Comscore Tracker

5 Kekurangan Main Mobile Legends di PC, Tombolnya Ribet Banget!

Meski sudah pakai jurus WASD, tetep aja susah kalau combo!

Bermain Mobile Legends memang seru, apalagi kalau mainnya bareng sama teman-teman kamu. Tapi, pernah gak sih mencoba bermain Mobile Legends PC?

Pasti beberapa dari kamu bingung deh,

"Hah? Emangnya bisa ya main Mobile Legends di PC?"

Rupanya bisa lho guys bermain Mobile Legends menggunakan PC alias komputer kamu, tanpa perlu melakukan pengaturan ekstra di smartphone. Salah satu caranya adalah menggunakan software yang bernama emulator Android.

Nah, emulator ini adalah aplikasi yang harus diinstal di komputermu untuk mensimulasikan sebuah perangkat Android tanpa harus memiliki smartphone. Sederhananya, seperti memiliki smartphone Android di dalam PC-mu.

5 Kekurangan Main Mobile Legends di PC, Tombolnya Ribet Banget!youtube/JohanFayt

Menggunakan emulator, kamu bisa bermain Mobile Legends PC menggunakan mouse dan juga keyboard layaknya bermain game MOBA lainnya seperti Dota 2 atau Startcraft II.

Akan tetapi, bermain Mobile Legends di PC ternyata tidak semudah yang dibayangkan lho! Kalau kamu sudah terbiasa bermain menggunakan "analog" di smartphone, pasti akan sulit beradaptasi dengan kontrol menggunakan mouse dan keyboard.

Lalu, apa lagi ya kekurangan bermain Mobile Legends PC? Nih cek aja di bawah!

1. Pergerakan hero yang kaku/tidak segala arah

5 Kekurangan Main Mobile Legends di PC, Tombolnya Ribet Banget!bluestacks.com

Masalah pertama yang timbul ketika bermain Mobile Legends di PC adalah pergerakan hero yang terbatas pada arah atas, bawah, kiri, kanan, dan diagonalnya. Yup, hal tersebut dikarenakan pergerakan hero Mobile Legends menggunakan kombinasi tombol WASD di keyboard.

Berbeda dengan kontrol pada analog smartphone yang bisa kamu gerakkan dengan bebas secara 360 derajat, tombol WASD hanya memungkinkanmu untuk bergerak dengan selisih 45 derajat.

Kalau kamu sudah terbiasa menggunakan analog untuk bermain, mungkin akan kurang merasa nyaman dengan kontrol WASD pada keyboard. 

2. Membuat keyboard cepat rusak!

5 Kekurangan Main Mobile Legends di PC, Tombolnya Ribet Banget!Pexels.com/Marcellino Andrian

Mobile Legends adalah permainan yang membuatmu terus menerus menekan tombol attack untuk menyerang lawan.

Sekarang bayangkan ketika bermain Mobile Legends PC, kamu harus terus menerus menekan tombol keyboard yang sama berulang-ulang untuk menyerang? Pastinya umur keyboard-mu tidak akan bertahan lama deh!

Pasalnya, menggunakan emulator seperti NOX, Memu, atau Bluestack untuk bermain Mobile Legends mengharuskanmu untuk mengatur ulang perintah-perintah di dalam permainan ke tombol-tombol keyboard.

5 Kekurangan Main Mobile Legends di PC, Tombolnya Ribet Banget!giphy.com

Tidak seperti game yang memang dirilis untuk PC, kamu tidak bisa meng-klik hero lawan menggunakan mouse di Mobile Legends PC.

3. Gak bisa ikut turnamen offline

5 Kekurangan Main Mobile Legends di PC, Tombolnya Ribet Banget!GGWP.ID

Kalau kamu bermain Mobile Legends menggunakan komputer atau PC, pastinya tidak akan diperbolehkan untuk ikut turnamen atau kompetisi offline! Peraturan resmi Mobile Legends sendiri melarang penggunaan selain smartphone untuk bertanding di sebuah turnamen.

Lagian, kalaupun diperbolehkan pastinya bakalan ribet deh kamu bawa-bawa PC sendiri ke tempat turnamen. Kalau gak ada colokan bagaimana? Kalau pas sampai sana, gak ada internet kabel gimana

Baca Juga: 7 Hero Mobile Legends Andalan Timnas Indonesia di SEA Games 2019

4. Pusing menghafal tombol yang bejibun

5 Kekurangan Main Mobile Legends di PC, Tombolnya Ribet Banget!ldplayer.net

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kalau bermain Mobile Legends PC mengharuskan kita untuk mengatur perintah di dalam game dengan tombol keyboard. Padahal, perintah di Mobile Legends itu kan banyak banget, gak pusing tuh menghafalnya?

Oke, kita ambil contoh. Misalnya kamu atur menyerang dengan tombol "L", kemudian skill 1, 2, dan 3 menggunakan tombol "M", "K", dan "O". Lalu, tombol apa yang digunakan untuk menaikkan level skill ketika kamu naik level? Tombol apa untuk membuka shop, dan membeli item? Kalau heronya memiliki 4 skill, harus mengatur ulang tombol lagi dong?

Waduh, pusing guys!

5 Kekurangan Main Mobile Legends di PC, Tombolnya Ribet Banget!gfycat.com

Nah itu dia kekurangan dari bermain Mobile Legends PC, buat kamu yang masih galau buat nyobain. Saran Timmy sih, kalau mau mencoba silakan, tapi Mobile Legends itu paling terbaik memang kalau dimainkan menggunakan smartphone!

Baca Juga: 5 Cara Bermain Mobile Legends di PC Paling Mudah & Gak Ribet!

Topic:

  • Audi Eka Prasetyo
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya