Comscore Tracker

7 Game Marvel Terbaik dari 2011-2021, Excelsior!

Avengers tidak masuk hitungan?!

Tahun-tahun belakangan ini, sulit untuk tidak mendengar nama "Marvel". Didukung Disney, Marvel merilis berbagai film dan seri menarik yang menggugah hati para fans. Bukan cuma film atau komik, Marvel Games, salah satu divisi Marvel, juga terus mengeluarkan karya yang tidak kalah menarik!

Dalam satu dekade terakhir, Marvel Games telah mengeluarkan berbagai judul yang membuat para pemainnya merasakan dahsyatnya dan kerasnya perjuangan para superhero dan superheroine Marvel. Melansir Metacritic, inilah 7 game Marvel terbaik yang rilis dalam 1 dekade terakhir (2011 - 2021)!

7. Ultimate Marvel vs. Capcom 3

https://www.youtube.com/embed/Ni9L4_zKNrM

Sejak X-Men vs. Street Fighter pada 1996, bentrokan dimensi antara semesta Capcom dan Marvel terus menarik minat para gamer fighting. Per 2019, seri Marvel vs. Capcom telah terjual 9 juta unit! Salah satunya adalah Ultimate Marvel vs. Capcom 3 yang dirilis pada 2011 untuk PS3 dan XBOX 360, serta 2017 untuk PS4, XBOX One, dan PC.

Sebagai versi "lebih bagus" dari Marvel vs. Capcom 3: Fate of the Two WorldsUltimate Marvel vs. Capcom 3 dipuji karena jumlah karakter (50 karakter) dan peningkatan pada permainan online-nya.

6. Guardians of the Galaxy: The Telltale Series

https://www.youtube.com/embed/xrKBKk59bZw

Pada 2017, Telltale Games merilis Guardians of the Galaxy: Telltale Series, untuk PS4, XBOX One, Nintendo Switch, dan PC. Setelah membunuh Thanos, game 5 episode ini menceritakan perjuangan Guardians of the Galaxy yang dipimpin oleh Star-Lord melindungi artefak Eternity Forge dari ambisi Hala the Accuser.

Guardians of the Galaxy adalah salah satu game terakhir produksi Telltale Games sebelum gulung tikar pada 2018. Game ini dipuji karena cerita, alih suara, aksi, dan penggambaran karakternya. Bertepatan dengan rilisnya Guardians of the Galaxy Vol. 2game ini membuatmu mengenal anggota-anggota Guardians of the Galaxy lebih dalam.

5. Marvel: Future Fight

https://www.youtube.com/embed/v2QkEFaMvyk

Hadir di platform mobile gamingMarvel: Future Fight diproduksi oleh NetMarble untuk Android dan iOS. Menghadirkan lebih dari 200 karakter Marvel, game ini menceritakan konflik para superhero dan superheroine Marvel melawan versi lain mereka dari dimensi lain dan berbagai super villain sebelum melawan Thanos.

Pada dua tahun pertama, Marvel: Future Fight berhasil mengumpulkan lebih dari 50 juta download, mayoritas datang dari kawasan Asia. Game ini dipuji karena ceritanya yang dikarang oleh salah satu penulis terbaik Marvel, Peter David. Per 2018, Marvel: Future Fight memiliki lebih dari 70 juta pemain aktif!

Baca Juga: 7 Game Superhero Marvel Terbaik, Jangan Ngaku Fans Kalau Belum Main!

4. Marvel: Avengers Alliance

https://www.youtube.com/embed/VEJNyljlqok

Tertutup oleh ingar bingar The Avengers pada 2012, Marvel: Avengers Alliance dirilis oleh Playdom di Facebook dalam ajang promosi film tersebut. Di sini, kamu bukan bermain sebagai superhero atau superheroine Marvel, melainkan sebagai seorang petugas SHIELD.

Hadir di smartphone pada 2013, plot pada game ini terbagi jadi dua musim. Pada 2015, Marvel: Avengers Alliance 2 dirilis di Filipina dan global pada 2016. Namun, hanya dalam setengah tahun, Disney menutup Marvel: Avengers Alliance dan sekuelnya!

3. LEGO: Marvel Super Heroes

https://www.youtube.com/embed/ydXUZbrg1nc

Terkenal akan seri game LEGO, Traveller's Tales meluncurkan LEGO: Marvel Super Heroes pada 2013 untuk PS3, PS4, Wii U, XBOX 360, dan XBOX One. Sebagai superhero atau superheroine dari Marvel, kamu harus menghentikan ambisi Dr. Doom dan Loki untuk menguasai dunia!

Game ini dipuji oleh para kritikus dan disukai karena jumlah karakternya, variasi misi, dan tema open-world yang memuaskan rasa keingintahuan para pemain. Belum lagi, ditambah humor dan dialog khas ala karakter LEGO dan Marvel.

2. Marvel's Spider-Man: Miles Morales

https://www.youtube.com/embed/65iW-nM4ncs

Sukses dengan Spider-Man, Insomniac Games mengembangkan Spider-Man: Miles Morales sebagai lanjutannya pada akhir 2020 eksklusif untuk konsol PS4 dan PS5. Jika kamu sudah menonton Spider-Man: Into the Spider-Verse (2018), di sini, kamu bermain sebagai Miles Morales, murid dari Spider-Man.

Sebagai Spider-Man, kamu terjebak dalam konflik antara Roxxon Energy Corp. dan Tinkerer. Seperti pendahulunya, Spider-man: Miles Morales menerima pujian karena kemampuan baru Miles Morales dan peningkatan pada sistem tempurnya. Akan tetapi, beberapa pemain mengeluhkan jalan cerita yang singkat.

1. Marvel's Spider-Man

https://www.youtube.com/embed/fD8yWforTtM

Sempat populer lagi setelah "perubahan" pada Peter Parker dalam versi remastered-nya untuk PS5, Spider-Man dirilis oleh Insomniac pada 2018. Kamu bermain sebagai Spider-Man (Peter Parker) dewasa dan kesehariannya memberantas penjahat, dari jalanan hingga super, sebelum melawan Dr. Octopus (Otto Octavius).

Memenuhi hype-nya sejak 2014, Spider-Man dipuji karena sistem web-swinging, tarung, dan jalan ceritanya yang bak roller coaster! Meskipun eksklusif PS, Spider-Man jadi salah satu game yang laris paling cepat dengan 13,2 juta kopi per 2019. Gak heran, Insomniac pun berani merilis Miles Morales yang gak kalah "menggigit"!

Itulah 7 game Marvel terbaik yang hadir pada 1 dekade terakhir. Dari game-game ini, mana yang pernah kamu mainkan dan mencuri perhatianmu? Ingat, Marvel lebih dari sekadar film, ada komik, novel, hingga game juga!

Baca Juga: Nostalgia 8 Game Marvel Terbaik Sepanjang Masa, Ada Favoritmu?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya