Comscore Tracker

Throwback 5 Job di Ragnarok! Obati Kangen Player Lama

Game yang sangat populer di tahun 2000an ini hadir kembali!

Ragnarok online merupakan MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Playing Game) yang dibuat berdasarkan cerita dan latar belakang yang sama dari komik terkenal berjudul ‘Ragnarok’ yang ditulis oleh Lee Myoung-Jin. Komik ini kemudian dikembangkan menjadi sebuah game online yang memfokuskan fitur komunitas antar pemainnya.

Ragnarok Online pada awalnya diadaptasi dari sebuah komik karya komikus terkenal Korea, Myung-Jin Lee. Game ini mulai di publish pada Mei 2003, Sebelum masuk ke Indonesia, game ini sudah terkenal berbagai negara, bahkan game ini cukup sukses juga di berbagai negara Eropa.

Kabar baiknya, Ragnarok Online sudah bisa dinikmati di gawai masing-masing lho! Ragnarok Mobile sudah resmi rilis di Indonesia dan bisa dimainkan oleh seluruh pemain secara gratis!

Sebelum bermain, throwback berbagai first job yang ada di game ini yuk!

1. Swordsman

Throwback 5 Job di Ragnarok! Obati Kangen Player Lamaplayragnarok.com/wallpaper

Player Sworsdman mana suaranya? Swordsman adalah master of melee (serangan jarak dekat) yang memiliki keterampilan untuk menerima kerusakan minimal dan mengembalikan HP (darah) saat diserang. Senjata yang dapat digunakan adalah pedang (satu tangan atau dua tangan). Selain itu juga bisa menggunakan tombak (disarankan untuk dipakai saat memasuki 2nd job).

Job ini salah satu yang paling banyak diminati oleh pemain lho. Jika kamu sedang berjalan-jalan di perkotaan atau hutan, paling tidak pasti bertemu dengan job satu ini.

2. Acolyte

Throwback 5 Job di Ragnarok! Obati Kangen Player Lamaplayragnarok.com/wallpapers

Para Acolyte ini terbiasa dilatih untuk tidak mementingkan dirinya sendiri dan mempunyai kemampuan untuk membantu semua orang yang membutuhkan. Mereka dibekali oleh skill heal yang bisa memulihkan diri sendiri maupun orang lain yang terluka.

Acolyte memang lebih dikenal sebagai Job support untuk membantu orang lain, tapi mereka juga mampu berburu sendiri dengan menggunakan gada untuk melukai lawannya dengan serangan fisik, atau menggunakan skill heal-nya untuk menyerang monster bertipe undead.

Baca Juga: Bingung Naikkan Level Ragnarok M? Coba Ikutin 5 Trik Paling Mudah ini!

3. Magician

Throwback 5 Job di Ragnarok! Obati Kangen Player Lamaplayragnarok.com/wallpapers

Magician seperti namanya, pengguna sihir. Keterampilan dari kelas penyihir adalah perpaduan antara mantra Bolt, status sihir, dan perlindungan diri. Job ini juga mencakup kemampuan untuk memulihkan SP(mana) lebih cepat. Job ini termasuk salah satu yang banyak diminati karena kekuatannya yang besar saat sudah mencapai level tinggi.

4. Archer

Throwback 5 Job di Ragnarok! Obati Kangen Player Lamaplayragnarok.com/wallpapers

Archer adalah penyerang jarak jauh yang menggunakan busur untuk menangani kerusakan fisik saat tidak benar-benar berada dalam pertempuran jarak dekat. Satu-satunya senjata lain yang bisa digunakan Archer adalah belati (biasanya digunakan untuk menyimpan panah). Job ini termasuk dalam job yang mudah untuk digunakan.

Namun juga job yang membutuhkan dana lebih banyak dibanding job lain karena harus membeli anak panah yang tidak sedikit. Selain itu, pekerjaan yang dapat dilakukan Archer ketika mencapai Job Level 40 memiliki rentang keterampilan yang jauh lebih luas, yaitu sebagai Hunter atau Bard serta Dancer. Apakah kamu salah satu dari pemain Archer?

5. Merchant

Throwback 5 Job di Ragnarok! Obati Kangen Player Lamaplayragnarok.com/wallpapers

Job satu ini biasa disebut dengan man of money. Sebagian besar keterampilannya pada kenyataannya tidak berorientasi pada pertempuran. Mereka memiliki kemampuan untuk memperolah keranjang sebagai tempat penyimpanan barang dan untuk menyiapkan toko barang yang dapat dibeli oleh pemain lain. Keterampilan bertempur utamanya ada pada skill Mammonite yaitu membuang uang untuk menyerang monster. Sultan mah bebas!

5. Thief

Throwback 5 Job di Ragnarok! Obati Kangen Player Lamaragnarok.wikia/thief

Thief adalah pejuang yang gesit dan punya skill khusus. Selain memiliki skill khusus 'mencuri', Thief memanfaatkan kegesitan mereka dalam pertempuran melalui menghindar dan serangan ganda dengan belati; meskipun mereka bisa menggunakan busur juga. Setelah mencapai Job Lv 40, Thief bisa menjadi Assassin (menggunakan katar) atau Rogue (menggunakan belati atau busur). Thief yang terkenal dilahirkan di kota Morroc dan menjadi idola banyak player juga.

Selain ke-5 job di atas ada juga Ninja, Gunslinger serta Taekwonboy/Girl. Namun, ke-5 profesi inilah yang lahir terlebih dahulu di tahun 2000-an. Bagaimana? Kangenmu sudah terobati belum? Saat ini kamu bisa memainkan Ragnarok lewat gawai kok. Telusuri berbagai kota dan temukan cinta! Selamat bernostalgia!

Baca Juga: Job Apa yang Paling Menggambarkanmu di Ragnarok M: Eternal Love? Cari Tahu di Sini!

Jihan Mawaddah Photo Writer Jihan Mawaddah

Knowledge seeker

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya