Comscore Tracker

Jadi Game Berlisensi Berikutnya, 5 Fakta dan Rumor F1 Manager 2022

Punya tampilan grafik memesona

Seingat penulis, sudah 22 tahun game F1 Manager tidak terdengar namanya sejak 2000 lalu. Yup, saat itu, F1 Manager 2000 dikembangkan oleh Intelligent Games dan EA Sports merupakan perusahaan yang mendistribusikan permainan berlisensi tersebut ke seluruh dunia. Perlu diingat bahwa yang penulis maksud di sini adalah game F1 Manager untuk PC dan konsol yang punya lisensi resmi dari FIA Formula One World.

Kabar baiknya, F1 Manager 2022 akan dirilis dalam waktu dekat. Tentunya, hal ini menjadi angin segar bagi pencinta olahraga balap termahal ini. So, bagaimana fakta dan rumor tentang game ini? Jika memang sedang menunggu game apik ini, beberapa ulasan di bawah ini bisa kalian baca hingga tuntas.

1. Dirilis akhir Agustus 2022

Jadi Game Berlisensi Berikutnya, 5 Fakta dan Rumor F1 Manager 2022Kabarnya, game F1 Manager 2022 akan dirilis pada 30 Agustus 2022 mendatang. (dok. Frontier Developments/F1 Manager 2022)

Laman resmi Formula 1 melansir kabar bahwa game berjudul F1 Manager 2022 ini akan dirilis pada 30 Agustus 2022. Rencananya, game balap tunggal ini bisa dijalankan di berbagai macam platform, seperti Microsoft Windows (PC), PS4, PS5, Xbox One, dan tentu Xbox Series X.

Nah, untuk memudahkan proses pembelian secara online, pihak Steam pun juga sudah melakukan prapenjualan dengan harga Rp520 ribu. Jika membelinya sekarang, gamer akan mendapatkan diskon 10 persen sehingga cukup membayar Rp476.999 saja. Apakah nilai ini termasuk murah atau mahal? Well, kamu bisa menunggu review-nya beberapa hari setelah perilisan game.

2. Menjadi seri F1 Manager berlisensi berikutnya

https://www.youtube.com/embed/osyk9tGYZEw

Apa yang membuat F1 Manager 2022 sangat layak untuk diantisipasi adalah statusnya sebagai game resmi. Ya, itu artinya, F1 Manager 2022 menjadi game balap Formula Satu berlisensi resmi pertama di era next gen. Jika kita melihat trailer yang ditayangkan oleh PlayStation, tentu akan tampak grafiknya yang jauh lebih baik ketimbang pendahulunya.

Bukan tanpa sebab, F1 Manager resmi terakhir dirilis pada 2000 lalu. Entah kenapa, platform berat, macam PC, PS, dan Xbox, justru tidak kebagian jatah dalam perilisan F1 Manager seri 2019. Padahal, Android dan iOS sempat mendapatkan F1 Clash, sebuah game resmi manajerial Formula Satu yang dikembangkan oleh Hutch.

Perlu kalian ketahui bahwa game-game balap Formula Satu (versi non-manager) memang sudah dibuat secara rutin untuk berbagai macam platform dari tahun ke tahun. Namun, game balap F1 yang betul-betul murni bertema manajemen sangat jarang diterbitkan. Jadi, jelas bahwa peningkatan grafik di F1 Manager 2022 akan jauh melampaui kakaknya.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Game Far Cry, Digandrungi Pencinta Open World

3. Game balap yang memiliki izin lisensi paling lengkap

Jadi Game Berlisensi Berikutnya, 5 Fakta dan Rumor F1 Manager 2022F1 Manager 2022 akan jadi game resmi yang mengantongi lisensi dari FIA. (dok. Frontier Developments/F1 Manager 2022)

Seperti yang sudah penulis singgung di atas, F1 Manager 2022 adalah game manajemen Formula Satu yang resmi dan sudah mengantongi berbagai macam izin dari FIA. Bukan hanya itu, kabarnya, game ini juga menjadi satu-satunya game balap profesional yang sudah mendapatkan lisensi hingga 2025 mendatang.

Terlihat bahwa Frontier Developments tidak mau setengah-setengah dalam menggarap game ini. Selain kelas Formula Satu, developer juga sudah mengantongi izin resmi dari FIA untuk menampilkan seluruh tim FIA Formula 2 dan FIA Formula 3. Tentu saja hal ini mengingatkan penulis pada game manajemen macam Football Manager, sebuah simulasi manajemen sepak bola terbaik yang pernah ada.

4. Punya preview yang cukup positif

Jadi Game Berlisensi Berikutnya, 5 Fakta dan Rumor F1 Manager 2022F1 Manager 2022 memiliki preview yang cukup positif dari gamer. (dok. Frontier Developments/F1 Manager 2022)

Dilansir The Golden News, sebuah pratinjau dari gamer menunjukkan bahwa F1 Manager 2022 sudah sangat bagus untuk dimainkan. Ada beberapa bug dan kesalahan kecil, tapi hal itu tidak sampai mengganggu jalannya permainan. Bahkan, secara umum, gamer dan jurnalis yang sudah memainkan demonya telah menyimpulkan banyak hal positif.

Namun, tentu saja kita tidak perlu berekspektasi terlalu berlebihan. Sebelum ulasan dan review lengkap game ini dibuat, kita tidak akan tahu sedetail dan sekompleks apa game ini secara keseluruhan. Satu lagi, memainkan dan merasakan demo dengan game aslinya jelas sangat berbeda secara perspektif.

5. Tantangan berat berbanding lurus dengan modal yang sudah dikeluarkan

Jadi Game Berlisensi Berikutnya, 5 Fakta dan Rumor F1 Manager 2022F1 Manager 2022 dikabarkan menjadi salah satu game dengan modal termahal. (dok. Frontier Developments/F1 Manager 2022)

Tidak diketahui dengan pasti berapa biaya yang sudah dikeluarkan oleh Frontier Developments dalam membuat F1 Manager 2022. Namun, berbagai spekulasi bermunculan dan menyatakan bahwa mereka telah mengeluarkan dana yang sangat besar untuk membeli berbagai macam lisensi dan izin resmi.

Tantangan terberat mereka adalah persentase penjualan yang diprediksi tidak akan sebanyak game balap lain, seperti MotoGP, Forza Horizon, Need for Speed, Gran Turismo, dan Dirt Rally. Tidak semua gamer juga suka dengan game bertema manajemen olahraga, kecuali sepak bola yang memang sudah sangat terkenal di seluruh dunia.

Akan tetapi, dengan segala kelebihan yang ditawarkan pengembang, semoga saja game ini bisa terjual mulus di lapangan. Jujur saja, sebagai pencinta game-game manajemen olahraga, penulis pun memasukkan F1 Manager 2022 ke dalam daftar tunggu.

Nah, itu tadi beberapa fakta dan rumor yang berkaitan dengan perilisan F1 Manager 2022 akhir Agustus mendatang. So, apakah kamu juga suka dengan game-game bertema manajemen olahraga?

Baca Juga: [REVIEW] Forza Horizon 5—Salah 1 Game Balap Terbaik di 2021

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya