Comscore Tracker

6 Breakdown Digimon Survive, Game Terbaru Seri Digimon

Digarap dengan pendekatan visual novel

Beberapa hari lalu, terdapat pengumuman akan hadirnya game Digimon terbaru. Game ini dirilis sekaligus untuk merayakan 20 tahunnya seri Digimon. Melalui trailer-nya, kamu bisa mengetahui game ini akan berbeda dengan game-game Digimon sebelumnya.

Game pendahulu Digimon kebanyakan memiliki sistem turn-based RPG atau peternakan yang mengharuskanmu merawat Digimon. Namun di sini, kamu akan dibuat untuk sedikit berpikir karena harus mengatur strategi dan langkah agar tidak kalah. Lebih lengkapnya, mari kita sama-sama breakdown game ini.

1. Bersetting di dunia yang sama pada seri Digimon sebelumnya

6 Breakdown Digimon Survive, Game Terbaru Seri Digimonnintendolife.com

Di dalam trailer game Digimon Survive terdapat tulisan yang mengatakan kita akan bernostalgia dengan dunia Digimon. Itu berarti setting tempat dunia Digimon Survive tidaklah jauh-jauh Digimon di seri televisi atau game sebelumnya. Besar kemungkinan setting-nya ada pada game Digimon World pada konsol Playstation 1 atau seri anime Digimon yang pertama. Adapun karakter yang mirip dengan anime Digimon pertama.

2. Story diceritakan melalui visual novel

6 Breakdown Digimon Survive, Game Terbaru Seri Digimonnintendolife.com

Tidak seperti game Digimon pada umumnya yang melakukan pendekatan dengan gaya adventure, Digimon Survive membuatmu menikmati alur cerita dengan gaya novel. Kamu akan banyak membaca dialog-dialog interaksi karakter lainnya. Tentu saja di dalam dialog tersebut akan banyak sekali pilihan obrolan yang akan membawamu menuju hasil yang berbeda.

3. Sistem gameplay-nya adalah strategic turn based

6 Breakdown Digimon Survive, Game Terbaru Seri Digimonnintendolife.com

Di sini Bandai Namco mencoba mempersembahkan sebuah gaya permainan baru untuk para fans digimon. Kamu akan memainkan langsung beberapa Digimon di mana mereka harus melangkah ke tempat-tempat tertentu untuk menyerang atau menghindari serangan. Adapun tujuh menu opsi ketika melakukan pertarungan: move, attack, evolve, partner, talk, auto dan turn end. Untuk status karakter sendiri terdapat nama digimon, level, health point (HP), dan energy point (EP).

Baca Juga: 2 Game Mobile Bergenre MMORPG Paling Dinanti Tahun 2018

4. Evolusi di tengah-tengah pertarungan

6 Breakdown Digimon Survive, Game Terbaru Seri Digimonnintendolife.com

Sesuai dengan opsi menu yang terdapat ketika bertarung, ada pilihan untuk melakukan evolusi. Melalui evolusi, digimon-mu mendapatkan penambahan stats dan serangan baru yang akan sangat berguna dalam menentukan serangan. Belum diketahui apakah evolusi tersebut dapat diatur sebelum pertarungan, menjadikan Digimon-mu selalu dalam tahap evolusi tingkat akhir ata tidak.

5. Opsi-opsi akan diberikan padamu, yang bisa menentukan jalan cerita dan karakter evolusi

6 Breakdown Digimon Survive, Game Terbaru Seri Digimonnintendolife.com

Seperti yang sudah dijelaskan pada sebelumnya bahwa dalam interaksi bergaya visual novel ini, kamu akan mendapatkan pilihan-pilihan. Pilihan-pilihan ini akan membawamu menuju jalan cerita serta evolusi Digimon yang berbeda pula. Bukan tidak mungkin juga kamu akan mendapatkan partner Digimon yang berbeda, yang artinya game ini layak dimainkan berulang-ulang.

6. Hadirnya digimon baru mewarnai game seru ini

6 Breakdown Digimon Survive, Game Terbaru Seri Digimonnintendolife.com

Seperti yang kamu lihat pada gambar di sebelumnya, terdapat dua Digimon asing yang hampir tak pernah terlihat. Bagi yang mengikuti serinya, mungkin tahu dengan kehadiran Falcomon, tetapi untuk Digimon satunya selain Agumon, tidak diketahui bernama apa karena masih berbahasa Jepang. Sepertinya akan hadir beberapa Digimon dalam game tersebut, baik karakter protagonis maupun antagonis.

6. Bersabarlah, guys! Game ini akan dirilis pada 2019

6 Breakdown Digimon Survive, Game Terbaru Seri Digimonnintendolife.com

Sampai sejauh ini game Digimon Survive masih dalam tahap pengembangan. Rencananya bahkan baru akan dirilis pada 2019 nanti. Itu berarti akan terdapat footage-footage lebih lengkap terkait game yang akan datang. Game ini rencananya akan dirilis untuk empat konsol: Playstation 4, Nintendo Switch, Xbox 1 dan PC.

Bagaimana? Apa kalian ada yang tertarik dengan game ini? Mungkin yang bisa bahasa Jepang juga bisa membantu menerjemahkan siapakah nama Digimon berbentuk anjing tersebut.

Baca Juga: Gak Sabar! Ini 5 Game RPG Terbaik yang akan Hadir di 2018

Topic:

  • Abraham Herdyanto
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya