Comscore Tracker

9 Alasan Kenapa Nintendo Switch Sukses di Pasar Handheld

Take notes, PlayStation dan Xbox!

Pada Maret 2017, Nintendo kembali menggebrak dunia konsol dengan merilis Nintendo Switch, sebuah konsol hybrid yang dapat disambungkan ke TV atau dimainkan sebagai konsol handheld.

Saat pertama rilis, dunia sedikit ragu pada Nintendo Switch, berkaca dari kegagalan Nintendo setelah merilis penerus Nintendo Wii, Nintendo Wii U. Bayangkan saja, Nintendo Wii U hanya mampu menjual 13,56 juta unit, menjadikannya konsol dengan penjualan terendah ke-4 dalam sejarah konsol.

Namun, beberapa bulan berjalan setelah rilisnya Switch, dunia mulai yakin pada kualitas Switch yang telah belajar dari kesalahannya. Sebelum 2017 berakhir, Nintendo Switch melampaui angka penjualan Nintendo Wii U dengan 14,86 juta unit.

Sementara itu, pesaing Nintendo, Sony, menghentikan produksi konsol handheld penerus PSP multifungsi, PlayStation Vita (PS Vita) pada 2019.

Tertutup oleh kesuksesan PSP dan PS4, menurut data Statista, pada 2018, PS Vita hanya berhasil membukukan sekitar 200 ribu unit penjualan! Tak ayal, SVP Sony Interactive Entertainment, Hiroyuki Oda, mengumumkan takkan lagi membuat handheld penerus PS Vita.

Apakah kamu sudah mencoba Nintendo Switch? Jika belum, tidak apa-apa. Jika sudah, pernahkan terpikir olehmu, mengapa Nintendo Switch bisa sukses di pasar handheld yang sudah ditinggalkan oleh Sony sejak PS Vita?

Nah, 9 alasan ini mungkin akan membuatmu mengerti gendam di balik Switch.

1. Game Indie

9 Alasan Kenapa Nintendo Switch Sukses di Pasar Handheldarstechnica.com

Mungkin saat kamu membeli Nintendo pada 2017, kamu berharap akan mendapatkan judul-judul eksklusif Nintendo seperti Zelda, Mario, dll.

Namun, ternyata, setahun pertama berjalan gim orisinal Nintendo bisa dihitung jari.

Ternyata, inilah salah satu kelebihan Nintendo Switch. Konsol hybrid ini menjadi "agen" yang turut memperkenalkan gim-gim indie dari pengembang yang ingin mencoba peruntungannya. Contoh gim indie yang populer di Switch adalah Wonder Boy dan Shovel Knight.

Nah, meskipun gim-gim ini tersedia di konsol dan platform lain seperti PS4 dan Xbox One, para pengembang gim ini justru berterima kasih pada Switch. Kenapa? Dibandingkan penjualan di dua konsol yang "populer" tersebut, gim-gim indie ini mendulang keuntungan besar dari Switch.

2. Multiplayer-oriented

9 Alasan Kenapa Nintendo Switch Sukses di Pasar Handheldtenor.com

"Kapan terakhir kali kamu main gim bersama teman?"

Saat berbicara soal multiplayer zaman now, mungkin kamu akan teringat pada bermain gim bersama temanmu di luar negeri menggunakan sambungan internet.

Oh, Switch tidak mengandalkan hal itu. Lagipula, Switch memiliki fitur sambungan internet yang jauh di belakang para konsol kompetitornya.

Eits, itu tidak berarti buruk, guys.

Switch lebih memprioritaskan "kebersamaan", di mana kamu bermain gim favoritmu bersama sahabat atau keluarga di tempat yang sama, saling tatap muka, bersaing, dan bersenang-senang bersama.

Gim-gim kooperatif Switch seperti Mario Kart 8 Deluxe tidak akan seru jika dimainkan tanpa menatap muka (lewat internet). Lagipula, dengan ini, Switch memenuhi tujuan teknologi: merapatkan kerenggangan komunikasi yang selama ini justru disebabkan oleh internet dan kemajuan teknologi.

Terima kasih, Nintendo Switch!

3. Desain perangkat yang ciamik

9 Alasan Kenapa Nintendo Switch Sukses di Pasar Handheldtrustedreviews.com

Soal desain, mungkin Switch tidak begitu jauh berbeda dari pendahulunya, Wii U. Namun, entah apa yang merasuki perancang Wii U, desain konsol tersebut adalah yang terburuk dari konsol Nintendo lainnya. Meskipun mengusung layar sentuh, Wii U tidak lolos dari perbandingan dengan iPad, sehingga membuatnya kalah pamor.

Namun, belajar dari kesalahan Wii U, Nintendo Switch kembali mengusung layar sentuh selebar 6,2 inci di tengah dengan dua pegangan di sisi kiri dan kanan.

Lalu, apa yang berbeda? Memang pegangan Wii U bisa ditarik? Enggak, kan? Switch bisa, dong.

Nah, hal yang belum pernah ada sebelumnya, pasti akan menjadi tren saat itu. Karena konsol handheld lain tidak pernah melakukan ini, eksperimen Switch sontak menarik banyak peminat yang ingin menjajalnya.

4. Mudah dibawa-bawa

9 Alasan Kenapa Nintendo Switch Sukses di Pasar Handhelddanny-enterprice.myshopify.com

Selain desainnya yang ciamik, Nintendo Switch juga menawarkan fungsi hybrid yang tentu saja belum pernah ada sebelumnya.

Kalau kamu malas keluar rumah, kamu tinggal menempatkan Switch-mu, sambungkan ke TV, copot controllernya, dan mainkan. Kalau kamu sedang di luar rumah tetapi tetap ingin main, kamu tinggal keluarkan Switch-mu dan mainkan di mana saja. Tidak ribetkan?

Lalu, karena mengakses gim pada Switch lebih mudah dibandingkan dengan PS4 dan Xbox One, Switch semakin mengungguli kedua pengembang konsol tersebut di ranah portabilitas.

Baca Juga: 7 Fitur Rahasia Nintendo Switch yang Tidak Diketahui Banyak Gamer!

5. Mendukung gim pihak ke-3

9 Alasan Kenapa Nintendo Switch Sukses di Pasar Handheldflipboard.com

Sebelum diluncurkan pada 2017, Nintendo sudah ancang-ancang bahwa konsol Switch akan mendukung gim pihak ke-3. Waktu itu, reaksi dunia pun sama seperti reaksi mereka terhadap Wii U, pesimis.

Sejak masa Super Nintendo, konsol Nintendo memang tidak begitu akrab dengan yang namanya "gim pihak ke-3". Oleh karena itu, dunia pesimis.

Namun, ternyata, Nintendo menepati kata-katanya saat merilis Switch yang mendukung dan didukung oleh perusahaan pengembang gim kawakan lainnya, seperti Bethesda, UbiSoft, Koei Tecmo, Square Enix, dll.

Beberapa gim teranyar Bethesda, Elder Scroll V: Skyrim dan DOOM, muncul untuk Switch pada 2017, dan Ubisoft juga merilis beberapa gim Assassin's Creed nya untuk Switch seperti III: Remastered (2019), Rebel Collection: Black Flag & Rogue (2019), hingga Odyssey (eksklusif Jepang).

Jikalau pengembang gim kawakan mulai melirik Switch, bukan tidak mungkin jika nantinya Switch akan melampaui PS4 dan Xbox One soal gim multiplatform.

6. Mudah digunakan

9 Alasan Kenapa Nintendo Switch Sukses di Pasar Handheldyoutube.com/nintendo

Setelah dicekoki oleh konsol-konsol sophisticated seperti PS3, PS4, dan Xbox One, beberapa dari penggemar gim jadi memiliki standar tinggi, bahkan hingga ke tampilan utama antarmuka.

Switch pun tidak lolos dari kritik saat dunia melihat betapa "miskinnya" tampilan antarmukanya. Namun, itu mungkin dikarenakan mereka sudah lupa pada betapa mengerikannya dan menyusahkannya tampilan antarmuka di Wii U. Jika dibandingkan secara langsung, Switch sudah menang jauh.

Dibandingkan dengan Switch, Wii U membutuhkan waktu booting dan masuk ke dalam gim yang cukup membuatmu frustasi. Hal itu juga yang membuat Wii U tidak lagi laku di pasaran.

Berbeda dengan Wii U, pengguna Switch hanya perlu menekan beberapa tombol untuk masuk ke dalam gim.

Jika berbicara soal aplikasi tambahan, mungkin Switch kalah dibandingkan konsol lainnya. Namun, jika berbicara soal tampilan dan respons, Switch sudah mulai mengejar ketertinggalannya.

7. Berbeda dari kompetitornya

9 Alasan Kenapa Nintendo Switch Sukses di Pasar Handheldign.com

Baiklah, perlu diakui, soal daya gebrak, mungkin Switch tidak sekuat konsol rumahan seperti PS4 dan Xbox One. Oleh karena hal itu, ada beberapa gim yang terkesan mustahil untuk dirilis di Switch.

Namun, bukan berarti Switch kalah. Sama seperti Nintendo Wii yang menawarkan pengalaman unik daripada PlayStation 3 dan Xbox 360, Switch pun juga sama.

Berbeda dari PS4 dan Xbox One yang hanya memiliki beberapa gim eksklusif (PS4: Spider-Man, God of War; Xbox: HALO), Switch memiliki sekeranjang gim eksklusif yang hanya bisa kamu dapatkan di Switch.

Contohnya, salah satu gim populer Switch sejak masa GameBoy dahulu, Pokemon. Tidak mungkin kamu memainkan Pokemon di konsol lain (kecuali, menggunakan emulator, ya).

Dikarenakan Sony meninggalkan konsep handheld bersama kegagalannya dengan PS Vita, Nintendo mengambil kesempatan untuk membangkitkan kembali konsep handheld yang digabungkan dengan konsep konsol rumahan.

Walaupun kamu sedang tidak berada di rumah, namun kamu tetap ingin bermain bersama teman, kamu tinggal meletakan Switch-mu, mencopot controllernya, dan bermain bersama teman-teman. Hal itu tidak mungkin dilakukan dengan konsol-konsol besar masa kini.

Hal-hal itulah yang membuat Nintendo Switch menonjol hingga saat ini.

8. Kumpulan gim Nintendo yang gak kalah keren

9 Alasan Kenapa Nintendo Switch Sukses di Pasar Handheldtrustedreviews.com

Karena tidak memiliki daya gebrak sekuat konsol lain, Nintendo Switch mengemban tugas besar untuk tetap memuaskan para pelanggannya dengan sejumlah gim eksklusif.

Salah satu gim eksklusif Switch yang hadir tepat saat Switch dikeluarkan (juga rilis untuk Wii U), "The Legend of Zelda: Breath of the Wild", menggaet berbagai penghargaan "Game of the Year" pada 2017 hingga 2018. Bahkan, Metacritic mengapresiasi gim ini sebagai "Video Game of the Decade".

Di tahun yang sama, kemudian Nintendo Switch juga mengeluarkan Super Mario Odyssey pada Oktober 2017. Hal ini adalah pertama kalinya gim yang menampilkan Mario dan Zelda rilis di tahun yang sama.

Tidak puas dengan kedua gim ini? Maka Nintendo Switch merilis Pokemon Sword and Shield, gim Pokemon generasi ke-8 pada November 2019.

9. Jadwal rilis gim yang tepat

9 Alasan Kenapa Nintendo Switch Sukses di Pasar Handheldreddit.com

Setelah mengetahui gim-gim eksklusif Switch tadi, kamu mungkin berpikir,

Masa hanya karena gim saja?

Betul, Switch tidak memenangkan pertarungan konsol hanya dengan gim eksklusif saja. Karena, kalau begitu, PlayStation sudah menang dengan God of War-nya.

Apakah karena sistemnya? Tidak juga. Switch memiliki beberapa kekurangan pada tampilan antarmukanya yang cukup fatal jika disandingkan dengan kompetitornya.

Lalu? Apakah faktor terakhir yang membuat Switch laris manis seperti kacang goreng?

Tentu saja, karena eksekusi jadwal rilis gimnya yang tepat.

Saat diluncurkan pada Maret 2017, satu-satunya gim yang menemani Switch adalah Zelda. Lalu kemudian gim remastered seperti Mario Kart 8 Deluxe dan beberapa gim mulai berdatangan. Beberapa bulan setelah rilisnya, Switch telah mengemas puluhan gim baru.

Perhatikanlah! Jika kamu menjabarkan jadwal rilis gimnya pada 2017, maka beginilah eksekusinya:

  • Maret – The Legend of Zelda: Breath of the Wild
  • April – Mario Kart 8 Deluxe
  • Mei – Minecraft Switch Edition
  • Juni – ARMS
  • Juli – Splatoon 2
  • Agustus – Mario + Rabbids Kingdom Battle
  • September – Pokken Tournament DX
  • Oktober – Super Mario Odyssey
  • November/Desember – Xenoblade Chronicles 2

Switch hampir memasok gim baru setiap bulan untuk para penggunanya, sehingga mereka tidak bosan. Ditambah lagi, beberapa gim indie dan gim pihak ke-3 yang ikut meramaikan keanekaragaman gim Switch. Jadi, jika ada yang bilang:

"Ah, Switch mah gim-nya sedikit!"

Kasih dia main, nanti juga ketagihan sendiri.

9 Alasan Kenapa Nintendo Switch Sukses di Pasar Handheldtenor.com

Begitulah faktor-faktor di belakang kesuksesan Switch yang dirilis hampir tiga tahun lalu. Apakah kamu bangga memiliki Switch sekarang?

Baca Juga: Ratusan Juta, Ini 7 Game Nintendo Paling Langka dengan Harga Fantastis

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya