Comscore Tracker

Red Dead Redemption 2 Jadi Game Open-World Terbaik? Ini 5 Alasannya

Udah pada main belum?

Semenjak kemunculan franchise awal dari Grand Theft Auto, setelahnya, Rockstar selalu rutin untuk menciptakan game bertema open-world. Luar biasanya, sebagian besar atau mungkin kesemua game open-world mereka, berakhir sukses dan diterima dengan sangat baik oleh para pemain. Nah, tradisi ini, kembali mereka lanjutkan pada Red Dead Redemption 2 yang baru saja dirilis beberapa minggu yang lalu.

Sebagai sebuah game AAA berlabel next-gen, RDR 2 menawarkan banyak hal baru yang tidak hanya luar biasa di sisi kualitas, namun juga kuantitas. Oleh karena itu, disini IDN Times telah merangkum 5 alasan kenapa Red Dead Redemption 2 pantas disebut sebagai game open-world terbaik untuk generasi saat ini. Berikut ulasannya.

1. Detail kecil membuat segalanya jadi lebih nyata

Red Dead Redemption 2 Jadi Game Open-World Terbaik? Ini 5 Alasannyapolygon.com

Salah satu hal paling mengesankan dari RDR 2 adalah kualitas atau tingkat detail yang dimilikinya. Bahkan, detail terkecil pun sangat diperhatikan oleh Rockstar, mulai dari testis kuda yang mampu mengerut ketika musim dingin hingga pakaian Arthur sang karakter utama, yang mampu basah dan kotor ketika terjatuh atau terkena air.

Tak sampai disitu saja, setiap tindakan yang kalian lakukan, akan langsung berdampak terhadap kehidupan orang-orang di sekitar kalian. Seperti contoh, ketika kalian membunuh salah satu NPC, maka keluarga dari NPC tersebut, mampu memburu dan membalas dendam kepada kalian. Sangat luar biasa, bukan? 

2. Kualitas grafis benar-benar ‘mindblowing’

Red Dead Redemption 2 Jadi Game Open-World Terbaik? Ini 5 Alasannyaattackofthefanboy.com

Apa yang berusaha Rockstar tawarkan melalui kualitas visual atau grafis pada RDR 2 benar-benar melampaui apa yang diharapkan. Untuk sebuah game yang berjalan di konsol current-gen, RDR 2 terbilang mendorong batas mutlak dari kekuatan suatu konsol. Mulai dari karakter, lingkungan, satwa hingga jarak pandang, benar-benar dibuat dengan sangat menakjubkan.

Satu yang patut diapresisasi dari kualitas visual RDR 2 adalah bagaimana pencahayaan yang ada, dibuat dengan sangat hidup. Sejauh ini, belum ada satu pun video game diluar sana, yang mampu menyamai atau mungkin mengalahkan kualitas pencahayaan dari RDR 2. Satu kata, gila!

3. Mekanisme percakapan dibuat dengan sangat unik

Red Dead Redemption 2 Jadi Game Open-World Terbaik? Ini 5 Alasannyapolygon.com

Melalui cara yang hampir sama seperti yang Rockstar tawarkan pada Bully di masa lalu, RDR 2 juga menggunakan mekanisme percakapan unik dimana pemain bisa melakukan cacian atau pujian, terhadap setiap NPC yang ada. Hampir semua NPC yang pemain temui, mampu diajak berinteraksi dan di mintai pendapat.

Bahkan, beberapa diantaranya mampu bereaksi secara realistis terhadap apa yang dikatakan oleh sang karakter utama, Arthur. Lewat fitur ini, tentu saja terdapat ratusan percakapan unik yang menarik untuk didengar dan disimak.

Baca Juga: 7 Game Open World PS4 yang Paling Ditunggu di 2018

4. Kustomisasi dibuat dengan serinci mungkin

Red Dead Redemption 2 Jadi Game Open-World Terbaik? Ini 5 Alasannyagamespot.com

Dari sekian banyaknya fitur menarik pada RDR 2, kustomisasi menjadi salah satu yang paling mengesankan. Tentu saja, bagian paling menarik dari kustomisasi dari RDR 2 ada pada pemilihan pakaian. Selain memiliki jumlah pilihan yang luar biasa banyak dan spesifik, terdapat pula kustomisasi detail yang terbilang cukup keren.

Hampir keseluruhan bagian dari pakaian hingga anggota tubuh Arthur, dapat dikustomisasi dan disesuaikan. Dan satu lagi, senjata pada RDR 2 juga menawarkan banyak opsi kustomisasi yang membuatnya menjadi lebih unik.

5. Dunia terbuka yang super luas dan variatif

Red Dead Redemption 2 Jadi Game Open-World Terbaik? Ini 5 Alasannyagamerant.com

Tangan dingin Rockstar kembali berhasil meracik dunia terbaik yang super luas dan variatif pada RDR 2. Sah untuk menyebut bahwa setiap inci atau bagian dari dunia pada RDR 2, sangat menarik untuk dijelajahi. Jumlah variasinya pun juga beragam dan dibuat lewat cara yang mengesankan.

Mulai dari gunung bersalju, kawasan hutan yang dipenuhi dengan satwa buas hingga daerah perkotaan yang dilengkapi dengan aktivitas industri, menjadi beberapa dari banyaknya variasi wilayah pada RDR 2. Menakjubkan rasanya ketika melihat bagaimana dunia pada RDR 2 dibangun dengan banyak kehidupan di atasnya.

Demikian tadi rangkuman mengenai 5 alasan kenapa Red Red Redemption 2 pantas disebut sebagai game open-world terbaik untuk generasi saat ini. RDR 2 sendiri sejauh ini baru dirilis untuk PS4 dan Xbox One. Belum ada kepastian lebih lanjut mengenai apakah game ini akan dirilis untuk PC atau tidak. Jadi, kita tunggu saja!

Baca Juga: 5 Game Open-World yang Lebih Keren Ketimbang GTA V

Arif Gunawan Photo Verified Writer Arif Gunawan

Noob Tech Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya