Comscore Tracker

Pilih PS5, Xbox Series X, atau PC? 5 Poin Ini Wajib Jadi Pertimbangan

Ada beberapa faktor yang memengaruhi

Di beberapa toko online lokal, konsol PS5 sudah dijual dengan harga sekitar Rp13--14 juta, begitu juga dengan Xbox Series X yang dijual pada rentang harga 10 jutaan. Namun, jika tahun ini pasokan kedua jenis konsol tersebut sudah stabil, harga jual di Indonesia bisa terpangkas hingga nyaris separuhnya.

Nah, menariknya, ada banyak gamer di dunia yang mungkin sedang bingung untuk memilih ketiga jenis teknologi tersebut. Secara umum, pertarungan antara konsol dan PC (personal computer) memang terus menjadi perseteruan abadi yang tak kunjung usai.

Apa kamu juga merupakan gamer yang bingung dalam memilih dan menentukan ketiganya? Biar gak salah pilih, sebaiknya kamu simak terlebih dahulu artikel ini sampai tuntas.

1. Faktor harga

Pilih PS5, Xbox Series X, atau PC? 5 Poin Ini Wajib Jadi PertimbanganDok. Microsoft/Xbox Series X

Baik itu PS5 dan Xbox Series X, keduanya menanamkan teknologi mesin yang nyaris identik. Namun, dalam beberapa hal, Xbox Series X lebih unggul karena memiliki kecepatan prosesor lebih tinggi ketimbang pesaingnya itu. Begitu juga dalam hal GPU, kedua konsol sanggup menghasilkan kinerja maksimal sebesar 10 teraflops untuk PS5 dan 12 teraflops untuk si kotak hitam.

Jika PC ingin bersaing dengan kekuatan PS5 dan Xbox Series X, ia harus memerhatikan beberapa hal:

  • Prosesor untuk PC yang setara dengan kedua konsol terbaru adalah AMD Ryzen 7 3700X seharga Rp5,8 juta.
  • VGA untuk PC yang setara dengan GPU dari kedua konsol tersebut adalah Radeon RX 5700 XT. Adapun, VGA ini dijual dengan harga Rp7,8 juta.
  • Memori RAM sebesar 16 GB untuk PC bisa didapatkan seharga Rp1,3 juta. Harga bisa berbeda tergantung pada mereknya.
  • Motherboard dibutuhkan oleh semua PC. Adapun, teknologi yang sanggup menjalankan kinerja PC kelas menengah atas adalah ASRock B550M-HDV seharga Rp1,3 juta.
  • Memori internal atau SSD sebesar 1 TB rata-rata dijual dengan harga Rp2,5 juta.
  • Perangkat-perangkat lainnya, seperti kipas, casing PC, mouse, keyboard, monitor, power supply, dan lain sebagainya yang mungkin bisa mencapai 5 jutaan.

Jika ditambah dengan OS Windows 10 seharga Rp1,5 jutaan, total untuk membangun sebuah PC setara konsol terbaru adalah Rp25 juta dan mungkin malah lebih. Tentu, harga ini masih sangat jauh lebih mahal ketimbang harga Xbox Series X maupun PS5.

Dalam hal ini, Xbox Series X menjadi yang terdepan karena harganya yang paling murah, yakni Rp 10 jutaan. Ini pun juga dipastikan akan turun jika pasokan barang stabil. Membeli konsol tentu saja tidak akan direpotkan untuk merakit berbagai macam perangkat layaknya membeli sebuah PC. Nah, jika harga adalah hal yang menjadi prioritasmu, Xbox Series X bisa kamu pilih untuk menemanimu setiap akhir pekan.

2. Faktor fungsionalitas

Pilih PS5, Xbox Series X, atau PC? 5 Poin Ini Wajib Jadi Pertimbanganwepc.com

Dengan PC seharga 25 jutaan atau lebih, tentunya kamu bisa melakukan apa pun yang berkaitan dengan gaming dan pekerjaan. Jika memang masih ada dana lebih, kamu bisa meningkatkan kinerja dengan VGA yang lebih berkualitas. Untuk masalah pekerjaan, PC dan laptop masih menjadi yang terdepan dalam hal fungsionalitas.

Konsol, secanggih apa pun benda tersebut, tetap memiliki keterbatasan fungsionalitas. Tentu saja kamu tidak akan dapat menyelesaikan tugas-tugas kantor dengan sebuah konsol. So, jika kamu memiliki dana lebih dan menginginkan sebuah kinerja dan fungsi yang kompleks, pilihlah PC karena benda tersebut bisa menjadi dunia keduamu.

Baca Juga: Tips Atur Keuangan biar Gak Bokek dan Bisa Beli PS5

3. Faktor usia pakai

Pilih PS5, Xbox Series X, atau PC? 5 Poin Ini Wajib Jadi Pertimbanganplaystation.com

Dalam hal ini, harus diakui konsol lebih unggul ketimbang PC. Bagaimana maksudnya? Seperti yang kita ketahui, Sony selalu mengganti kosolnya dengan keluaran terbaru setiap 6--7 tahun sekali. Dalam rentang 7 tahun, gamer akan disuguhkan pengalaman bermain yang sangat intens dan lengkap.

Bahkan, akan ada tambahan waktu selama 1--2 tahun bagi pengembang game untuk tetap mengembangkan game terbaru mereka di konsol yang lama. Microsoft pun rutin mengganti konsol mereka setiap beberapa tahun sekali. Jika ditotal, seorang gamer konsol bisa menikmati waktu secara update selama 9 tahun penuh dengan konsol mereka.

Hal ini sulit dicapai oleh PC. Jangankan 9 tahun, dalam setahun saja, sudah ada begitu banyak perangkat terbaru dengan kemampuan jauh melampaui PC sebelumnya. Jadi, jika kamu membeli PC seharga 25 juta rupiah saat ini, PC tersebut akan sangat ketinggalan zaman pada 5--6 tahun yang akan datang.

Nah, jika kamu mementingkan durasi atau usia pakai secara maksimal, pilihlah konsol. Baik itu PlayStation maupun Xbox, keduanya memiliki durasi atau usia yang cukup lama, yakni 6--9 tahun. Rentang waktu ini adalah sebuah fase yang cukup lama bagi kamu yang hobi memainkan game.

4. Faktor kelengkapan judul game

Pilih PS5, Xbox Series X, atau PC? 5 Poin Ini Wajib Jadi Pertimbanganxnvr.co.uk

PC unggul dalam hal ini. Namun, bukan berarti judul game untuk PlayStation 5 atau Xbox Series X terlampau sedikit. Harus diakui bahwa jumlah judul game pada PC sangat banyak. Kamu bisa menjumpai banyak game PC buatan pengembang-pengembang hebat dan juga pengembang amatir.

Bahkan, para pemain game di PC bisa memilih game mana saja yang sesuai dengan kemampuan PC miliknya. Pada dasarnya, semakin canggih sebuah PC, semakin banyak pula judul game yang bisa dimainkan. Hebatnya lagi, untuk beberapa judul game multiplatform, grafis yang ditampilkan di PC kadang lebih baik ketimbang PS5 dan Xbox Series X.

Oh ya, komunitas gamer PC juga sepertinya lebih banyak ketimbang komunitas konsol. Dengan bergabung di komunitas tersebut, kamu bisa melakukan modifikasi (mod) pada banyak game PC kesukaanmu. Hal unik ini sangat sulit didapatkan oleh gamer konsol. Satu lagi, harga game orisinal PC tentunya lebih murah ketimbang game konsol, seperti dicatat dalam laman Gaming Scan.

5. Kesimpulan

Pilih PS5, Xbox Series X, atau PC? 5 Poin Ini Wajib Jadi Pertimbangangamepressure.com

Jika kamu menginginkan biaya yang murah dan kualitas hardware yang berkualitas, Xbox Series X bisa kamu pilih. Produk asal Amerika Serikat tersebut terkenal tangguh dan mampu menyuguhkan banyak game dengan kualitas grafis mumpuni. Apalagi kalau kamu memang suka dengan produk-produk buatan Negeri Paman Sam, kotak hitam buatan Microsoft tersebut bisa dipinang ketimbang PC.

PlayStation 5 bisa dipilih jika kamu menyukai banyak game eksklusif yang dikhususkan untuk PlayStation. Dengan harga yang lebih masuk akal ketimbang PC, ditambah dengan durasi atau usia pakai yang bisa mencapai 9 tahun, PS5 akan menjadi pilihan tepat buatmu. Jika kamu adalah orang yang gak suka ribet dengan kerumitan merakit PC, kamu perlu memilih konsol.

Nah, jika kamu menganggap fungsionalitas di atas segalanya, ditambah jika kamu memiliki dana lebih, PC bisa kamu pilih. Dengan dana Rp25--30 juta, sebuah PC akan sanggup melayanimu dalam bekerja, bermain game, dan melakukan aktivitas media berat lainnya. Namun, harus diingat bahwa PC akan lebih mudah cepat usang dibandingkan dengan konsol.

Itulah beberapa poin penting yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan membeli konsol atau PC. Namun, untuk saat ini, mungkin sebaiknya kamu tak perlu terburu-buru dalam membeli konsol atau meningkatkan kemampuan PC kamu.

Baca Juga: Resmi Dijual di Indonesia, Ini Harga PS5 di Pasaran

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya