Comscore Tracker

Assassin's Creed dan 7 Game Lain yang Sedang Diadaptasi Netflix

Baik kedalam bentuk film ataupun serial

Dengan kesuksesan serial animasi Castlevania dan live-action The Witcher, tak heran jika Netflix tertarik untuk mengadaptasi lebih banyak game ke dalam layanan streaming mereka. Sementara game seperti God of War, Elder Scrolls, Legend of Zelda dan Final Fantasy masih sekadar rumor, Netflix telah mengonfirmasi beberapa video game yang bakal mereka adaptasi baik ke dalam bentuk film, serial TV ataupun animasi.

Salah satu yang terbaru adalah Assassin’s Creed yang diharapkan bakal sebagus The Witcher. Untuk lebih lengkapnya, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

1. Assassin’s Creed

Assassin's Creed dan 7 Game Lain yang Sedang Diadaptasi Netflixmicrosoft.com

Assassin’s Creed garapan Ubisoft merupakan salah satu seri game paling populer sepanjang sejarah video game. Di tahun 2016, seri yang game terbarunya berlatar di era Viking itu mendapatkan adaptasi film, dibintangi oleh Michael Fassbender namun sayangnya kurang mendapat respons yang baik.

Empat tahun setelahnya, Netflix mengumumkan bahwa mereka akan mengadaptasi Assasin’s Creed. Sejauh ini, tidak ada info mengenai cerita atau siapa yang bakal jadi protagonis utama, namun pada artikel di situs resmi Ubisoft, disebut bahwa Assassin’s Creed akan dibuat menjadi serial live-action, animasi dan anime.

2. Cyberpunk: Edgerunners

Assassin's Creed dan 7 Game Lain yang Sedang Diadaptasi Netflixcdprojektred.com

Cyberpunk: Edgerunners merupakan anime buatan Trigger Studio yang didasarkan dari Cyberpunk 2077 garapan CD Projekt Red. Cyberpunk 2077 sendiri dirilis Desember 2020 kemarin, sementara Edgerunners dijadwalkan untuk meluncur ke Netflix pada 2022 mendatang.

Sama seperti gamenya, Edgerunners akan berlatar di Night City namun ceritanya akan sepenuhnya baru. Meskipun begitu, Edgerunners akan tetap melibatkan konsep seperti obsesi akan modifikasi tubuh dan gaya hidup jalanan yang juga diusung oleh Cyberpunk 2077.

3. Splinter Cell

Assassin's Creed dan 7 Game Lain yang Sedang Diadaptasi Netflixmicrosoft.com

Splinter Cell jadi game kedua di daftar ini yang diadaptasi oleh Netflix. Tidak seperti Assassin’s Creed yang dapatkan banyak adaptasi dalam berbagai format, Splinter Cell hanya akan berformat serial animasi.

Game Splinter Cell sendiri terakhir dirilis pada 2013 silam dan serial animasinya diharapkan bisa mengobati rasa rindu penggemar akan aksi sang karakter utama, Sam Fisher. Splinter Cell dikenal karena elemen stealth dan kacamata hijau ikonik yang digunakan oleh sang protagonis. Ceritanya berfokus pada divisi fiksi bernama “Third Echelon” yang berusaha melawan berbagai ancaman.

4. The Division

Assassin's Creed dan 7 Game Lain yang Sedang Diadaptasi Netflixpcgamesn.com

Ubisoft mendominasi daftar ini dengan salah satu game mereka yang juga merupakan keluarga Tom Clancy’s sama seperti Splinter Cell yaitu The Division, bakal tayang di Netflix. Diketahui bahwa formatnya akan film live-action namun sangat minim informasi apakah nantinya ceritanya akan mengikuti gamenya atau justru sepenuhnya baru.

Akan tetapi sama seperti gamenya, film The Division akan berlatar di kota New York versi post-apocalyptic di mana pandemi mematikan membunuh jutaan orang. Jessica Chastain (It Chapter Two) dan Jake Gylenhall (Spider-Man: Far From Home) dikonfirmasi bakal jadi karakter utama.

Baca Juga: 10 Game Berlatar Wild West Terbaik untuk PC dan Konsol

5. Resident Evil

Assassin's Creed dan 7 Game Lain yang Sedang Diadaptasi Netflixgamesradar.com

Resident Evil – seri game zombie populer dari Capcom bakal hadir ke Netflix dalam bentuk serial animasi berjudul Resident Evil: Infinite Darkness. Serial itu akan bergenre action-horror dan akan menampilkan Leon S Kennedy serta Claire Redfield, duo protagonis yang pertama kali memulai debutnya di Resident Evil II.

Infinite Darkness akan hadir untuk menyambut perayaan 25 tahun seri Resident Evil. Menariknya tidak hanya itu saja, Netflix saat ini juga sedang mengerjakan serial live-action Resident Evil dengan cerita yang sepenuhnya berbeda dari versi serial animasi.

6. Devil May Cry

Assassin's Creed dan 7 Game Lain yang Sedang Diadaptasi Netflixgamingtrend.com

Pada 2018 silam, produser eksekutif Castlevania – Adi Shankar mengumumkan bahwa serial animasi Devil May Cry akan dibuat. Shankar mengatakan bahwa ia mempertimbangkan jika serial Devil May Cry akan jadi bagian dari “multiverse bootleg” bersama dengan Castlevania.

Tahun lalu, salah satu pengguna Reddit menemukan easter egg Devil May Cry berupa pedang milik Dante bernama Rebellion pada salah satu adegan di Castlevania musim ketiga. Meski hampir pasti dibuat, sejauh ini tidak konfirmasi resmi dari Capcom maupun Netflix mengenai pengembangannya.

7. The Cuphead Show

Assassin's Creed dan 7 Game Lain yang Sedang Diadaptasi Netflixvariety.com

Cuphead merupakan game indie buatan Studio MDHR yang gaya visualnya terinspirasi dari kartun lawas dari tahun 1930-an. Game yang dirilis pada 2017 ini akan mendapat adaptasi serialnya sendiri. Berjudul The Cuphead Show, serial yang akan tayang di Netflix itu bergenre petualangan komedi tentang dua bersaudara, Cuphead dan Mugman.

Lewat preview di awal tahun ini, Netflix mengungkap bahwa serial animasi akan punya gaya visual yang sama seperti gamenya. Netflix telah menghapus preview yang dibagikan via Twitter itu, namun mereka membuat halaman resminya di situs mereka.

8. Sonic the Hedgehog

Assassin's Creed dan 7 Game Lain yang Sedang Diadaptasi Netflixnetflix.com

Via akun Twitter NXOnNetflix, Netflix mengumumkan bahwa serial animasi 3D Sonic the Hedgehog sedang dalam tahap pengembangan. Sejauh ini, Netflix tidak memberi informasi lebih detail terkait salah satu proyek terbarunya itu, kecuali jadwal rilis pada 2022 dan studio yang akan terlibat yaitu WildBrain.

Bermarkas di Kanada, WildBrain dikenal untuk Carmen Sandiego di Netflix dan The Snoopy Show di Apple TV+. Keduanya merupakan serial anak-anak dan berkaca dari itu, serial animasi Sonic the Hedgehog kemungkinan juga akan dibuat untuk target usia yang sama.

Demikian tadi ulasan mengenai beberapa game yang sedang diadaptasi oleh Netflix. Bagaimana dengan kamu, menunggu salah satu adaptasi di atas?

Baca Juga: 7 Game Paling Ditunggu 2021, Ada Hitman 3 dan Far Cry 6

Topic:

  • Arif Gunawan
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya