Comscore Tracker

Lampaui Skyrim, Ini 7 Game yang Paling Banyak Di-porting

Tersedia di puluhan platform!

Video game merupakan salah satu bentuk media hiburan dengan segudang media untuk bermain. Mulai dari konsol, PC hingga perangkat mobile seperti HP dan tablet, game selalu punya “tempat” atau platform untuk bersinar dan memberikan rasa bahagia terhadap pemain. Menariknya, ada cukup banyak game di luar sana yang saking populer dan dicintainya, sampai di-porting di hampir semua platform. Berikut 7 di antaranya.

1. Resident Evil 4

https://www.youtube.com/embed/rcFarJACzx0

Resident Evil 4 dianggap sebagai game yang revolusioner ketika pertama kali dirilis ke pasaran. Game ini hampir berusia 20 tahun dan belum pernah kehilangan popularitas sejak pertama kali diluncurkan di Gamecube pada 2004. Resident Evil 4 kemudian juga dirilis di PS2 dan semua konsol Sony lainnya hingga PS4. Nintendo Wii bahkan juga mendapat game ini lengkap dengan dukungan membidik menggunakan Wiimote. Untuk Xbox, game ini tidak muncul di Xbox generasi pertama, tapi hadir di Xbox 360 dan Xbox One.

2. Final Fantasy 1

https://www.youtube.com/embed/nkMmEpdOdw8

Game pertama Final Fantasy terbilang sulit untuk didapatkan pada masanya. Final Fantasy 1 memulai seri Final Fantasy yang hingga kini masih dinilai sebagai seri game JRPG terbaik. Meski cerita dan gameplay-nya tidak begitu istimewa, Final Fantasy 1 tetap dirilis di banyak platform. Game ini berkali-kali dirilis ulang untuk platform lain sejak pertama kali diluncurkan untuk NES. Jika ditotal, Final Fantasy 1 telah di-porting ke setidaknya 15 konsol atau platform berbeda, termasuk PC, Android dan juga iOS.

3. Minecraft

https://www.youtube.com/embed/MmB9b5njVbA

Karakter Steve di game Minecraft menjadi salah satu karakter ikonik dalam satu dekade terakhir. Ia pertama kali hadir ke industri video game pada 2011 silam di PC. Gameplay menarik yang ditawarkan Minecraft tidak cukup untuk hanya ada di satu platform di mana setelah PC, game garapan Mojang ini dirilis di banyak platform lainnya. Minecraft tersedia di Mac, iOS, iPadOS, Apple TV, tvOS, Xbox 360, Xbox One, Android, Windows Phone, PS3, PS4, PS Vita, Raspberry Pi, Amazon Fire OS, Nintendo Wii, Nintendo Switch, dan Nintendo 3DS.

Baca Juga: Daftar 7 Game JRPG dengan Visual Paling Memanjakan Mata

4. Doom

https://www.youtube.com/embed/BkaC1-QoraY

Doom di-porting ke sangat banyak platform hingga di titik di mana daftar portingannya memiliki laman sendiri di Wikipedia. Game FPS garapan id Software ini tersedia 8 OS berbeda (untuk PC), 13 konsol, Android serta iOS dan Raspberry Pi. Itu belum termasuk portingan di platform atau perangkat tidak masuk akal seperti kalkulator, mesin ATM, iPod Nano, kamera DSLR dan banyak lagi. Yang menarik, tidak semua platform punya kualitas yang sama sehingga ada banyak versi untuk menikmati game FPS klasik ini.

5. Sonic the Hedgehog

https://www.youtube.com/embed/Stqo8KmTz2A

Jika ditotal, Sonic the Hedgehog telah 25 kali di-porting ke berbagai platform berbeda. Namun, beberapa platform menerima cara yang berbeda untuk menikmati game pertama dari seri Sonic ini. Perilisan ulangnya di Sega Genesis dihadirkan bersama dengan Sonic 2 dan Dr. Robotnik’s Mean Bean Machine dalam Sonic Classics 3-in-1. Versi PS3 dan Xbox 360 bahkan menawarkan dua cara untuk memainkannya yaitu lewat Sonic’s Ultimate Genesis Collection atau Sonic Generations.

6. Pac-Man

https://www.youtube.com/embed/_QXL50nwnI4

Pac-Man merupakan maskot video game pertama, mengalahkan Mario dan Donkey yang telat satu tahun. Sejak dirilis pada 1980 silam, game pertama Pac-Man terus menginspirasi banyak media hiburan lainnya seperti acara TV, dokumenter dan musik. Game ini juga di-porting ke banyak platform dengan jumlah yang sama seperti Sonic the Hedgehog. Versi Atari 2600 sangat populer sampai stok-nya yang tidak terjual dihancurkan dan dikubur bersama dengan game ET: The Extra-Terrestrial garapan Atari.

7. Prince of Persia

https://www.youtube.com/embed/Xkn-h0UU4LE

Prince of Persia merupakan game platformer garapan Jordan Mechner yang pertama kali dirilis di Apple II. Meski sebagian besar gamer saat ini mengetahui Prince of Persia dari game-game di PS2, game pertama Prince of Persia sangat fenomenal hingga di titik di mana telah dirilis sebanyak 26 kali. Versi Sega Genesis dan Sega CD mendapat penyempurnaan warna sementara versi SNES-nya meningkatkan kualitas visualnya, sembari menambahkan beberapa fitur baru seperti Training Mode dan sejumlah level ekstra.

 

Itulah tadi ulasan mengenai beberapa game yang paling banyak di-porting. Ada game favorit kamu di daftar di atas?

Baca Juga: 7 Game Horor yang Sayangnya Berakhir Tidak Dirilis

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya