Comscore Tracker

5 Mindset Ini Harus Kamu Terapkan Biar Gak Boncos Saat Main Game

Bukannya untung, malah buntung

Kemajuan teknologi membawa perubahan yang cukup besar dalam industri game, salah satunya adalah fitur Non-fungible token (NFT) dan Real Money Trading (RMT). Hal ini membawa kamu pada perbedaan konsep dalam bermain game, yang mana dari awalnya hanya untuk bersenang-senang, menjadi bermain game biar cuan.

Meski sangat menggiurkan, hanya dengan bermain game kamu bisa mendapat uang, bukan berarti bisa dengan bebas begitu saja, ada berbagai macam risiko yang harus kamu pahami dengan baik agar tidak rugi dalam jumlah yang banyak.

Sedikitnya ada lima mindset bermain game yang harus kamu terapkan biar gak boncos saat bermain game dalam platform manapun, baik PC maupun mobile. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan berikut ini.

1. Jangan samakan Pay to Win (P2W) dengan Free to Play (F2P)

5 Mindset Ini Harus Kamu Terapkan Biar Gak Boncos Saat Main Gameilustrasi bermain video game (pexels.com/RODNAE Productions)

Ketertarikan kita terhadap game yang menghasilkan cuan biasanya terjadi karena melihat orang yang sudah sangat berhasil dalam ranah tersebut, terutama di media sosial. Namun, jangan samakan antara P2W dan F2P,  antara yang menggunakan modal dan yang tidak.

Dasarnya, orang yang P2W memiliki kemudahan dalam menghasilkan cuan, dia memiliki perkembangan yang sangat cepat dalam perihal equip dan sejenisnya. Sedangkan bagi F2P, harus ada proses dari awal yang tentunya membutuhkan waktu dan kesabaran.

Tidak ada yang mengatakan bahwa F2P tidak akan berhasil, hanya saja mindset yang harus dibangun adalah mencari cuan dari game itu bukan hal mudah. Kamu butuh kerja keras dan kesabaran yang ekstra agar bisa mendapatkan cuan secara maksimal.

Baca Juga: Buktikan Keberanianmu dengan Bermain 5 Game Survival Ini

2. Keuntungan dari bermain game kebanyakan hanya hype di awal-awal

5 Mindset Ini Harus Kamu Terapkan Biar Gak Boncos Saat Main Gameilustrasi semangat bermain video game (pexels.com/RODNAE Productions)

Banyak game cuan yang memang sudah terbukti, namun banyak juga game yang hanya hype di awal-awal saja tapi setelah diikuti justru gak cuan sama sekali. Di sini, kamu harus mengatur strategi untuk mencari peluang demi peluang demi mendapatkan cuan yang stabil.

Hal ini terjadi karena semakin lama game tersebut dimainkan, maka perlengkapan atau peralatan dari game tersebut sudah mendekati maksimal. Beberapa game bahkan tidak mampu bertahan lama karena ketersediaan koin atau mata uang game yang melimpah, namun sedikit yang membeli.

3. Main game cuan gak bikin cepat kaya secara instan

5 Mindset Ini Harus Kamu Terapkan Biar Gak Boncos Saat Main Gameilustrasi bermain video game (pexels.com/RODNAE Productions)

Beberapa jenis game memang bisa menghasilkan cuan yang sangat besar, bahkan melebihi ekspektasimu saat bermain. Namun, bukan berarti bermain game cuan bisa membuat kamu kaya secara instan.

Kenyataannya, kamu membutuhkan modal yang tidak sedikit untuk bisa menghasilkan lebih banyak lagi. Namun, selalu ada risiko di balik itu semua, kamu gak bisa sembarangan menggunakan uang yang begitu banyak, pastikan juga bahwa game itu tidak terikat dengan segala jenis perjudian, ya.

4. Gunakan uang hasil dari game cuan untuk kepentingan ke depannya

5 Mindset Ini Harus Kamu Terapkan Biar Gak Boncos Saat Main Gameilustrasi investasi (pexels.com/Liza Summer)

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, hype dari sebuah game cuan cenderung tidak terlalu lama. Dalam hal ini, hasil cuan yang kamu dapat harus digunakan dengan sebaik-baiknya, khususnya untuk langkah kamu ke depannya.

Jangan gunakan uang tersebut untuk berfoya-foya hanya karena nominalnya cukup besar, biasakan untuk menabung atau berinvestasi untuk mendapatkan penghasilan yang lebih dari sebelumnya.

5. Jangan simpan token game terlalu lama, apalagi tanpa punya keahlian analisis sama sekali

5 Mindset Ini Harus Kamu Terapkan Biar Gak Boncos Saat Main Gameilustrasi bermain video game (pexels.com/RODNAE Productions)

Semakin lama kamu memainkan game tersebut, penghasilan yang didapat biasanya akan menurun. Meski selalu ada event atau acara tertentu yang bisa membuat harga naik, tentu kamu harus punya keahlian analisis yang baik.

Intinya, jangan menyimpan mata uang atau koin terlalu lama. Apalagi kamu benar-benar pemula dalam hal tersebut. Lebih baik jual di saat harga yang cukup tinggi, jangan melewatkan kesempatan yang gak datang dua kali. Mungkin kamu berharap bahwa harga koin atau token akan semakin tinggi, namun risiko yang harus kamu terima adalah kehilangan momentum. 

Kesimpulannya, bermain game memang cukup menggiurkan bagi sebagian orang. Apalagi melihat orang lain sukses hanya dengan bermain game saja. Namun, pastikan kamu menerapkan mindset bermain game seperti kelima poin di atas, apalagi untuk seorang pemula yang baru terjun di dunia NFT maupun RMT.

Baca Juga: 5 HP Rp3 Juta-an Terbaik untuk Bermain Game PUBG Mobile, Auto Win! 

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya