Comscore Tracker

Kangen Nintendo 64? Mainkan Game-nya dengan 5 Emulator Ini!

Bikin kangen dengan masa kejayaan Nintendo 64

Buat kamu yang masih berusia kanak-kanak pada era 90-an dan awal 2000-an, kamu pasti tahu dengan salah satu konsol game yang satu ini. Yap, ini adalah Nintendo 64 atau dikenal juga dengan N64. N64 adalah konsol game generasi kelima buatan Nintendo yang membawa teknologi-teknologi baru. Teknologinya adalah teknologi getar Rumble Pak (dikenal dalam PlayStation sebagai DualShock) serta menghadirkan stik analog yang membuat pemain menjelajahi permainan 3D dengan lebih leluasa.

Konsol game ini sudah sangat langka dan tak ada lagi game terbaru yang mendukung di konsol ini. Namun, jika kamu ingin bernostalgia dengan game-game yanga ada Nintendo 64, 5 emulator Nintendo 64 untuk Android dan PC ini mungkin bisa mengobati kerinduan kamu.

1. Project64 (Windows)

Kangen Nintendo 64? Mainkan Game-nya dengan 5 Emulator Ini!emulanium.com

Salah satu emulator N64 yang paling populer dan mudah digunakan adalah Project64 . Komunitas penggemar Project64 yang secara konsisten menggabungkan perubahan ke GitHub, memperbaiki bug baik kecil maupun besar. Versi Project64 yang lebih baru telah sudah mempunyai fitur plugin video atau audio pada game tertentu.

Project 64 memungkinkan kamu bermain dengan controller USB, fitur save states dan bahkan memungkinkan kamu bermain dengan resolusi tinggi. Kelemahan utama dari Project 64 pada bagian audio yang terkadang tidak konsisten.

Pengembangan untuk Project64 versi non-Windows telah meningkat selama bertahun-tahun. Untuk saat ini, jika kamu menggunakan Windows dan mencari emulator dengan interface yang keren dalam memainkan banyak game Nintendo 64 , Project64 adalah pilihan yang tepat.

2. Mupen64Plus (Windows, Mac, Linux, Android)

Kangen Nintendo 64? Mainkan Game-nya dengan 5 Emulator Ini!emulator.games

Mupen64Plus tidak semudah digunakan seperti Project64, tetapi memberikan pengalaman audio yang lebih baik. Jika kamu mengalami masalah pada game tertentu di Project64, maka kamu harus mencoba Mupen64Plus. Secara default, Mupen64Plus tidak memiliki user interface. Sebagai gantinya, kamu mem-boot ROM melalui command prompt (cmd). Kamu dapat menambahkan user interface front-end dengan mengunduh plug-in tambahan seperti M64Py, yang dirancang khusus untuk Mupen64Plus.

Mupen64Plus memiliki keunggulan yaitu kompatibel dengan Windows, Mac, Linux dan Android. Ini menjadikannya pilihan terbaik untuk pengguna Mac dan Linux dan opsi alternatif untuk pengguna PC jika Project64 sering mengalami masalah pada game tertentu.

Baca Juga: 5 Emulator PS 1 Terbaik untuk Android dan PC

3. Mupen64Plus FZ (Android)

Kangen Nintendo 64? Mainkan Game-nya dengan 5 Emulator Ini!youtube.com/watch?v=B0LNAFrpaaw

Meskipun Mupen64Plus tersedia di Android, namun versi emulator ini dirancang khusus untuk perangkat seluler. Emulator ini masih agak merepotkan untuk diatur, tetapi setelah semuanya siap untuk dimainkan, Mupen64Plus FZ menawarkan emulasi N64 terbaik di Android. Semua plugin yang ingin kamu instal sudah tersedia dan tampilan antarmuka pengguna front-end wajib kamu unduh jika hendak memainkan game Nintendo 64 dengan emulator ini.

4. MegaN64 (Android)

Kangen Nintendo 64? Mainkan Game-nya dengan 5 Emulator Ini!apkpure.com

MegaN64, versi tweak dari Mupen64 Plus, sejauh ini merupakan emulator paling populer di Android, dengan lebih dari 900.000 ulasan dan rata-rata peringkat pengguna 4,6. Nilai yang sangat mengesankan. Apa yang kamu dapatkan dengan MegaN64 adalah emulator N64 yang bagus, sangat hebat dan sangat user friendly . Game harus diinstal ke kartu microSD untuk memainkannya. Game dimuat secara instan dan kebanyakan dari game Nintendo 64 berjalan tanpa hambatan di emulator ini.

5. RetroArch (multi-platform)

Kangen Nintendo 64? Mainkan Game-nya dengan 5 Emulator Ini!8-bitcentral.com

RetroArch adalah graphical user interface front-end, bukan secara teknis emulator. Namun, kamu dapat mengunduh core emulator untuk bermain game di berbagai platform (PC, ponsel, konsol). Untuk emulasi N64, RetroArch menggunakan inti libretro yang mirip seperti Mupen64Plus. Namun, RetroArch memiliki sejumlah perbedaan berbeda seperti overclocking dan lebih banyak fitur penyesuaian.

Dalam beberapa hal, core N64 RetroArch seperti Project64 dan Mupen64Plus. RetroArch juga memiliki "paraLLEl core" yang sangat apik yang yang memberikan visual dalam resolusi tinggi pada game N64.

Kamu yang kangen dengan game-game pada konsol Nintendo 64 yang rilis puluhan tahun yang lalu, maka 5 emulator diatas bisa menjadi obat atas kerinduan kamu dalam memainkan game Nintendo 64.

Baca Juga: 5 Emulator Terbaik untuk Mainkan PUBG Mobile di PC

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

saya adalah seorang mahasiswa jurusan Teknik Informatika di Universitas Islam Riau.saya gemar mendengarkan musik dan sangat tertarik dengan dunia olahraga terkhusus nya sepakbola. Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You