Comscore Tracker

7 Rekomendasi Game Rhythm Terbaik bagi Kamu Penyuka Musik

Bukan sekadar asal tekan!

Kamu pasti familiar dengan judul game seperti Guitar Hero dan Dance Dance Revolution. Game yang dimainkan dengan cara menekan tombol di waktu yang pas ini disebut sebagai game rhythm. Kamu harus menekan tombol di momen yang tepat agar bisa mendapatkan poin paling banyak.

Beberapa game rhythm juga menyajikan jalan cerita yang menarik. Kamu juga bisa memainkannya di PC, konsol, bahkan smartphone. Simak rekomendasi game rhythm di bawah ini.

1. DEEMO

7 Rekomendasi Game Rhythm Terbaik bagi Kamu Penyuka MusikDeemo menghadirkan game rhythm dengan musik dan tampilan yang indah (dok. Rayark/DEEMO -Reborn-)

DEEMO adalah game rhythm yang dibuat oleh pengembang asal Taiwan, Rayark. Awalnya game ini hadir di platform iOS dan Android. Namun, terdapat port untuk PlayStation Vita yang merupakan peningkatan dari edisi sebelumnya. Tidak berhenti di PlayStation, DEEMO juga mendapatkan port untuk PC.

Di dalam permainan terdapat tiga tingkat kesulitan. Kamu bisa memilih tingkat kesulitan sesuai dengan kemampuan kamu. Selain tingkat kesulitan, kamu juga bisa menyesuaikan seberapa cepat not yang akan datang ke arah kamu.

2. Cytus

7 Rekomendasi Game Rhythm Terbaik bagi Kamu Penyuka MusikBerbeda dengan DEEMO, kamu harus menekan tombol ketika garis berada di atasnya (dok. Rayark/Cytus)

Sebelum DEEMO, Rayark juga sudah merilis game rhythm yang bernama Cytus. Game ini juga hadir di platform iOS dan Android pada 2012. Cytus menghadirkan 200 lagu yang memiliki dua tingkat kesulitan.

Di dalam permainan, terdapat garis yang bergerak secara vertikal. Kamu harus menekan tombol yang muncul ketika garis melewatinya. Cytus sendiri memiliki beberapa judul lainnya, seperti Cytus II.

3. Friday Night Funkin'

7 Rekomendasi Game Rhythm Terbaik bagi Kamu Penyuka MusikBernyanyi bergantian, jangan sampai kalah (dok. ninjamuffin99/ Friday Night Funkin')

Belakangan, game berjudul Friday Night Funkin' menjadi populer di internet. Tampilan game ini sekilas mirip seperti PaRappa the Rapper. Game ini sendiri dikembangkan oleh tim kecil yang terdiri dari empat orang. 

Di dalam permainan, kamu bisa memilih level yang disebut sebagai 'week'. Kamu akan bergantian bernyanyi dengan lawanmu sebanyak tiga lagu. Yang unik, setiap lawanmu memiliki ciri khas yang unik dan menantang.

Baca Juga: 5 Game Konami Terbaik Sepanjang Masa, Deretan Game Legenda

4. BanG Dream! Girls Band Party!

7 Rekomendasi Game Rhythm Terbaik bagi Kamu Penyuka MusikKamu bisa mengoleksi berbagai karakter dengan kekuatan yang membantu penampilan kamu (YouTube/BanG Dream! Girls Band Party! Official)

Bagi kamu yang menyukai anime, BanG Dream! Girls Band Party! bisa menjadi pilihan kamu. Di dalam game ini, kamu juga bisa mengoleksi karakter dari berbagai band yang ada. Tiap band juga memiliki tema unik yang berbeda.

Tidak hanya sendirian, kamu juga bisa bermain bersama pemain lain di dalam mode Multi Live. Kemudian, BanG Dream! juga memiliki lagu cover yang berasal dari banyak judul anime. Jangan lupa mencoba game ini, barang kali ada lagu anime favorit kamu!

5. Just Dance

7 Rekomendasi Game Rhythm Terbaik bagi Kamu Penyuka MusikKamu juga bisa bermain Just Dance dengan smartphone (dok. Ubisoft/JUST DANCE NOW)

Berbeda dari game-game di atas, kamu harus benar-benar menari di game Just Dance. Poin kamu dihitung dari seberapa tepat gerakan kamu dengan yang ditampilkan di layar. Just Dance juga memiliki banyak koleksi lagu yang bisa kamu pilih.

Jangan khawatir jika kamu tidak bisa menari, karena gerakan tarian akan ditampilkan. Arah gerakan juga akan diperlihatkan sehingga kamu tidak perlu pusing. Tidak hanya eksklusif di Nintendo, kamu juga bisa memainkan game Just Dance di televisi kamu.

6. Beat Saber

7 Rekomendasi Game Rhythm Terbaik bagi Kamu Penyuka MusikPukul blok yang datang sesuai dengan arahnya (YouTube/Beat Saber Official)

Game rhythm juga bisa kamu mainkan dengan virtual realitylho! Beat Saber adalah salah satu game yang wajib kamu mainkan jika kamu punya perangkat virtual reality. Tentunya kamu bisa lebih immerse ketika bermain dengan virtual reality

Di dalam permainan, kamu akan menghadapi sejumlah kotak yang berbeda warna. Kamu harus memukul kotak dengan warna dan arah yang sesuai untuk mendapatkan poin. Beat Saber juga menghadirkan banyak lagu populer dari berbagai belahan dunia.

7. Taiko no Tatsujin

7 Rekomendasi Game Rhythm Terbaik bagi Kamu Penyuka MusikBermain alat musik tradisional Jepang juga seru (dok. BANDAI NAMCO Entertainment/Taiko no Tatsujin: Drum 'n' Fun!)

Kali ini, kamu bisa bermain taiko atau drum tradisional asal Jepang. Taiko no Tatsujin menghadirkan berbagai lagu populer dari Jepang untuk kamu mainkan. Tentunya not yang datang memiliki efek suara seperti taiko.

Taiko no Tatsujin tersedia di berbagai platform, seperti PlayStation 4 dan Nintendo Switch. Untuk versi Nintendo Switch, kamu bisa memainkan game ini dengan tiga cara. Kamu bisa menggunakan tombol, menekan layar tablet, atau menggunakan Joy-Con seperti pemukul taiko.

Game-game ini tentunya memiliki musik orisinal dan populer yang bisa kamu dengarkan sambil bermain. Namun, jangan terlalu asyik mendengarkan musiknya sampai lupa melihat not yang berdatangan. Cetak skor terbaikmu dan jadi yang terbaik!

Apakah kamu pernah bermain sejumlah game di atas? Mana yang menjadi favorit kamu? Bagikan tanggapan kamu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 7 Rhythm Game di Smartphone yang Bakal Bikin Kamu 'Headbang'!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya