Comscore Tracker

7 Fitur dan Teknologi Baru yang Dikonfirmasi Hadir di Xbox Series X

Diklaim lebih kuat dari Playstation 5!

Apa yang sebelumnya dikenal sebagai Xbox Scarlett, kini telah dikonfirmasi oleh Microsoft akan bernama resmi Xbox Series X. Dengan desain unik ala PC-tower, Xbox Series X akan menjadi konsol terkuat di planet, dengan Microsoft mengklaim bahwa kekuatannya dua kali Xbox One X dan empat kali lebih kuat dari Xbox One standar.

Nah, sembari menunggu perilisannya yang telah ditetapkan di sekitar akhir tahun ini, berikut IDN Times telah rangkum 7 fitur dan teknologi baru yang dikonfirmasi hadir di Xbox Series X. Check it out!

1. Mendukung backward-compability untuk Xbox, Xbox 360 dan Xbox One

7 Fitur dan Teknologi Baru yang Dikonfirmasi Hadir di Xbox Series Xvamers.com

Mengikuti langkah yang sebelumnya dibuat oleh Xbox One, Xbox Series X dikonfirmasi akan mendukung backward-compability untuk Xbox original, Xbox 360 dan Xbox One. Bagi yang belum tahu, backward-compability merupakan fitur yang memungkinkan sebuah konsol untuk memainkan berbagai game dari konsol yang lebih lawas.

Menariknya, fitur ini juga meningkatkan kualitas dari game itu sendiri, seperti resolusi yang lebih tinggi atau rendering tambahan untuk visual yang lebih baik. Di titik ini, Xbox Series X bisa dibilang mengungguli Playstation 5.  

2. 4K sebagai standar, dengan dukungan 8K dan 120fps

7 Fitur dan Teknologi Baru yang Dikonfirmasi Hadir di Xbox Series Xtechradar.com

Frame-rate atau fps merupakan komponen sentral bagi sebuah konsol, di mana fitur ini menentukan bagaimana pemain bisa menikmati game favorit mereka secara maksimal. Menanggapi hal ini, melalui Xbox Series X, Microsoft membawa dukungan 120fps.

Tidak hanya itu saja, berkat perangkat keras terbaru dan kekuatan pemrosesan 12 teraflops, Xbox Series X akan menggunakan 4K sebagai resolusi standar, dengan dukungan resolusi yang lebih baik di 8K. Microsoft jelas sedang merencanakan masa depan, dan masa depan itu pada akhirnya akan menjadi 8K.

3. Waktu loading yang lebih minim

7 Fitur dan Teknologi Baru yang Dikonfirmasi Hadir di Xbox Series Xgameranx.com

Konsol generasi terbaru, baik Playstation 5 maupun Xbox Series X, dikonfirmasi akan menggunakan solid-state drive atau SSD sebagai media penyimpanan utama. Kepada Gamespot, wakil presiden direktur game Microsoft – Phil Spencer, mengatakan bahwa timnya di Xbox tengah berusaha untuk mengeliminasi sebanyak mungkin waktu loading yang dibutuhkan di dalam game. Meski tidak ada contoh yang diberikan, sebagai perbandingan, PS5 telah menunjukkan kekuatan SSD lewat game Spider-Man, dengan waktu loading yang awalnya 8,1 detik di PS4, menjadi 0,8 detik di PS5.

Baca Juga: 7 Game Eksklusif Xbox One Paling Seru Tahun 2019, Bikin Main Seharian

4. Lebih kuat dari Playstation 5

7 Fitur dan Teknologi Baru yang Dikonfirmasi Hadir di Xbox Series Xign.com

Sony telah ‘mengungkap’ Playstation 5 melalui beberapa wawancara dengan Wired – bukan lewat showcase atau konferensi resmi – dan itu tidak begitu mengesankan. Spesifikasi yang akan diusung PS5 ternyata tidak sebaik Xbox Series. PS5 sendiri dikatakan memiliki kekuatan pemrosesan di angka 9,2 teraflops – melambung tinggi dari 1,84 teraflops di PS4.

Meskipun begitu, itu masih belum melampaui atau bahkan menyamai kekuatan Xbox Series X yang diklaim Microsoft berkekuatan 12 teraflops. Sekali lagi, di titik ini, Xbox Series unggul atas PS5.

5. Kontroler baru

7 Fitur dan Teknologi Baru yang Dikonfirmasi Hadir di Xbox Series Xusatoday.com

Seperti perang yang tidak pernah usai, di luar minat banyak gamer akan Dualshock 4 milik Playstation 4, bagi banyak gamer lain, kontroler Xbox One tetap yang terbaik. Ini bisa dibilang merupakan kontroler hebat yang telah melewati serangkaian penyempurnaan, yang di Xbox Series X, akan berevolusi menjadi lebih baik.

Di samping akan bisa digunakan di Windows dan mendukung backward-compability, kontroler Xbox Series X juga akan hadir dengan Elite D-pad “all in one” baru, bentuk yang lebih nyaman di genggaman dan tombol share khusus seperti yang ada di kontroler PS4/Switch.

6. Ukuran yang “ergonomis”

7 Fitur dan Teknologi Baru yang Dikonfirmasi Hadir di Xbox Series Xgamesradar.com

Dalam trailer resminya, Xbox Series X memang nampak besar, terlebih karena desainnya yang tinggi dan cukup tebal. Kendati demikian, kepala Xbox – Phil Spencer mengatakan kepada Gamespot bahwa konsol terbarunya itu memiliki ukuran yang ‘ergonomis’, dengan hanya tiga kali lebih tinggi dari kontroler Xbox One.

Ini menciptakan nilai jual menarik nan efektif lain, di mana pemain bisa ‘menyamarkan’ Xbox Series X di samping TV seperti sebuah speaker mahal. Di sisi lain, lewat penampilan ini, Xbox Series X jadi lebih menarik perhatian karena berbeda dengan konsol kebanyakan.

7. Fitur pendingin khusus

7 Fitur dan Teknologi Baru yang Dikonfirmasi Hadir di Xbox Series Xgamesradar.com

Pasca kasus ‘red-ring’ atau cincin merah mendera Xbox 360 di awal perilisannya, isu mengenai overheating terus dibicarakan di setiap konsol terbaru Xbox. Bagi yang belum tahu, red-ring merupakan bencana di mana komponen internal Xbox 360 mengalami panas berlebih dan akhirnya terbakar.

Seakan menampar banyak gamer yang terus membicarakan kasus itu, Microsoft membuat perbaikan mengejutkan di Xbox Series X. Lewat fitur pendingin khusus berupa fan besar di sisi atasnya, Xbox Series tidak hanya akan lebih dingin, namun juga lebih senyap seperti Xbox One X.

Demikian tadi ulasan menarik mengenai fitur dan teknologi baru yang dikonfirmasi hadir di Xbox Series X. Dari dua konsol generasi terbaru yaitu Playstation 5 dan Xbox Series X, mana yang paling kamu tunggu-tunggu?

Baca Juga: 7 Momen Terbaik dan Terburuk yang Xbox Alami dalam 10 Tahun Terakhir!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya