TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Rayakan Hari Mario, Ini 9 Fakta Unik Tokoh Game Paling Populer Sedunia

Pasti kamu gak tahu kalau namanya dulu bukan Mario

IDN Times/Sukma Shakti

Super Mario sudah menjadi nama yang tak asing di telinga. Karakter tukang ledeng bertopi merah dan berkumis lebat itu selalu menjadi pikiran yang terlintas pertama ketika disuruh menyebutkan salah satu karakter ikonik video game. Alasannya mudah: karena dia begitu berkarakter dan telah lama ada, bahkan lebih tua dari para remaja jaman sekarang.

Tanyakan ke seluruh orang di sekitarmu, 90 persen dari mereka pasti akan menjawab dan mengetahui Mario. Jadi bukan tanpa alasan jika Minggu lalu (10/3) menjadi hari perayaan Mario. Berikut ini adalah beberapa fakta unik dari Mario, sang ikon Nintendo, yang bisa kamu diketahui. Mamamiaaa~~

1. Nama pertamanya bukan Mario dan game pertamanya bukanlah Mario Bros

blog.sciencemuseum.org.uk

Mario diperkenalkan di game Donkey Kong, tapi namanya sendiri bukan Mario melainkan Jumpman, si manusia loncat. Profesinya pun bukan tukang ledeng, tapi tukang kayu. Menariknya, Mario juga pernah menjadi arkeolog, dokter dan pemilik perusahaan mainan.

2. Mario bukan tokoh baik ketika pertama kali diciptakan

techeblog.com

Ketika berada di game Donkey Kong pada 1981, memang pemain menjadi Mario untuk menyelamatkan pacarnya. Namun itu bukan tanpa alasan. Donkey Kong menculik pacar Mario gara-gara Mario tidak benar dalam merawat dan memelihara gorila itu.

3. Nama Mario diambil dari nama pemilik gedung kantor Nintendo di Amerika

newsbeezer.com

Aslinya adalah Mario Segale, nama pemilik gedung kantor Nintendo Amerika. Pernah suatu hari dirinya masuk ke perusahaan dan menyela rapat untuk menagih pembayaran gedung yang sudah telat.

Baca Juga: Tokoh Inspirasi Game Super Mario Tutup Usia

4. Pakai topi dan kumis untuk memudahkan desainer menggambarnya

funidelia.com

Shigeru Miyamoto membuat Mario menggunakan topi agar gampang digambar. Dia kesusahan jika harus membuat gambar rambut. Selain itu Mario diberi kumis karena lebih mudah dilhat di game ketimbang gambar mulut akibat resolusinya yang rendah di kala itu.

5. Nama belakang Mario sama dengan nama depannya

kisspng.com

Mario dan Luigi dikenal sebagai Mario Brothers atau dua bersaudara Mario. Jika diperhatikan secara budaya Amerika, itu artinya nama belakang Mario sendiri adalah Mario sehingga nama panjangnya adalah Mario Mario.

6. Punya saingan dengan nama Wario

fanbyte.com

Rival Mario sendiri diberi nama Wario. Dalam bahasa Jepang, huruf Wa yang diambil dari kata Warui itu berasal dari kata warui yang berarti jahat. Itu juga berlaku untuk rival Luigi yang namanya adalah Waluigi.

7. Putri Peach bukan satu-satunya wanita yang pernah menjalin asmara dengan Mario

blog.sciencemuseum.org.uk

Di game pertama Donkey Kong, wanita yang diselamatkan Mario bukanlah putri Peach, melainkan wanita lain yang bernama Pauline. Pauline kembali hadir di game remake Donkey Kong yang dirilis untuk Nintendo, namun oleh Mario di-friend zone-kan.

8. Mario merupakan salah satu pendonasi terbesar ke Nintendo

guff.com

Seorang diri, Mario telah hadir di lebih dari 200 game hingga sekarang dan menjual lebih dari 195 juta unit game seri Mario sendiri. Tukang ledeng Itali itu juga memiliki acara kartun sendiri. Untuk seri Super Mario Bros 3, game tersebut berhasil meraup keuntungan hingga US$500 juta di Amerika, atau sekitar Rp7,1 triliun.

Baca Juga: 7 Fakta dan Rahasia Super Mario yang Pasti Belum Kamu Ketahui

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya