Samsung malah menyarankan agar kedua brand menggarap Galaxy S20 yang menjalankan sistem operasi Android asli (tanpa One UI besutan Samsung) alias stock Android.

Antarmuka pengguna (UI) bikinan brand ponsel memang memiliki desain dan fungsi keren, namun acapkali skins memakan space memori yang besar karena memiliki aplikasi siap install yang belum tentu kamu pakai dan gak bisa kamu hapus. 

Atas dasar itulah, stock Android juga memiliki penggemar yang banyak. Desain dasar dari Google ini, selain terasa lebih "otentik", juga bebas bloatware. Dan yang terpenting, ponsel yang mengusung stock Android selalu memperoleh software update lebih awal dari UI lainnya.

5. Android memberi kode rahasia soal desain?

https://www.youtube.com/embed/3g3i2my0V98

Entah kamu sadari atau tidak, cuitan Twitter resmi Android di atas juga bisa dibaca sebagai kode rahasia. Perhatikan kalimat Something exciting is just around the corner. Jika diartikan secara bebas, kalimat tersebut berbunyi: Sesuatu yang menggembirakan ada di sekitar sudut/belokan.

Around the corner. Apakah ini arahan desain baru Android? Lengkungan diganti dengan tekukan tegas hingga membentuk tegas di sudutnya? Mungkin.

Atau mungkin Google ingin memberi penghormatan khusus untuk Galaxy Z Flip yang ketika dilipat akan menyerupai persegi. Dan kebetulan pula, persegi tersebut mengganti 'a' dan 'n' dalam video di atas.

Alasan kuat yang mendukung teori ini ialah tema Unpacked 2020 yang berbunyi: Change the shape of the future.

6. Android 11 lebih dulu nangkring di S20?

Google Siapkan Kejutan di Samsung Unpacked 2020, Bikin Gak SabarAction figure Android - Dok. blog.google/press

Tentu ini spekulasi yang bisa jadi win-win bagi kedua belah pihak. Google akan memiliki gawai kelas atas untuk memacu sistem operasinya ke batas maksimal. Sementara Samsung akan punya gimmick pemasaran brilian untuk menjual ponselnya.

Google ikut nimbrung dalam peluncuran gawai merek lain bukanlah hal yang lazim. Namun jika mereka memang niat dalam cuitan 'something exciting' itu, maka kita wajib menantikan kejutannya apa.

Baca Juga: 7 HP dan Gadget Baru yang Siap Rilis di Samsung Galaxy Unpacked 2020

Topic:

  • Yogie Fadila
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya