Comscore Tracker

Mengasah Logika, 5 Rekomendasi Coding Game untuk Anak Ini Layak Dicoba

Bisa jadi salah satu aktivitas belajar sambil bermain, nih

Perkembangan teknologi yang semakin canggih bukan hanya jadi konsumsi para orang dewasa. Teknologi kini menjadi salah satu hal yang wajib dikuasai berbagai kalangan, termasuk anak kecil. Bukan sesuatu yang aneh bila anak zaman sekarang telah pandai menggunakan smartphone.

Bahkan, beberapa pengembang aplikasi pun mendesain aplikasi belajar coding untuk anak-anak. Bisa menjadi media pembelajaran untuk mengasah logika, ini 5 rekomendasi coding game untuk anak yang layak dicoba.

1. Code Kingdom: Treasure

https://www.youtube.com/embed/LTurc8bN1AA

Code Kingdom: Treasure membuat permainan coding jadi lebih menyenangkan bagi anak-anak karena desain permainan yang memanjakan mata dan mudah dimengerti. Karakter dan setiap level yang diberikan juga memiliki tingkat kesulitan yang pas dengan kemampuan logika anak-anak.

Di sini, anak diharuskan untuk mencari cara bagaimana si tokoh utama bisa mencapai harta karun yang jadi target di setiap levelnya. Di awal permainan, anak-anak akan dikenalkan dengan arah dasar dan perintah sederhana yang tidak terlalu sulit untuk dipahami.

2. Hopster Coding Safari for Kids

https://www.youtube.com/embed/_bqO56-WUtQ

Hewan lucu dan menarik ini menjadikan karakter utama dalam game ini. Para pemain diminta untuk mencari jalan bagi para hewan. Pada dasarnya, game ini mengenalkan coding menjadi potongan puzzle yang harus disusun.

Kemudian, pada kenaikan level selanjutnya, potongan puzzle akan diubah menjadi arah yang akan menentukan gerakan apa yang akan dilakukan hewan. Ini akan mengasah pola pikir anak dalam berpikir dengan logika sederhana.

Baca Juga: 5 Film yang Diangkat dari Video Game Terbaik, Gamers Wajib Nonton

3. Code Spark Academy: Kids Coding

https://www.youtube.com/embed/02go-w4X_nM

Game ini lebih asyik lagi dimainkan karena punya varian pilihan game lain di dalamnya. Tokoh utama harus melewati rintangan, lalu berbagai kemungkinan jalan bisa tercipta sesuai keinginan anak. Karakter utamanya berupa monster kecil, hewan, dan tokoh animasi lain yang menggemaskan.

Nantinya, terdapat level yang bervariasi dan lengkap dengan perintah dasar yang mudah dipahami logika anak, seperti berlari atau meloncat. Dengan begini, anak secara tidak langsung dilatih untuk merancang jalan permainannya sendiri. Selain itu, game ini juga bisa mengasah kreativitasnya dalam menyelesaikan masalah.

4. Code Carts – Pre-coding Logics

https://www.youtube.com/embed/8jMrx3H1pEI

Selain tokoh lucu dan hewan, ada pula konsep mobil-mobilan untuk membuat anak tertarik belajar coding. Permainan ini memiliki jalur balapan mobil yang pergerakannya bisa ditentukan oleh anak.

Tentu saja pergerakan ini didasarkan oleh arah dasar yang harus dipilih anak, mulai dari jalanan lurus, berbelok-belok, hingga jalur yang panjang. Semuanya tersedia untuk melatih seberapa lihai anak berpikir dengan otak kirinya. Tampilan game ini juga sederhana dan cukup enak dilihat sehingga anak-anak bisa menikmati permainan.

5. Coding Games for Kids to Play

https://www.youtube.com/embed/UPluKLJelrk

Terakhir, ada permainan seru dengan berbagai pilihan minigame yang menarik untuk anak-anak. Game ini bernama Coding Games for Kids to Play. Ada lebih dari lima puluh jenis minigame yang bisa mengasah otak anak untuk bisa mengerti dasar logika.

Coding Games  for Kids to Play menyediakan permainan, seperti memanah buah, bermain balapan mobil, menjadi petugas kebakaran, menjadi dokter gigi, hingga pergi ke toko es krim. Anak-anak nantinya bisa menentukan arahan apa yang mereka inginkan sehingga mereka merasa bebas untuk berkreasi.

Logika adalah pemikiran dasar yang dibutuhkan dalam berbagai bidang pekerjaan. Dengan cara bermain sambil belajar seperti ini, anak-anak pun akan memiliki bekal ilmu dan tetap merasa terhibur.

Baca Juga: 5 Mobile Game Lucu yang Bikin Kamu Gak Berhenti Ketawa

alys Photo Verified Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya