Comscore Tracker

12 Game RPG Terbaik untuk Nintendo Switch, Harus Coba!

Nomer 4 dari seri game Nintendo populer

Nintendo Switch telah mengoleksi sangat banyak game berkualitas di hampir setiap genre sejak diluncurkan pada tahun 2017. Tak terkecuali genre RPG. Ada banyak alasan mengapa bermain game RPG di konsol Switch jauh lebih enjoyable daripada di konsol lain seperti PS4 dan Xbox One. Salah satunya adalah karena fleksibilitas untuk bisa dimainkan di mana saja.

Buat kamu yang mungkin sedang mencari game RPG untuk Switch dan butuh rekomendasi, berikut 7 game RPG yang bisa jadi pilihanmu!

1. The Longest Five Minutes

https://www.youtube.com/embed/B7HG4N-9Fy4

Berada di tengah pertarungan melawan bos besar, karakter pemain terluka dan mendapatkan amnesia. Ia tak dapat mengingat masa lalu dan apa yang ia lakukan sejak awal. Kurang lebih begitulah premis dasar dari game RPG garapan SYUPRO-DX – The Longest Five Minutes.

Pada game ini, pemain memiliki misi untuk mendapatkan ingatannya kembali dengan bertarung melawan berbagai minion dari Demon King yang sangat kuat. Menariknya, kehidupan rekan tim pemain bergantung pada seberapa cepat karakter pemain mengingat. Game ini cocok untuk pencinta genre RPG lawas.

2. Lost Sphear

https://www.youtube.com/embed/6nT3A8aNwy8

Lost Sphear berpusat pada kisah protagonis bernama Kanata. Suatu hari, Kanata dan teman-temannya menyaksikan kota mereka diliputi oleh kabut putih misterius, yang kemudian melenyapkan seisi kota. Dalam prosesnya, Kanata kemudian mengetahui bahwa ia memiliki kemampuan untuk memulihkan kotanya.

Melalui kekuatan ingatan, Kanata dan teman-temannya memulai petualangan untuk menghilangkan kabut aneh tersebut dan mencari tahu apa yang menyebabkannya. Sihir, monster, sistem bertarung Active Time Battle dan sound track epik, menjadikan Lost Sphear layak berada di daftar ini.

3. Octopath Traveler

https://www.youtube.com/embed/Fmi8KrntszI

Semenjak Octopath Traveler menjadi salah satu game terlaris untuk Nintendo Switch, mudah untuk mengetahui alasan mengapa game yang dikembangkan oleh Square Enix ini bisa hadir di daftar ini. Bagi yang belum tahu, Octopath Traveler merupakan game RPG di mana pemain mengendalikan delapan karakter berbeda. Masing-masing karakter memiliki skill, kepribadian, serta cerita latar belakang sendiri-sendiri.

Di samping fakta bahwa pemain bisa mengombinasikan setiap karakter di dalam pertarungan, visual yang sederhana namun megah juga menjadi bagian paling menarik pada game ini.

4. Pokemon Sword and Shield

https://www.youtube.com/embed/grO7u1R866o

Jika dilihat dari overall game Pokemon, Sword and Shield mungkin agak mengecewakan. Namun, jika melihatnya sebagai game RPG dengan elemen Pokemon di dalamnya, Sword and Shield terbilang layak untuk dimainkan. Sword and Shield merupakan game Pokemon pertama yang memungkinkan pemain untuk mengeksplorasi dunia terbuka luas dengan pergerakan kamera yang bebas.

Dengan kata lain, game ini merupakan salah satu yang terbesar di seri. Secara garis besar, Sword and Shield dapat memberikan pengalaman yang luar biasa, terutama bagi mereka yang bukan fanboy garis keras Pokemon.

5. South Park: The Fractured But Whole

https://www.youtube.com/embed/E1hicf2zVkk

Cukup mengejutkan ketika mengetahui bahwa salah satu game RPG terbaik di Switch, datang dari seri animasi - South Park. South Park: The Fractured But Whole berlatar sehari setelah peristiwa di game sebelumnya, The Stick Of Truth.

Seperti halnya TSOT, pada TFBW pemain juga akan mengendalikan New Kid, yang memulai petualangannya di South Park, ditemani oleh karakter-karakter yang juga hadir di game sebelumnya. Karena game ini dibuat dengan gaya visual 2.5D seperti seri animasinya, pemain akan benar-benar merasa seperti sedang ‘memainkan’ salah satu episode South Park.

6. Trials Of Mana

https://www.youtube.com/embed/kozXJNnCdRU

Trials Of Mana merupakan versi Inggris dari game RPG – Seiken Densetsu 3, yang pertama kali dirilis di Jepang pada tahun 1995. Menariknya, alih-alih hanya dirilis sebagai port saja, Square Enix dan Nintendo memutuskan untuk melakukan remake penuh terhadap Trials Mana.

Hasilnya, visual 3D baru yang memukau, soundtrack orkestra yang memanjakan telinga dan kontrol yang lebih modern. Apa yang membuat langkah Square Enix patut diapresiasi adalah fakta bahwa mereka tetap menjaga akar atau identitas game originalnya, sembari meningkatkan berbagai aspek agar bisa relevan dengan industri saat ini.

7. Xenoblade Chronicles 2

https://www.youtube.com/embed/6tQDoCrQIek

Pada Xenoblade Chronicles 2, Monolith Soft kembali dengan elemen gameplay dan cerita dari game pertamanya, setelah sebelumnya pada Xenoblade Chronicles X, ‘menelantarkan’ dua hal itu untuk berfokus hanya pada eksplorasi. Selain menjadi salah satu game RPG terbaik Switch, Xenoblade Chronicles 2 juga jadi salah satu game terbesar dan paling butuh  banyak waktu untuk ditamatkan.

Pada situs HowLongToBeat, kisah utamanya bahkan butuh waktu hingga 65 jam, atau 107 jam jika ingin menyelesaikan semuanya termasuk ekstra dan misi sampingan. Jika itu masih kurang, terdapat pula ekspansi Torna – The Golden Country untuk 24 jam ekstra.

Baca Juga: 7 Game Gratis Terbaik Nintendo Switch, Hemat Duit untuk yang Lain

8. Pokemon Legends: Arceus

https://www.youtube.com/embed/I4RynqpahT8

Pokemon Legends: Arceus rilis pada Januari 2022 dan langsung mendapat review positif dari berbagai game critivs dan gamers. Hal tersebut menjadi bukti bahwa Pokemon Legends: Arceus memang layak masuk ke dalam daftar ini.

Menyuguhkan pengalaman baru dalam bermain game Pokemon, PLA memiliki banyak elemen RPG yang pastinya seru untuk dijelajahi. Mulai dari exploration, crafting, hingga battle, Pokemon Legends: Arceus punya semua. Tak heran kalau Pokemon Legends: Arceus jadi salah satu game Pokemon yang wajib dimainkan!

9. Bravely Default II

https://www.youtube.com/embed/Hv2Zvj49Y2g

Game yang satu ini merupakan sekuel dari Bravely Default yang riliis pada Nintendo 3DS pada 2012 silam. Bravely Default II mengikuti kisah 4 orang karakter utama yang berpetualang untuk mengembalikan keseimbangan elemental crystal yang mengatur dunia.

Job system menjadi salah satu poin utama yang mendukung keseruan Bravely Default II. Ditambah dengan gameplay ala JRPG klasik membuat Bravely Default II didapuk sebagai salah satu game RPG terbaik untuk Nintendo Switch.

10. Dragon Quest XI S: Echoes of an Elusive Age

https://www.youtube.com/embed/PgfOu4dEIDw

Franchise Dragon Quest memang sudah terkenal sejak lama. Bisa dibilang kalau Dragon Quest adalah akar dari game bergenre JPRG dan merupakan game yang mendefinisikan apa itu RPG. Tentu tak salah jika kita tak memasukkan Dragon Quest XI S: Echoes of an Elusive Age dalam daftar ini.

Seri Dragon Quest XI S: Echoes of an Elusive Age memiliki semua elemen RPG. Mulai dari eksplorasi, battle, hingga plot yang seru. Ada satu hal yang membuat Dragon Quest XI S: Echoes of an Elusive Age berbeda dari game RPG yang lain. Yaitu adanya mode 2D yang memungkinkan kita memainkan game ini dengan visual 2D yang klasik. Berasa main game jadul!

11. Fire Emblem: Three Houses

https://www.youtube.com/embed/ADaRsEhTB70

Jika kamu bosan dengan genre RPG aksi, kamu bisa mencoba Fire Emblem: Three Houses. Seri Fire Emblem memang sudah menjadi nama besar dalam genre Tactical RPG. Bahkan seri terbaru mereka, Fire Emblem: Three Houses, mendapat review positif dari kritikus dan gamers.

Gameplay yang seru dan kekuatan interaksi antar karakter jadi daya tarik utama Fire Emblem: Three Houses. Terlebih jika kamu mengaktifkan fitur permadeath (karakter yang kalah saat game, tak akan bisa digunakan kembali), dijamin akan membuat bermain Fire Emblem: Three Houses semakin menantang!

12. Shin Megami Tensei V

https://www.youtube.com/embed/HMg91G5HJ1w

Dunia Shin Megami Tensei memang luas. Jika berbicara mengenai game RPG di Nintendo Switch, maka Shin Megami Tensei V jelas tak boleh dilupakan. Memiliki semua elemen RPG, Shin Megami Tensei V layak disebut sebagai salah satu RPG terbaik di Switch.

Mengambil setting Tokyo di era modern, Shin Megami Tensei V memiliki plot yang menarik dan gameplay yang seru. Tak heran jika beragam kritikus game memberi nilai hampir sempurna untuk Shin Megami Tensei V.

Demikian tadi informasi menarik mengenai berbagai game RPG terbaik untuk Nintendo Switch. Tambahan, kamu juga bisa memainkan The Witcher 3: Wild Hunt – salah satu game RPG terbaik pemenang banyak penghargaan untuk PC, PS4 dan Xbox One, yang dirilis untuk Switch pada akhir tahun lalu. Selamat bermain!

Baca Juga: 6 Hal Paling Umum yang Dilakukan Gamer di Game RPG

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya