Comscore Tracker

8 Game Co-Op Terbaik 2020 dari 8 Genre Berbeda, Asyik untuk Mabar!

Co-op hadir di hampir semua genre

Game yang baik tidak hanya yang memiliki cerita menarik atau gameplay seru saja, namun juga fitur ekstra untuk bermain bersama seperti co-op. Lewat fitur ini, stereotip bahwa game merupakan kegiatan anti-sosial seakan dihempas begitu saja.

Co-op memungkinkan pemain untuk berbagi kemenangan bersama pemain lain, bertukar pikiran dalam menyelesaikan misi dan bahkan tidak menutup kemungkinan, membangun hubungan baik di kehidupan nyata.

Tidak hanya itu saja, hal lain yang membuat co-op luar biasa adalah fakta bahwa fitur ini tidak hanya terpaku di satu jenis genre saja. Berikut beberapa game co-op terbaik dari sejumlah genre berbeda.

1. Monster Hunter: World (Action RPG)

https://www.youtube.com/embed/OotQrKEqe94

Setelah bertahun-tahun, mode online untuk pasar global akhirnya menyambangi seri Monster Hunter lewat entri terbarunya – Monster Hunter World. MHW merupakan game tentang berburu monster, membuat peralatan dan mengoleksi hadiah.

Game garapan Capcom ini mengikuti formula yang sama dengan pendahulunya, namun dengan sistem matchmaking yang lebih intuitif untuk online co-op. Ini mendukung hingga empat pemain dalam tim dan tidak memiliki microtransactions.

2. Left 4 Dead 2 (First-Person Shooter)

https://www.youtube.com/embed/9XIle_kLHKU

Left 4 Dead 2 kembali dengan lebih banyak zombie. Dimainkan secara online co-op, sekuel dari Left 4 Dead ini merupakan game first-person shooter sensasional yang hadir untuk platform seperti PC, Mac dan Xbox 360.

Ini dikembangkan oleh Valve, perusahaan di balik game populer seperti Counter Strike: Global Offensive dan Half Life 2. Valve sendiri membenahi sejumlah masalah dengan membuat mode kooperatif yang lebih baik dan karakter manusia yang lebih bisa diterima.

3. Warframe (Looter-Shooter)

https://www.youtube.com/embed/MsbL8lFHrZI

Genre looter tidak sesepi dulu, dengan kini ada banyak game looter yang membanjiri pasar di berbagai platform. Meski nampak sederhana, looter bisa membedakan diri dengan Warframe sebagai contohnya, yang mengimplementasikan sistem loot yang berbeda kepada setiap pemain.

Loot berisi item unik dan sets yang dapat membantu perkembangan karakter pemain. Warframe sendiri merupakan game looter-shooter luar biasa berlatar dengan latar luar angkasa, di mana pemain bisa bepergian ke planet dan bulan, seperti Mars dan Phobos.

4. Cuphead (Run And Gun)

https://www.youtube.com/embed/KAriv93tzI0

Hanya ada sedikit game run and gun yang menakjubkan dan Cuphead salah satunya. Run and gun merupakan genre yang menonjol di era game tahun 80-an, yang sayangnya perlahan mulai menghilang. Untungnya, Cuphead mengembalikan genre klasik itu sembari menghidupkan visual kartun dari tahun 30-an.

Dengan aksi penuh, sangat disarankan untuk mengambil kontroler kedua dan bermain bersama. Dalam mode coop, Cuphead menggandakan nyawa bos untuk memberikan tantangan dua kali lipat.

Baca Juga: 7 Game Multiplayer Online PvP Terbaik untuk Android, Seru!

5. Diablo III (Hack And Slash)

https://www.youtube.com/embed/Q17FDfU7-ds

Hack and slash merupakan genre yang berkembang pesat. Game hack and slash pada awalnya hanya memiliki mode single-player, sampai Diablo II hadir dan memasukkan sistem online coop ke dalam genre.

Kemudian, Diablo III menyempurnakan sistem itu dengan memungkinkan pemain untuk bermain dengan 1-4 pemain, memberikan ruang untuk koordinasi tim. Ini berisi endgame yang panjang dan bikin ketagihan. Diablo III mungkin tidak memiliki server khusus seperti Diablo II, namun sistem matchmaking-nya jauh lebih baik.

6. A Way Out (Action-Adventure)

https://www.youtube.com/embed/VWvRa4D98Zg

Dari Hazelight Studios, A Way Out merupakan game yang memang diprioritaskan untuk dimainkan secara kooperatif, sama seperti Resident Evil 5. Game ini berisi kisah menarik yang dimulai dengan dua pria bernama Vincent Moretti dan Leonard Caruso di sebuah penjara.

Pemain memiliki misi untuk saling bahu membahu, mencari jalan keluar dari penjara dan menyelesaikan berbagai tujuan begitu bebas. Dengan cerita yang terus membuat pemain menebak-nebak, A Way Out jadi game action-adventure yang luar biasa.

7. Portal 2 (Puzzle-Platformer)

https://www.youtube.com/embed/ts-j0nFf2e0

Sejauh apapun genre puzzle-platformer berjalan, Portal 2 tidak dapat dimungkiri merupakan salah mahakarya terbaik yang lahir dari genre itu. Teka-teki yang diusung sangat menyenangkan untuk diselesaikan, dan Portal 2 menawarkan peningkatan signifikan dari pendahulunya.

Selain itu, ini juga berisi mode coop bagi pemain yang ingin menjajal pengalaman baru. Singkatnya, Portal 2 mengambil formula Portal pertama, menambahkan cerita yang lebih baik dan memberi kesempatan dua pemain untuk bermain bersama.

8. Gears 5 (Third-Person Shooter)

https://www.youtube.com/embed/SEpWlFfpEkU

Gears 5 menjadi bukti bahwa The Coalition selaku developer, mampu meneruskan kisah seri Gears Of War tanpa membuatnya basi. Mode campaign, versus dan horde-nya, semuanya bisa dimainkan secara kooperatif.

Gears 5 merupakan salah satu game paling mengagumkan Xbox semenjak diumumkan akan mendukung cross-platform dan backward compatible dengan Xbox Series X. Gameplay keseluruhan dari game ini sangat fantastis, dan tidak ada kata salah ketika sudah membeli dan memainkan game ini.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi beberapa game coop terbaik dari beberapa genre berbeda. Sederetan game di atas membuktikan bahwa coop tersedia dan bisa berjalan dengan baik di hampir semua genre.

Baca Juga: 7 Game Simulasi Terbaik 2020 Android, dari Penerbangan sampai Penjara

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya