Comscore Tracker

7 Franchise Game Baru Paling Sukses dalam Satu Dekade Terakhir

Berhasil mengalahkan sejumlah franchise veteran

Industri video game bukanlah industri yang dengan mudah memberikan jalan untuk franchise baru. Akibatnya, awal tahun 2010, deretan game yang muncul mayoritas berasal dari franchise lawas yang sudah berjalan kurang atau lebih dari satu dekade sebelumnya.

Untungnya, ini tidak bertahan lama, karena bersamaan dengan peluncuran konsol baru yaitu Playstation 4 dan Xbox One di tahun 2013, sejumlah franchise baru ikut masuk. Sebagian besar di antaranya berakhir sukses dan melahirkan banyak seri baru. Apa saja itu?

1. Watch Dogs

7 Franchise Game Baru Paling Sukses dalam Satu Dekade Terakhirdigitaltrends.com

Watch Dogs memiliki kehidupan yang tidak begitu mulus ketika masuk ke dalam industri video game. Seri pertamanya menjadi salah satu game next-gen pertama, dengan visual memukau dan gameplay hacking unik, yang sayangnya berakhir kontroversial karena hasil finalnya yang terkesan ‘downgrade’. Untungnya, di seri keduanya yang dirilis beberapa tahun kemudian, Watch Dogs kembali dengan ‘menambal’ lubang masalah besar yang ada di seri pertamanya, sembari menawarkan kualitas gameplay, cerita dan visual yang jauh lebih baik.

2. Dishonored

7 Franchise Game Baru Paling Sukses dalam Satu Dekade Terakhirgameinformer.com

Arkane Studios menggemparkan industri video game pada tahun 2012 ketika merilis Dishonored – game stealth dengan kebebasan pemain sebagai salah satu nilai jual utamanya. Semua itu dibalut di dalam dunia alternatif steampunk yang indah dan visual ala kartun yang berbeda.

Tidak lama setelah itu, sekuelnya dirilis ke pasaran dan meningkatkan ‘pondasi’ yang sudah kuat, dengan memberikan pemain ‘tempat bermain’ yang lebih besar, kejam dan realistis. Belum diketahui apakah seri ketiganya akan dirilis atau tidak. Namun, dua game pertamanya sangat layak untuk dimainkan.

3. Metro

7 Franchise Game Baru Paling Sukses dalam Satu Dekade Terakhirpcgamesn.com

Franchise Metro mungkin tidak meraih kesuksesan yang begitu masif, namun tiga game utamanya memberikan pengalaman intens dengan cerita solid, yang tak tergantikan. Seri pertamanya – Metro 2033, tampil mempesona karena berani berbeda.

Sementara Last Light sebagai sekuelnya, lebih percaya diri lewat cerita yang lebih menarik dan dunia ‘metro’ yang memukau. Seri ketiga sekaligus yang terbaru – Exodus, mendorong Metro ke kualitas yang belum pernah dicapai sebelumnya dan membawa konsep dunia terbuka baru.

Baca Juga: 7 Game PS1 yang Masih Layak Dimainkan sampai Sekarang, Masih Main?

4. Titanfall

7 Franchise Game Baru Paling Sukses dalam Satu Dekade Terakhirea.com

Mengejutkan ketika melihat franchise semenarik Titanfall, tidak mendapat begitu banyak perhatian dari para gamer. Seri pertama jatuh ke dalam pelukan Microsoft dan berakhir sebagai game eksklusif untuk Xbox One.

Sementara seri keduanya, dirilis di saat yang bersamaan dengan perilisan Battlefield 1 dan Call Of Duty: Infinite Warfare, dan sebagai hasilnya, gagal meraih banyak pemain. Padahal, kedua game Titanfall menawarkan salah satu mode multiplayer terbaik dalam sedekade ini. Sekuelnya juga bahkan mendapatkan mode campaign yang dianggap sebagai yang terbaik di tahun perilisannya.

5. Forza Horizon

7 Franchise Game Baru Paling Sukses dalam Satu Dekade Terakhirpcgamesn.com

Forza Horizon dengan cepat mendominasi genre balap terlepas dari fakta bahwa ‘ia’ adalah franchise yang terhitung masih muda. Franchise utama Forza dimulai pada tahun 2005 dan Horizon muncul sebagai sub-series yang menawarkan pengalaman game balap yang sepenuhnya berbeda.

Alih-alih ‘terperangkap’ di dalam track sempit, Horizon keluar dari zona nyaman dengan memberikan dunia terbuka yang lebih bebas. Tidak hanya itu saja, perhatian yang sangat besar terhadap detail dan juga visual, membuat seri Horizon jadi makin dicintai lagi.

6. The Evil Within

7 Franchise Game Baru Paling Sukses dalam Satu Dekade Terakhirag.hyperxgaming.com

The Evil Within bisa dibilang merupakan game survival-horor terbaik dalam satu dekade terakhir, karena berhasil memadukan plot horor yang benar-benar kreatif dengan gameplay yang mendorong genre keluar dari zona nyaman. Seri pertamanya sangat solid dan menjadi titik awal dari kepercayaan diri TEW untuk menandingi berbagai game sejenis. Seri keduanya, yang awalnya sempat diragukan karena formula dunia terbuka yang dibawa, secara mengejutkan berhasil tampil baik, dengan desain level ‘bebas’ yang lebih mencekam dan intimidatif.

7. Destiny

7 Franchise Game Baru Paling Sukses dalam Satu Dekade Terakhirgamepur.com

Destiny punya masa lalu yang buruk, namun kini menjadi salah satu game multiplayer terbaik dengan jutaan pemain di seluruh dunia. Meski awalnya diluncurkan sebagai produk yang cukup mengecewakan, Bungie sebagai developer, melakukan upaya mengagumkan untuk meningkatkan kualitas Destiny melalui ekspansi dan pembaruan.

Masa depan Destiny juga nampak lebih cerah karena saat ini, Bungie telah resmi lepas dari Activison. Bungie sendiri berjanji untuk selalu mendengar permintaan penggemar dan terus mendukung Destiny lewat banyak ekspansi baru di masa depan.

Demikian tadi sedikit ulasan menarik mengenai franchise game baru paling sukses dalam satu dekade terakhir. Bagaimana tanggapan kamu? setuju dengan daftar di atas atau punya pendapat ‘franchise baru paling sukses’ sendiri?

Baca Juga: 7 Game Seru yang Ternyata Bisa Membuatmu Lebih Pintar, Coba Mainkan!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya