Comscore Tracker

Yuk, Intip 5 Kota Fiksional Paling Seru & Keren yang Ada di Video Game

#PANJATPOIN Andaikan aja ada di dunia nyata ya...

Sementara sejumlah kota fiksional pada video game tidak terlalu baik jika ada di dunia nyata, beberapa di antaranya terbilang sangat bagus dan menakjubkan, ketika kita sebagai gamers mengunjunginya lewat video game. Bagi sebagian besar developer diluar sana, kota fiksional menjadi pilihan yang pas untuk diimplementasikan kedalam game mereka.

Open-world dan RPG, menjadi beberapa dari banyaknya genre yang sering mengadopsi kota fiksional sebagai latar tempat utama. Seiring berkembangnya teknologi, kota-kota fiksi tersebut juga mengalami kemajuan di segala sisi, termasuk kualitas penggambarannya. Nah, maka dari itu, di sini kami akan membagikan info terkait 5 kota fiksional paling menakjubkan yang ada di video game. Berikut ulasannya!

1. Columbia - Bioshock Infinite

Yuk, Intip 5 Kota Fiksional Paling Seru & Keren yang Ada di Video Gamenytimes.com

Columbia merupakan sebuah kota mengapung yang ada pada Bioshock Infinite. Kota yang satu ini memiliki lingkungan yang luar biasa menarik dan penuh misteri. Dengan nuansa Amerika diawal tahun 1910-an, Columbia menawarkan banyak sekali hal yang bisa dilakukan, dan beberapa diantaranya mencakup mekanisme gameplay dari Bioshock Infinite itu sendiri.

Salah satunya adalah Sky-Line yang merupakan sebuah rel mengambang yang saling terkait dengan beberapa area di sekitaran kota Columbia. Keberadaan Sky-Line ini memungkinkan karakter utama pemain yaitu Booker De-Witt, melakukan ekspedisi melintasi awan untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain. Meski tidak sebagus Rapture yang ada di dua seri awal Bioshock, Columbia tetap menjadi salah satu kota fiksional yang dicintai dan diinginkan kehadirannya di dunia nyata.

2. Dunwall - Dishonored

Yuk, Intip 5 Kota Fiksional Paling Seru & Keren yang Ada di Video Gamesegmentnext.com

Seri pertama Dishonored mengambil banyak inspirasi dari game Thief yang memiliki genre serupa. Salah satu inspirasi tersebut adalah kota fiksionalnya yang menarik untuk dijelajahi. Sejauh ini, franchise Dishonored memiliki dua kota besar yang sangat menarik yaitu Karnaca pada Dishonored 2 dan Dunwall pada Dishonored pertama. Jika dibandingkan, Dunwall tetap menjadi yang terbaik.

Dunwall sendiri merupakan sebuah kota bergaya steampunk dengan nuansa yang cukup kelam. Diserang oleh wabah mematikan, Dunwall dipenuhi dengan kekacauan dan juga tikus-tikus rakus yang siap memakan siapapun. Pemerintahan dan juga kualitas rakyat yang ada di Dunwall juga dibagi menjadi dua kelas yaitu kaya dan miskin. Meski terkesan kota yang gelap dan penuh penyakit, Dunwall tetap menjadi kota yang unik dan menarik untuk dijelajahi.

Baca Juga: 5 Video Game Terbaru Siap Rilis yang Tidak Diketahui Banyak Orang

3. Los Santos - Grand Theft Auto Series

Yuk, Intip 5 Kota Fiksional Paling Seru & Keren yang Ada di Video Gamegrandtheftauto.net

Franchise Grand Theft Auto dikenal karena memiliki beberapa kota fiksional yang luar biasa menarik untuk dijelajahi. Sebut saja Liberty City yang menjadi salah satu kota paling ikonik sepanjang franchise, Vice City yang mengambil inspirasi dari kota Miami dengan pantainya yang eksotis atau Las Venturas yang memiliki penampilan seperti Las Vegas dengan segala bentuk judi dan permainan uangnya. Akan tetapi, dari ketiga kota tersebut, Los Santos tetap jadi yang nomer satu.

Los Santos terasa luar biasa karena lingkungan yang ditawarkan benar-benar seperti kota pada umumnya di dunia nyata. Los Santos benar-benar kota yang hidup, bersama dengan keragaman warganya yang seakan memiliki rutinitas sehari-hari. Selain itu, Los Santos juga merupakan kota yang besar dengan beragam aktivitas unik yang bisa dilakukan didalamnya. Transisi Los Santos dari GTA SA ke GTA V bisa dibilang merupakan salah satu langkah terbaik yang pernah dilakukan Rockstar sepanjang franchise GTA.

4. Gotham - Batman Arkham Series

Yuk, Intip 5 Kota Fiksional Paling Seru & Keren yang Ada di Video Game'gamerant.com

Gotham sendiri merupakan kota fiksi yang ada di semesta Batman milik DC yang sejauh ini sudah muncul di beberapa judul game, seperti Injustice dan LEGO Batman. Akan tetapi, kualitas paling mengesankan dari Gotham sendiri, hadir pada Arkham Series karya Rocksteady Studios. Di setiap seri Arkham, Gotham selalu menjadi kota yang digunakan dan selalu dibangun semenarik mungkin agar bisa menawarkan pengalaman yang imersif ketika menjelajahinya.

Jika dibandingkan dengan dua seri awal dari Arkham, Arkham Knight menjadi seri yang paling baik dalam menggambarkan kota Gotham itu sendiri. Nuansa kelam dan sering hujan, yang dibumbui dengan tingkat kriminalitas yang tinggi didalamnya, membuat kondisi Gotham yang selama ini dikenal gelap, menjadi lebih gelap. Jika ada satu alasan kenapa kalian harus membeli Batman: Arkham Knight, maka Gotham menjadi alasannya.

5. Raccoon City - Resident Evil Series

Yuk, Intip 5 Kota Fiksional Paling Seru & Keren yang Ada di Video Gamecapcom.wikia.com

Raccoon City menjadi salah satu kota fiksional paling menyeramkan sekaligus paling ikonik sepanjang sejarah video game. Muncul pada franchise Resident Evil, Raccoon City menjadi markas dari Umbrella Corps - sebuah perusahaan farmasi yang mampu mengubah manusia menjadi zombie haus darah. Maka dari itu, tak mengherankan apabila setiap seri dari RE yang menggunakan Raccoon City sebagai latar tempat utamanya, selalu dikelilingi oleh ribuan zombie.

Pada dasarnya, Raccoon City merupakan sebuah kota yang dijalankan oleh Umbrella Corps. Jadi setiap hal yang ada dikota tersebut mulai dari warga hingga kepolisian, kesemuanya merupakan anak buah dari Umbrella Corps. Nah, jika kalian merupakan gamers yang rindu akan nuansa Raccoon City yang menyeramkan, maka kalian patut berbahagia. Sebab, tahun 2019 mendatang, Capcom akan merilis versi remake dari Resident Evil 2 yang menggunakan Raccoon City sebagai basis atau latar tempat utamanya.

Kalian sendiri, paling mengimpikan berada di kota fiksional yang mana? Apa yang ingin kamu lakukan jika kamu benar-benar berada di kota itu? Share pendapatmu di kolom komentar ya!

Baca Juga: Ternyata 7 Teknologi Ini Pernah Diprediksikan dalam Film Fiksi Ilmiah Lho!

Arif Gunawan Photo Verified Writer Arif Gunawan

Noob Tech Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya