Comscore Tracker

5 Cara Menampilkan Angka FPS pada Game PC atau Laptop

Cek berapa angka FPS di komputermu

Frames per second atau FPS adalah unit yang digunakan sebagai satuan ukuran untuk mengukur kecepatan bingkai, seperti dijelaskan dalam laman Techopedia. Di sini, kecepatan bingkai merujuk pada jumlah gambar yang ditampilkan di monitor pada setiap detiknya. Jadi, makin tinggi angka FPS-nya, makin mulus juga pergerakan sebuah game atau video.

Biasanya, gamer PC atau laptop cenderung penasaran berapa angka FPS dari judul game yang tengah dimainkan. Sekadar informasi, kecepatan bingkai pada 30 fps bisa dikatakan layak bagi gaming. Kalau ingin lebih baik lagi, kecepatan bingkai bisa berada pada angka 60 fps atau di atasnya.

Lantas, gimana, sih, cara menampilkan angka FPS ketika kita memainkan game di PC atau laptop? Kalau masih bingung, kamu bisa ikuti lima langkah di bawah ini.

1. MSI Afterburner

5 Cara Menampilkan Angka FPS pada Game PC atau LaptopMSI Afterburner adalah salah satu aplikasi untuk menampilkan angka FPS di PC dan laptop. (msi.com)

Memasang MSI Afterburner di PC atau laptop masih dijadikan cara paling solid untuk menampilkan angka FPS saat memainkan game. Bukan hanya FPS, produk dari MSI ini juga akan menampilkan kinerja dan temperatur dari prosesor dan VGA milik kita. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini pada laman resminya: https://www.msi.com/Landing/afterburner/graphics-cards.

Setelah itu, kamu bisa masuk ke Setting dan Monitoring On Screen Display untuk mengaktifkan tampilan FPS di layar. Sejatinya, aplikasi ini pun dapat dimodifikasi untuk membantu overclock kartu grafik. Namun, penulis tidak menyarankannya karena overclock membutuhkan teknik dan pengetahuan yang rumit.

2. Windows Xbox Game Bar

5 Cara Menampilkan Angka FPS pada Game PC atau LaptopTampilan dalam Xbox Game Bar lebih lengkap, tapi masih mudah dipelajari. (microsoft.com)

Microsoft gak mau kalah dalam mendukung gamer PC dan konsol buatan mereka, yakni Xbox. Ya, dengan Windows Xbox Game Bar, kamu bisa mendapatkan berbagai macam informasi teknis mengenai game yang sedang dijalankan. Meskipun terkesan kompleks dan rumit, aplikasi buatan Microsoft ini masih bisa dipelajari dengan mudah.

Beberapa indikator yang bisa terlihat di sini adalah angka FPS, kinerja VGA, prosesor, dan RAM. Setelah mengunduhnya pada laman resmi Microsoft, kamu bisa mengaktifkannya dengan cara menekan tombol Windows + G di papan keyboard. Nah, jika diminta restart PC, lakukan saja dan setelah itu kamu sudah bisa mengatur tampilan Xbox Game Bar di komputermu.

3. FRAPS

5 Cara Menampilkan Angka FPS pada Game PC atau LaptopAplikasi FRAPS ringan dan mudah digunakan. (fraps.com)

Aplikasi FRAPS adalah metode paling mudah yang bisa kamu gunakan untuk menampilkan angka FPS. Selain ringan, aplikasi ini juga memiliki tampilan yang simpel dan mudah untuk dipahami. Namun, FRAPS hanya akan menampilkan angka FPS dan tidak dengan indikator lainnya.

Di samping itu, FRAPS juga memiliki kekurangan lainnya, yakni kompatibilitas yang tidak selengkap MSI Afterburner dan Xbox Game Bar. Itu sebabnya, untuk game baru yang rilis 2016 ke atas, FRAPS masih kurang ideal karena kadang tidak memunculkan indikator angka FPS di monitor PC.

Baca Juga: 5 Game dengan Spesifikasi Terberat 2022, Butuh PC Kelas Atas

4. AMD Radeon Software Adrenalin

5 Cara Menampilkan Angka FPS pada Game PC atau LaptopProgram dari AMD sudah terkenal di kalangan gamer untuk memantau kinerja PC saat gaming. (amd.com)

Sebagai pesaing NVIDIA di dunia gaming, tentu AMD juga punya segudang cara untuk memanjakan konsumennya. Nah, selain hardware berupa kartu grafik, AMD juga ternyata punya aplikasi bernama AMD Radeon Software Adrenalin. Perangkat lunak ini banyak dipakai oleh gamer dan editor video untuk memantau kinerja PC saat bekerja.

Jika menggunakan perangkat AMD di PC atau laptop kesayangan, kamu bisa mengunduh dan mempelajari program ini pada https://www.amd.com/en/technologies/software. Oh, ya, selain angka FPS, aplikasi ini juga dapat memantau semua kinerja RAM, VGA, dan prosesor saat PC tengah berada dalam kondisi full load.

5. NVIDIA Geforce Experience

5 Cara Menampilkan Angka FPS pada Game PC atau LaptopAplikasi NVIDIA Geforce Experience sudah menjadi andalan gamer yang menggunakan VGA NVIDIA. (nvidia.com)

Well, jika menggunakan kartu grafik atau VGA bermanufaktur NVIDIA, kamu wajib mengunduh dan memasang NVIDIA Geforce Experience. Dalam aplikasi buatan NVIDIA ini, kita bisa mengetahui hal detail yang berkaitan dengan VGA dan file game yang ada di komputer kita. Artinya, program dari si hijau ini tidak hanya bertugas menampilkan angka FPS.

Lebih dari itu, dengan NVIDIA Geforce Experience, kinerja VGA akan disesuaikan dengan game yang sudah dan akan dijalankan. Biasanya, pihak NVIDIA akan memberikan banyak informasi terkait dengan kemampuan komponen PC kita terhadap game yang ada. Mereka pun secara rutin merilis update untuk software untuk produk-produk VGA NVIDIA.

Ternyata menampilkan indikator angka FPS dan data kinerja komponen PC saat bermain game itu cukup mudah, kan? Cukup pilih salah satunya dan sesuaikan dengan jenis komponen PC yang kamu gunakan.

Baca Juga: 6 Game Terburuk 2022 yang Tampil Mengecewakan, Dinilai Gagal Total

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya