Comscore Tracker

5 Hero Game MOBA Populer yang Sulit Dipakai 

Perlu jam terbang tinggi untuk jadi jago

Game MOBA adalah genre game yang mengajak para player untuk beradu strategi di dalam sebuah arena menggunakan berbagai macam hero tertentu. Dalam game MOBA, biasanya hero yang tersedia telah dibagi dalam berbagai macam jenis role agar penggunaan hero tersebut dapat semakin maksimal. Tak terbatas pada pembagian role saja, setiap hero yang ada dalam game MOBA juga punya tingkat kesulitannya masing-masing agar dapat membantu para player untuk mempelajari hero tersebut dengan baik.

Sayangnya, tak semua hero MOBA dapat mudah digunakan oleh para player. Ada beberapa hero terkenal dari game-game MOBA populer yang mempunyai tingkat kesulitan tertinggi sehingga memerlukan jam terbang yang cukup tinggi agar bisa mahir menggunakannya. Siapa saja hero tersebut? Simak list-listnya berikut ini: 

1. Invoker - DOTA 2

https://www.youtube.com/embed/fTXgAN6gQW8

Invoker adalah hero dari Dota 2 yang berposisi sebagai mid laner. Hero ini sangat kompleks karena memiliki skill dan variasi combo yang sangat banyak.

Secara umum, skill dasarnya terbagi menjadi empat, yaitu Quas, Wex, Exort, dan Invoke. Dari keempat skill dasar tersbeut, kamu perlu mengombinasi tiga dari empat skill tersebut, yaitu Quas, Wex, dan Exort. Kombinasi dari skill tersebut dapat menciptakan variasi serangan pada musuh.

Adapun nama serangan tersebut adalah Tornado, Ghost Walk, Ice Wall, Alacrity, Sunstrike, dan lain-lain. Tak mengherankan apabila hero ini tergolong sulit digunakan karena kamu harus menghapal banyak combo dari skill dasarnya sekaligus memiliki kelincahan tangan yang baik serta kecermatan yang tinggi dalam mengamati situasi saat war berlangsung agar kamu dapat mengeluarkan segala macam skillnya di saat yang tepat. 

2. Lee Sin - League of Legends

https://www.youtube.com/embed/jESBdGcmZA0

Lee Sin adalah hero yang berposisi sebagai jungler dalam League of Legends. Hero ini sulit digunakan karena user Lee Sin harus punya mental "high risk, high reward" sekaligus punya eksekusi mekanik yang cepat dan timing yang tepat.

Lee Sin mempunyai 7 skill aktif. Adapun ketujuh skill aktif tersebut adalah Sonic Wave, Resonating Strike, Safeguard, Iron Will, Tempest, Cripple, dan Dragon's Rage. Tuntutan kamu ketika menggunakan Lee Sin adalah kamu harus berani menculik hero carry musuh yang biasanya berada di posisi backline. Sedikit saja kamu telat menggunakan skill atau melakukan gank dengan timing yang tidak tepat dapat membuat rencana kamu untuk menculik carry musuh jadi berantakan. 

3. Chou - Mobile Legends

https://www.youtube.com/embed/5tIH3vi-sSQ

Chou adalah hero Mobile Legends yang berposisi sebagai fighter. Kesulitan kamu dalam menggunakan hero ini adalah kamu harus menghapal banyak variasi combo sekaligus mengeksekusi combo yang tepat agar dapat menculik carry musuh dari berbagai sudut tertentu secara cepat. Belum lagi, kamu harus memperhatikan timing secara tepat agar rencanamu dalam menculik hero musuh berhasil. 

Chou mempunyai tiga skill aktif, yaitu Jeet Kune Do, Shunpo, dan The Way of Dragon. Jeet Kune Do dapat kamu gunakan sebanyak tiga kali, sedangkan The Way of Dragon dapat kamu gunakan sebanyak dua kali. Salah satu skill penting yang harus kamu perhatikan adalah skill ultimate dari Chou, yaitu The Way of Dragon. Skill ultimate ini harus dapat kamu gunakan secara maksimal agar musuh yang ditendang selalu mengarah ke timmu atau ke arah tertentu yang menyulitkan musuhmu untuk kabur. Salah arah tendangan dapat membuat mangsamu lari begitu saja. Itulah kenapa kamu perlu banyak latihan sebelum menggunakan hero ini. 

Baca Juga: 6 Hero Support DOTA 2 yang Masih Asik Untuk Dimainkan

4. Morphling - DOTA 2

https://www.youtube.com/embed/RtRacaCRS5w

Morphling adalah hero Dota 2 yang dapat dimainkan sebagai carry dan mid. Hero ini dikenal oleh komunitas sebagai hero dengan durabilitas tinggi dan damage yang besar. 

Morphling mempunyai 6 skill aktif, yaitu Waveform, Adaptive Strike versi Strength, Adaptive Strike versi Agility, Attribute Shift versi Strength, Attribue Shift versi Agility, dan Morph. Skill yang dimiliki Morphling dapat memberikan kamu kebebasan untuk menambah kekuatan serangan, meningkatkan kekuatan pertahanan, atau menyamar jadi musuh agar dapat menggunakan skill mereka.

Namun sayangnya, Morphling sangat bergantung pada item ditambah dengan kemampuan farm yang tak begitu cepat dibanding hero carry yang lain. Juga, kamu harus punya decision making yang baik untuk menggunakan hero ini sekaligus mekanik yang mumpuni agar dapat memberikan damage yang besar kepada musuh atau mengetahui skill hero musuh yang kamu hadapi agar kamu dapat memakai skill dari musuh tersebut untuk menyerang balik. 

5. Genji - OVERWATCH

https://www.youtube.com/embed/DwdNd5EYQkE

Genji adalah hero dari Overwatch yang berposisi sebagai damage. Genji adalah seorang ninja yang menggunakan pedang dan Shuriken untuk melawan musuhnya.

Genji menggunakan peluru berupa Shuriken. Dia dibekali dengan 3 skill aktif yaitu Swift Strike, Deflect, dan Dragon Blade. Kesulitan dalam menggunakan hero ini terletak pada kecermatan kamu dalam menembakkan Shuriken darinya karena kamu harus teliti memperkirakan arah gerakan dari musuh serta lincah dalam menggunakan pedangnya pada pertarungan jarak dekat karena skill pedangnya sangat berguna untuk mengeksekusi musuh yang sudah sekarat. 

Setiap game MOBA pasti akan ada hero dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Meski punya tingkat kesulitan yang kompleks, tapi mereka juga dibekali dengan skill luar biasa yang bisa memberikan keuntungan yang besar kepada tim selama pertandingan agar dapat menang dengan mudah. 

Baca Juga: 7 Hero DOTA 2 yang Tidak Pernah Kehilangan Peminatnya, Laris!

Andra Setiawan Weltofa Photo Verified Writer Andra Setiawan Weltofa

Penulis artikel bermanfaat anti-boring! / E-mail: andrasweltofa@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya