Comscore Tracker

13 Tips dan Rahasia Genshin Impact, Naik Rank 30 dalam 3 Hari!

Game ini diprediksi bertahan lama karena baru dua area

Baru-baru ini, game Genshin Impact menjadi bahan pembicaraan hangat di kalangan gamer. Genshin Impact menjadi game populer lantaran memiliki gameplay yang seru, visual yang menawan, cerita yang asyik, musik yang megah, dan dilengkapi dubbing yang lengkap dalam ceritanya. Game ini pun bisa dimainkan cross platform, baik mobile, konsol, maupun PC. Terang saja ini semakin memperbesar komunitas pemainnya karena menyatukan berbagai platform.

Nah, untuk kamu yang baru memainkannya atau sudah lama memainkan, tapi merasa susah naik rank, mungkin kamu bisa mencoba mengikuti beberapa guide berikut yang penulis lakukan sendiri. Oh ya, tips ini untuk free-to-play players, ya, jadi cocok untuk kamu yang gak menghabiskan uang sama sekali saat bermain game ini. Baca selengkapnya di sini dan selamat mencoba! 

1. Jangan lakukan wish langsung sepuluh, satu per satu saja

13 Tips dan Rahasia Genshin Impact, Naik Rank 30 dalam 3 Hari!Dok. miHoYo/Genshin Impact

Garansi mendapatkan minimal satu karakter atau senjata di atas bintang 4 dari sepuluh kali sekaligus melakukan wish berlaku probabilitas yang sama dengan melakukan satu kali wish saja. Jika melakukan satu per satu dan sudah mendapatkan karakter atau senjata bintang 4 ke atas, kamu bisa berhenti dulu dan melanjutkan petualanganmu. 

2. Selalu sempatkan berbicara dengan para non-player character (NPC)

13 Tips dan Rahasia Genshin Impact, Naik Rank 30 dalam 3 Hari!Dok. miHoYo/Genshin Impact

Di awal permainan, jika kamu sudah bisa mengakses katedral, berbicaralah dengan biarawati bernama Victoria. Ambil opsi meminta ditunjukkan sebuah tempat. Kamu akan diberikan artefak langka bintang 4 (Bloodstained Chevalier's Goblet dari set Bloodstained Chivalry) yang akan menaikkan drastis status karaktermu.

Coba juga untuk berbicara dengan NPC lainnya dan pilih berbagai opsi percakapannya. Kamu akan mendapatkan berbagai item yang berguna. Jadi, NPC jangan dianggurin, ya. Untuk daftar NPC yang akan memberikan hadiah saat berbicara dengan mereka dengan opsi yang tepat, kamu bisa melihatnya dalam tautan berikut.

https://genshin-impact.fandom.com/wiki/NPC_Gifts

3. Jangan abaikan berbagai item dan beberapa hal yang kamu temukan selama bertualang

13 Tips dan Rahasia Genshin Impact, Naik Rank 30 dalam 3 Hari!Dok. miHoYo/Genshin Impact

Item apa pun yang kamu lewati, bahkan termasuk sweet flower yang paling umum, akan berguna untuk penyelesaian quest atau misi tertentu ke depannya. Jangan malas untuk sekadar klik mengumpulkannya. Berikut ini beberapa hal penting yang jangan kamu abaikan ketika sedang bertualang:

  • Ore alias batu tambang (iron chunck, white iron chunck, crystal chunk, cor lapis, noctilucous jade, magical crystal chunk) harus kamu ambil.
  • Babi, burung, dan tupai harus kamu bunuh. Dagingnya berguna untuk memasak maupun penyelesaian quest.
  • Buah-buahan dan sayur-sayuran berguna untuk bahan masakan. Masakan adalah salah satu item penting untuk membantumu bertahan.
  • Bunga-bungaan dan biji-bijian juga penting. Bukan cuma untuk bahan masakan atau penyelesaian quest tertentu, bunga tertentu juga menjadi syarat ascend karaktermu ke level yang lebih tinggi.
  • Hewan yang bergerak cepat, seperti katak, kadal, kupu-kupu, kunang-kunang, kumbang bercahaya. Beberapa item diperlukan untuk penyelesaian quest, crafting, ataupun membangun karaktermu.
  • Peti harta karun—tak peduli jenis apa pun—juga esensial. Selain mengandung item yang bisa menguatkan karakter atau senjatamu, membuka peti akan membantu menaikkan adventure rank kamu.
  • Arwah seelie, si hantu melayang-layang yang akan menuntunmu ke peti harta karun. Jumlah mereka terbatas dan mereka tidak akan respawn. Menyelesaikan menuntun semua seelie ke patung mereka masing-masing akan memberikanmu reward.

Masih banyak jenis item lainnya yang jangan kamu abaikan. Pokoknya, kalau ada yang bercahaya dan bisa kamu klik investigate atau muncul nama item-nya, ambillah. Bagaimana dengan oculi (geoculus dan anemoculus)? Kita bahas di poin berikutnya!

4. Jangan keburu asal mengumpulkan oculi (anemoculus dan geoculus), kamu harus mencatatnya agar tidak ada yang terlewat

13 Tips dan Rahasia Genshin Impact, Naik Rank 30 dalam 3 Hari!mapgenie.io/genshin-impact

Kamu bisa menggunakan bantuan peta interaktif Genshin Impact untuk mengetahui letak semua oculi. Kamu bisa mengaksesnya melalui tautan berikut.

https://mapgenie.io/genshin-impact/maps/teyvat

Untuk mempermudah dalam menandai oculi yang sudah kamu ambil, kamu bisa klik oculi pada peta interaktif tersebut dan klik mark as found. Namun, untuk melakukannya, kamu harus login ke peta tersebut terlebih dahulu. Mudah kok! Dengan ini, kamu bisa mendapatkan semua oculi lebih mudah dan cepat. Pengumpulan oculi secara lengkap juga dibutuhkan untuk menyelesaikan quest tertentu dengan reward yang fantastis. Selain untuk menambah staminamu, ini mempermudahmu dalam penjelajahan.

Kamu juga bisa menggunakan peta ini untuk menemukan arwah seelie yang belum kamu tuntun, musuh atau monster yang perlu kamu lawan untuk mendapatkan item tertentu, atau letak item tertentu untuk menyelesaikan quest. Coba saja bertualang dengan bebas menggunakan bantuan peta ini.

5. Jangan terlalu boros menggunakan berbagai item penting maupun Mora di Genshin Impact

13 Tips dan Rahasia Genshin Impact, Naik Rank 30 dalam 3 Hari!Dok. miHoYo/Genshin Impact

Salah satunya adalah buku penambah experience untuk naik level karena jumlahnya sangat terbatas. Jangan sembarangan menghabiskannya pada karakter-karakter awal yang kamu gunakan. Pastikan kamu simpan berbagai item tersebut untuk karakter tier S ataupun A, yang akan kamu dapatkan melalui wish ataupun quest. Konsep ini juga berlaku untuk Mora, mata uang di Genshin Impact, dan sigil. Jangan boros dengan beli sesuatu tanpa tujuan penting.

Berikut ini adalah daftar tier dan tiap karakter yang termasuk di dalamnya (update November 2020), sumber dari genshin.gg:

  • Tier S: Bennett, Diluc, Klee, Mona, Qiqi, Tartaglia, Venti, Xingqiu.
  • Tier A: Diona, Fischl, Jean, Keqing, Ningguang, Razor, Xiangling.
  • Tier B: Barbara, Beidou, Chongyun, Sucrose.
  • Tier C: Kaeya, Lisa, Noelle, Traveler (anemo), Traveler (geo).
  • Tier D: Amber.

6. Mendapatkan Paimon sebagai pet yang akan mengikuti kamu ke mana pun

13 Tips dan Rahasia Genshin Impact, Naik Rank 30 dalam 3 Hari!Dok. miHoYo/Genshin Impact

Di batas ujung area dunia yang sudah terbuka untukmu (dibatasi garis merah), layar kamu akan berwarna kemerahan jika melewatinya dan Paimon akan muncul untuk mengingatkanmu agar kembali ke area yang masih aktif. Kemudian, dia akan menghilang setelah kamu sudah berlari kembali ke area aktif. Nah, simak cara agar Paimon tidak menghilang dan tetap ada sebagai pet kamu:

  • Pergi menuju batas ujung akhir area dunia yang aktif, yang dibatasi garis merah.
  • Sesaat sebelum Paimon muncul, saat layar sudah memerah, diam di tempat.
  • Cabut koneksi internet kamu dan segera berlari ke arah area yang masih terlarang.
  • Paimon akan muncul dan di layar kamu akan muncul peringatan reconnecting to server.
  • Saat bulatan kuning reconnect muncul, segera hidupkan kembali koneksi internet kamu, supaya kamu tidak ditendang dari game.
  • Voila, Paimon tetap ada dan mengikutimu ke mana-mana! Sekarang bertualang tanpa mode co-op pun kamu tak sendirian lagi saat melawan musuh-musuhmu.

Ada catatan penting yang perlu kamu perhatikan soal menjadikan Paimon sebagai pet:

  • Paimon akan menghilang kembali jika kamu masuk ke ruangan (bukan di udara terbuka). Jadi, kamu harus mengulang langkah-langkah memunculkan Paimon lagi di atas.
  • Paimon akan terkesan seperti menghilang saat kamu teleport, padahal dia sedang tertinggal di tempat terakhir sebelum melakukan teleport. Dia akan mengejarmu. Butuh waktu maksimal 5 menit sampai dia kembali lagi padamu, tergantung seberapa jauh kamu meninggalkannya.
  • Jika kamu membidik target dengan para pemanah di Genshin Impact, Paimon akan menutupi dan bergerak sesuai tanda target bidikanmu. Jadi, pertimbangkan lagi untuk menjadikan Paimon sebagai pet, terutama bagi kamu yang suka memanah. Ini akan menyulitkanmu di berbagai quest.

Baca Juga: 5 Game Mobile Seru yang Wajib Kamu Mainkan Bareng Teman

7. Sebisa mungkin, naikkan level artefak hanya yang berwarna ungu (bintang 4) atau kuning (bintang 5)

13 Tips dan Rahasia Genshin Impact, Naik Rank 30 dalam 3 Hari!Dok. miHoYo/Genshin Impact

Menaikkan level artefak ini penting untuk memperkuat karaktermu. Namun, kalau kamu telanjur menghabiskan artefak untuk menaikkan level artefak warna biru (bintang 3) ke bawah, kamu akan kecewa karena susah menaikkan berbagai artefak bintang 4 ke atas yang berikutnya akan kamu dapatkan. Jangan khawatir, pada titik tertentu di dalam game, terutama ketika adventure rank-mu mulai memasuki 20, kamu akan lebih mudah mendapatkan artefak bintang 4.

8. Jangan keburu menaikkan world level kamu, kalahkan dulu semua bos yang ada sebelum ke jenjang berikutnya

13 Tips dan Rahasia Genshin Impact, Naik Rank 30 dalam 3 Hari!Dok. miHoYo/Genshin Impact

Kamu perlu mendapatkan item dan artefak dari mereka. Jadi, kumpulkan dulu selagi level para bos ini belum ikut naik. Memang, world level yang naik juga menaikkan kualitas dan probabilitas item langka yang mereka drop, tapi setidaknya kamu sudah bisa mendapatkan berbagai item dasar untuk ascend karaktermu maupun melengkapi artefakmu, sebelum damage mereka menjadi terlalu sakit.

Di atas adventure rank 29, world level akan naik dengan otomatis ketika kamu memasuki rank 30, tidak melalui trial. Jadi, saat adventure rank kamu 29 menuju 30, lebih baik dapatkan experience dengan membabat para bos, jangan dengan ambil peti harta karun ke sana ke mari.

9. Ketahui build yang tepat untuk setiap karaktermu, pastikan senjata dan artefaknya berfungsi maksimal

13 Tips dan Rahasia Genshin Impact, Naik Rank 30 dalam 3 Hari!Dok. miHoYo/Genshin Impact

Build yang tepat akan membuat karaktermu menjadi kuat secara maksimal. Pastikan kamu mengenakan mereka senjata dan artefak yang tepat, sesuai skill dan karakteristik mereka. Untuk melihat guide selengkapnya soal build yang tepat pada tiap karakter, kamu bisa mengunjungi tautan https://genshin.gg/tier-list, kemudian kamu klik pada ikon karakter yang ingin kamu ketahui build-nya.

10. Habiskan jatah resin setiap hari, jangan sampai mubazir

13 Tips dan Rahasia Genshin Impact, Naik Rank 30 dalam 3 Hari!Dok. miHoYo/Genshin Impact

Resin digunakan untuk mendapatkan item pada bunga yang muncul saat kamu mengalahkan bos atau menyelesaikan tantangan di ley line opening kuning dan biru maupun dipersembahkan ke pohon saat menyelesaikan domain. Lebih baik digunakan untuk bos (prioritas) atau domain sih. Resin ini akan diperbarui per satu unit tiap 8 menit, jadi jangan khawatir. Menghabiskan jatah resin harian juga akan membantumu mendapatkan battle points.

11. Jangan ragu untuk melakukan mode co-op, siapkan resin

13 Tips dan Rahasia Genshin Impact, Naik Rank 30 dalam 3 Hari!Dok. miHoYo/Genshin Impact

Selain bisa membuatmu mengenal teman baru di game ini, kamu juga bisa melaju dengan lebih cepat di game ini dengan bantuan mereka. Kebanyakan pemain dengan level tinggi tidak segan kok untuk membantumu mengalahkan bos atau mengumpulkan item tertentu karena mereka juga akan mendapatkannya.

Melakukan mode co-op juga bisa membantu kamu memenuhi achievement untuk mendapatkan banner khusus. Pastikan sebelum melakukan mode co-op, resin kamu penuh atau setidaknya cukup untuk berburu bos maupun domain.

12. Kenali dan lakukan berbagai misi rahasia, salah satunya adalah di pulau rahasia

13 Tips dan Rahasia Genshin Impact, Naik Rank 30 dalam 3 Hari!Dok. miHoYo/Genshin Impact

Di pulau rahasia ada anemoculus, peta harta karun dan misi rahasia. Letaknya terlihat dari Starsnatch Cliff. Kamu bisa mengaksesnya dengan menyeberang menggunakan skill membekukan air milik Kaeya (Frostgnaw); gliding dari Starsnatch Cliff menggunakan Amber (karena passive skill miliknya yang menghemat 20 persen penggunaan stamina saat gliding); ataupun menggunakan Venti dengan skill Skyward Sonnet miliknya dari tebing Starsnatch juga.

Selama kamu bisa melihat daerah yang terasa jauh, tapi masih berada di area map yang aktif, berarti kamu bisa menjangkaunya menggunakan berbagai skill di game ini. Ini termasuk dua kapal di daerah Liyue. Di atas dua kapal tersebut juga ada geoculus dan misi-misi yang menantimu.

Selain pulau rahasia, ada beberapa peti harta karun terbaik yang tersembunyi di dalam game:

  • Di pantai awal game, jangan langsung mengikuti Paimon. Berbaliklah ke arah daratan yang cukup dekat untuk berenang ke sana dengan batu tinggi. Di balik batu tersebut, ada peti harta karun rahasia. Ini akan membuat laju perkembanganmu lebih cepat karena sudah mendapatkan di awal game.
  • Di Guyun Stone Forest, memanjatlah di kapal terbengkalai yang berada di atas bebatuan. Kamu akan melihat tumpukan batu. Hancurkan tumpukan batu itu dan peti harta karun akan muncul.
  • Di Gunyu Ruins, berdirilah di salah satu potongan batang pohon yang muncul dari dalam air di pinggiran danau. Berdirilah di atasnya dan peti harta karun akan muncul.
  • Di Stormbearer Mountains, pergilah ke ujung sungai, di antara dua tebing, di depan air terjun, akan ada pilar dengan peti harta karun rahasia di sana.
  • Di dekat patung Anemo God di depan katedral Mondstadt, pergilah ke tangga turunan sebelah kiri dari patung tersebut (jika kamu berjalan dari arah katedral menuju patung Anemo God). Kamu akan melihat cahaya bersinar di atas salah satu pagar batunya. Pergilah ke cahaya tersebut dan selesaikan tantangan berlari hingga ujung pagar satunya. Lewati lingkaran-lingkaran yang ada tanpa terjatuh. Kamu akan mendapatkan peta harta karun rahasia.
  • Di atas Katedral Mondstadt, pergilah ke tower tertingginya dan kamu akan menemukan peti harta karun rahasia di sana.
  • Di atas markas Adventurer's Guild, kamu juga akan menemukan peta harta karun rahasia di sana.

13. Bangun tim yang bisa saling support satu sama lain

13 Tips dan Rahasia Genshin Impact, Naik Rank 30 dalam 3 Hari!Dok. miHoYo/Genshin Impact

Kamu bisa dengan mudah mengganti anggota tim (party) kamu di tengah perjalanan, kecuali di dalam domain atau sedang melawan musuh. Pastikan tim yang ada di party-mu bisa saling mendukung atau menguatkan satu sama lain. Tidak harus berbeda elemen, kadang tim yang mengandung dua atau lebih elemen yang sama pun bisa saling memaksimalkan damage dan efek serangan.

Ingat bahwa ada efek frozen ketika hydro dan cryo bertemu atau efek electro-charged ketika serangan hydro bertemu electro; superconduct ketika cryo bertemu electro; overloaded ketika electro bertemu pyro; dan masih banyak lagi. Manfaatkan reaksi kombinasi elemental ini dengan berganti karakter setelah mengeluarkan skill. Baca reaksi, resonansi, dan debuff elemen lebih lengkap di tautan berikut.

https://genshin.gg/elements

Itulah tadi beberapa tips dan rahasia di Genshin Impact yang bisa kamu coba untuk menaikkan adventure rank dengan cepat. Selamat bermain, ya!

Baca Juga: 8 Perbaikan Besar yang Penting di Genshin Impact, Setuju?

Bayu Dewey Photo Verified Writer Bayu Dewey

a Disney dude who want to fulfill the purpose of life like Desmond Doss. story teller in an uncertain gaea.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya