Comscore Tracker

5 Game JRPG Lawas yang Tetap Populer Hingga Jaman Now

Para pecinta JRPG, mana suaranya?

RPG Jepang atau JRPG menjadi salah satu genre game yang begitu dinantikan oleh para gamer terutama mereka yang menyukai kultur Jepang seperti anime dan manga. JRPG sendiri mengusung tema yang hampir sama dengan RPG yang dibuat oleh developer dari barat pada umumnya yaitu petualangan dan misi menyelamatkan dunia dari kehancuran.

Namun yang membedakan antara RPG barat dengan JRPG adalah dimana genre RPG barat yang mengutamakan action pada gameplay-nya serta karakter yang didominasi oleh prajurit Eropa abad pertengahan, maka JRPG lebih berfokus pada jalan cerita dan karakter bergaya Anime Jepang. Jadi tak heran para gamer yang menyukai anime dan manga tidak melewatkan genre game JRPG ini.

Berikut adalah JRPG lawas yang tetap eksis dan dirilis untuk konsol gaming modern.

Final Fantasy Series.

https://www.youtube.com/embed/RHMHrLPIgcY

Final Fantasy diciptakan oleh Hironobu Sakaguchi dan di distribusikan oleh Square Enix (dulunya Squaresoft), game dengan mengusung genre RPG telah dibuat dalam bentuk game konsol dan komputer, beberapa game mobile dan portable. Dirilis pertama kali pada tahun 1987 untuk NES kini memasuki seri ke 15 pada tahun 2016 lalu dan telah mengeluarkan beberapa cerita sampingan sepanjang perilisan gamenya. Final Fantasy juga telah diadaptasi menjadi film animasi dan CGI berdurasi panjang serta beberapa proyek remake dari game lawas mereka.

Mengusung tema petualangan fantasi dengan latar dunia alternatif dimana cerita berputar mengenai petualangan sang protagonist dan teman-teman seperjalanannya dalam menyelamatkan dunia. Dalam beberapa tidak hanya tentang menyelamatkan dunia, dalam beberapa seri gamenya pihak pengembang memasukkan unsur cinta dan romantis antara para tokoh utamanya.

Dalam gameplay-nya dimasukkan elemen unik seperti pembagian kelas magic yaitu black magic, white magic, serta green magic. Kemudian terdapat sistem pemanggilan monster yang hampir selalu ada dan menjadi daya tarik game ini, serta sistem battle yang menggunakan sistem turn based dan sistem ATB.

Dragon Quest Series.

https://www.youtube.com/embed/eSba_FYojdU

Diciptakan oleh Yuji Horii pada tahun 1986 untuk knsol NES dan didistribusikan oleh Square Enix (dulunya dikenal dengan nama Enix). Dirilis dalam berbagai konsol seperti NES, Playstation, Microsoft Windows, serta mobile. Dragon Quest mengusung genre RPG dengan pendekatan anime ini telah mengeluarkan sebelas cerita utama hingga tahun 2017 ini, dan beberapa cerita spin-off.

Selain dikeluarkan dalam bentuk game, Dragon Quest juga telah diadaptasi dalam bentuk novel, manga, serta anime. Hal yang menarik dari game ini adalah melibatkan orang-orang ternama dalam pembutannya seperti pencipta manga Dragon Ball, Akira Toriyama yang mendesain karakter untuk game ini serta Koichi Sugiyama yang merupakan salah satu komposer ternama Jepang sebagai pengarah untuk soundtrack-nya.

Tales of Series.

https://www.youtube.com/embed/EMWw5HSCi5Q

Tales of Series pertama kali dirilis pada tahun 1995 dengan judul Tales of Phantasia untuk Super Famicom, kemudian kembali dirilis untuk konsol Playstation dan Playstatin Portabel.

Tales diciptakan oleh Yoshiharu Gotonda dan di distribusikan oleh Namco Tales Studio kemudian oleh Bandai Namco Studio sejak tahun 2012. Mengambil cerita tentang penyelamatan dunia dengan latar dunia alternatif serta gameplay yang bergaya anime ini, kini telah menjadi salah satu seri RPG Jepang yang terpopuler selain seri Final Fantasy dan Dragon Quest.

Seri Tales sendiri telah mengeluarkan enam belas seri, dimana seri terakhir dirilis tahun 2016 lalu dengan judul Tales of Berseria dan dirilis untuk konsol Playstation 3, Playstation 4, serta perangkat Microsoft Windows. Selain itu seri Tales juga telah diadaptasi menjadi manga serta anime.

YS series.

https://www.youtube.com/embed/DbLUPm5f1yI

Ys Series dibuat oleh Masaya Hashimoto dan Tomoyshi Miyazaki pada tahun 1987 untuk NEC PC-8801 dan dirilis oleh Nihon Falcom. Hingga saat ini seri Ys telah mengeluarkan 8 seri utama dan 6 seri spin-off, meskipun seri ini sempat vakum sejak tahun 1998 hingga 2002, dimana seri terbaru game ini berjudul Ys VIII Lacrimosa of Dana baru saja dirilis tahun 2016 kemarin.

Berbeda dari seri Final Fantasi, atau Tales Series dimana setiap seri yang mereka keluarkan memiliki dunia dan protagonist yang berbeda, Ys series lebih berfokus pada karakter bernama Adol Christin, seorang pemuda yang berpetualang ke berbagai wilayah ditemani oleh Dogi dalam setiap serinya.

Pokemon Series.

https://www.youtube.com/embed/4otlO3pstco

Tidak Seperti daftar JRPG sebelumnya yang dirilis dengan multi konsol, Pokemon merupakan JRPG yang khusus dirilis hanya untuk konsol Nintendo. Pokemon diciptakan oleh Satoshi Tajiri kemudian dirilis untuk game boy pada tahun 1996 di Jepang kemudian disusul tahun 1998 untuk wilayah Amerika.

Ada hal unik dalam setiap perilisan dari seri Pokemon ini, dimana setiap perilisan selalu dilepas secara berpasangan seperti saat generasi pertama merilis Pokemon Red and Blue hingga generasi terakhir yang dirilis yaitu Pokemon Sun nad Moon, dimana saat ini Pokemon telah merilis tujuh generasi Pokemon dimana Pokemon Sun and Moon dirilis pada tahun 2016 lalu.

Pokemon sendiri berlatar di dunia alternatif yang dipenuhi oleh makhluk hidup bernama Pokemon. Para pemain akan berperan sebagai trainer yaitu pelatih Pokemon yang bertujuan untuk menjadi Pokemon Master. Selama Perjalanan para pemain dapat dengan bebas menangkap Pokemon di alam liar secara acak, menaikkan level dan membuat pokemon berevolusi, serta melawan trainer dan pokemon lain selama perjalanan para pemain.

Gum Board Photo Writer Gum Board

suka nonton film dan bermain game

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya