Comscore Tracker

8 Game Eksklusif Konsol Ini Akhirnya Tersedia di PC

Resmi ya, tanpa emulator

Satu alasan kuat mengapa kamu, para gamer, masih ada yang membeli konsol game ketimbang komputer. Itu karena adanya beberapa game yang hanya tersedia di konsol tersebut. Sebagai contoh, sampai sekarang kamu yang tidak memiliki konsol PlayStation 4 atau 5 tidak bisa memainkan Final Fantasy VII Remake.

Kondisi ini dinamakan game eksklusif, yaitu hanya bisa dimainkan di satu konsol saja. Menariknya eksklusifitas beberapa game hanya sebatas durasi saja. Apa artinya? Artinya adalah cepat atau lambat game itu akan diluncurkan di komputer juga. Berikut ini adalah beberapa game yang dulu eksklusif, tetapi sekarang akhirnya bisa dimainkan di komputer.

1. Seri Kingdom Hearts

8 Game Eksklusif Konsol Ini Akhirnya Tersedia di PCKingdom Hearts III (dok. Square Enix/Kingdom Hearts III)

Dulunya KH hanya bisa dimainkan di konsol-konsol tertentu saja. Misalnya saja, KH1 dan KH2 yang hanya tersedia di PlayStation 2 dan tidak pernah dirilis selain di konsol PlayStation.

Barulah pada 2021, Epic Game berhasil menggandeng Square Enix untuk mengeluarkan KH di komputer. Sekarang kamu bisa memainkan KH lewat Epic Game.

2. Persona 4

8 Game Eksklusif Konsol Ini Akhirnya Tersedia di PCPersona 4 (dok. Atlus)

Seperti KH2, Persona 4 tak pernah sekalipun dirilis di luar konsol PlayStation. Ada pun versi update-nya, yaitu Persona 4 Golden, dirilis khusus untuk PS Vita di 2012. Beruntung berkat kesuksesan Persona 5 dan banyaknya permintaan untuk dirilis pada komputer, Atlus akhirnya mengeluarkan Persona 4 Golden pada Juni 2020.

3. Nioh 2

8 Game Eksklusif Konsol Ini Akhirnya Tersedia di PCNioh 2 - The Complete Edition (dok. Koei Tecmo/Nioh 2 -The Complete Edition)

Studio Team Ninja punya banyak game keren dan salah satunya adalah Nioh. Pada seri pertamanya, Nioh dirilis untuk konsol serta komputer secara bersamaan.

Akan tetapi, itu berbeda dengan sekuelnya. Nioh 2 baru dirilis pada PC setelah satu tahun peluncurannya dari PlayStation 4.

4. God of War

8 Game Eksklusif Konsol Ini Akhirnya Tersedia di PCGod of War (dok. Sony PlayStation)

God of War menyumbang banyak pemasukan bagi PlayStation. Keeksklusifannya pada konsol tersebut banyak membuat gamer membeli PlayStation 4.

Tidak mengagetkan mengingat grafisnya sangat cantik dan banyak reviewer yang menilai gameplay hingga ceritanya sangat memuaskan. Pada akhirnya, God of War bisa dimainkan di komputer pada 15 Januari 2022 nanti.

Baca Juga: Bukan Genre Horor, 7 Game Ini Bikin Bulu Kuduk Merinding

5. Horizon Zero Dawn

8 Game Eksklusif Konsol Ini Akhirnya Tersedia di PCHorizon Zero Dawn (dok. Sony PlayStation)

Horizon Zero Down juga punya kasus serupa seperti God of War. Game ini pertama kali dirilis di 2017 untuk PlayStation dan menuai banyak pujian atas visual, cerita, gameplay, hingga keseluruhan game.

Sepuluh juta kopi terjual hingga Februari 2019. Ini menjadikan Horizon Zero Dawn sebagai salah satu game dengan penjualan terbaik di PS4. Kesuksesannya itu membuat game ini dirilis di Steam pada 7 Agustus 2020.

6. Crash Bandicoot

8 Game Eksklusif Konsol Ini Akhirnya Tersedia di PCCrash Bandicoot (dok. Naughty Dog)

Game ini merupakan salah satu game platformer legendaris di masa PlayStation 1. Legendaris karena tak hanya seru, tetapi Crash Bandicoot juga tak pernah dirilis di luar konsol tersebut dan bahkan tak memiliki sekuelnya.

Baru pada 2017, Crash Bandicoot kembali diremake dan dibentuk dalam kompilasi trilogi bernama Crash Bandicoot N. Sane Trilogy. Pada 2018, game ini dilepas di komputer dan membuat gamer komputer bisa menjajal Crash Bandicoot untuk pertama kali tanpa emulator.

7. Seri Disgaea

8 Game Eksklusif Konsol Ini Akhirnya Tersedia di PCDisgaea (dok. Nippon Ichi Software)

Sedari awal, game strategi Jepang ini selalu diasosiasikan dengan PlayStation, bahkan sejak judul pertamanya yang hanya bisa dimainkan di PlayStation 2.

Barulah pada 2016, semua itu berubah. Seri Disgaea dirilis menuju komputer. Satu-satunya judul seri yang tidak tersedia di komputer adalah Disgaea 3: Absence of Justice.

8. Death Stranding

8 Game Eksklusif Konsol Ini Akhirnya Tersedia di PCDeath Stranding (dok. Kojima Productions)

Ini adalah game pertama Hideo Kojima selepas dia keluar dari Konami. Pada awalnya game ini dirilis eksklusif untuk PlayStation 4 saja. Akan tetapi setelah kurang dari 1 tahun pasca perilisan, terdapat pengumuman karya Kojima itu bakal dirilis di komputer. Pada akhirnya, sejak 14 Juli 2020, kamu bisa memainkan game ini melalui Steam. 

Kamu tidak salah lihat kalau kebanyakan game eksklusif yang bisa hadir di komputer datang dari Sony PlayStation. Untuk Nintendo sendiri, kebanyakan gamenya masih disimpan khusus untuk konsol milik mereka.

Sampai sejauh ini game dari Nintendo yang bisa dimainkan di komputer adalah Castlevania. Jadi, game eksklusif apalagi yang kamu tunggu untuk dirilis di komputer?

Baca Juga: 7 Game Roblox yang Paling Seru, Termasuk Squid Game!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya