Comscore Tracker

5 Fakta Minecraft 'The Wild Update', Bioma dan Mob Baru

Update yang indah tetapi menyeramkan

Acara Minecraft Live 2021 yang diadakan pada Sabtu (16/10/2021) mengumumkan update besar-besaran berikutnya untuk game Minecraft. The Wild Update ini akan memusatkan perhatian kepada alam liar, baik yang indah maupun yang menyeramkan.

Penasaran apa saja konten baru dalam update terkini Minecraft? Tanpa banyak basa-basi, yuk simak rinciannya!

1. Bioma Deep Dark yang diselimuti kegelapan bikin merinding!

5 Fakta Minecraft 'The Wild Update', Bioma dan Mob Baruilustrasi bioma Deep Dark (dok. Mojang Studios/Minecraft)

Sebenarnya Minecraft sudah terasa seperti game horor karena mitos Herobrine dan musik menyeramkan yang muncul saat mengeksplorasi gua besar. Nah, Mojang Studios mengajak kamu untuk menguji nyali dengan menjelajahi bioma gelap bernama 'Deep Dark'.

Bioma bawah tanah yang terlihat seperti reruntuhan kota kuno yang misterius ini tidak hanya seram karena kegelapannya saja. Faktanya, terdapat block dengan nama 'Sculk Shrieker' yang dapat menjerit ketika kamu terdeteksi oleh Sculk Sensor secara tidak sengaja.

Setelah menjerit, kamu akan terpapar efek Darkness. Kita ambil contoh gambar di atas. Apabila kamu terpapar efek Darkness, apa yang semula sudah gelap menjadi hitam pekat tanpa cahaya.

Masalahnya, jika jeritan ini terjadi berulang kali, mob Warden akan datang. Warden adalah mob baru yang tidak dapat melihat. Makhluk yang menakutkan ini justru mendeteksi gerakan. Dengan demikian, kamu perlu menyelinap perlahan tapi pasti ketika melarikan diri dari Warden. Yup, melarikan diri. Sebab, mob yang sangat tangguh ini memang dirancang untuk dihindari, bukan untuk dilawan. 

2. Tidak lagi hampa, bioma Swamp jadi penuh kehidupan

5 Fakta Minecraft 'The Wild Update', Bioma dan Mob Baruilustrasi bioma Swamp (dok. Mojang Studios/Minecraft)

Dulu, bioma Minecraft yang paling kosong dan minim akan tanda kehidupan adalah bioma laut. Bayangkan saja, lautnya sangat luas tetapi makhluk hidupnya hanya terbatas pada cumi-cumi saja. Namun, hal itu berubah ketika Mojang Studios meluncurkan Update Aquatic yang membuat laut makin indah. Kini, bioma Swamp atau rawa juga mendapatkan penyempurnaan.

Bioma Swamp yang semula terasa hampa akan diisi oleh pohon pertama di Minecraft yang dapat tumbuh di bawah air dan di tanah, yaitu pohon bakau. Swamp ini juga menjadi rumah bagi dua mob baru, kunang-kunang dan katak.

Kunang-kunang akan membuat malam hari di Swamp menjadi hidup. Mereka juga akan menjadi sumber makanan bagi mob berdarah dingin pertama di Minecraft, si katak.

Katak menjadi salah satu mob paling unik di Minecraft karena fase pertumbuhannya. Saat kecil, mereka adalah kecebong yang bisa kamu bawa dengan ember.

Bentuk katak saat dewasa akan berbeda tergantung dengan biomanya. Sejauh ini, ada tiga jenis katak, yaitu katak rawakatak salju, dan katak tropis. Meski terlihat berbeda, mereka sama-sama menggemaskan!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Game Mirip Harvest Moon, Bikin Nostalgia!

3. Update dihadiri banyak block baru

5 Fakta Minecraft 'The Wild Update', Bioma dan Mob Baruilustrasi block baru (dok. Mojang Studios/Minecraft)

Implementasi pohon bakau di Minecraft memiliki arti bahwa kamu dapat menggunakan kayunya sebagai bahan bangunan. Selain block yang berkaitan dengan pohon bakau, The Wild Update juga menambahkan block menarik lainnya, yaitu

  • Mud Block atau lumpur yang ditemukan di bioma Swamp, bisa dibuat dengan menggunakan Water Bottle pada Dirt BlockMud Block juga dapat ditaruh di atas Dripstone Block untuk dikeringkan dan diubah menjadi Clay Block
  • Mud Bricks yang dibuat dengan mengombinasikan lumpur, pasir, dan gandum
  • Sculk Block yang ditemukan di bioma Deep Dark
  • Sculk Catalyst yang dapat 'menyebarkan' Sculk Block
  • Sculk Shrieker yang menjerit, memberikan efek Darkness, dan dapat memanggil mob Warden

Update ini juga menjadi debut Boat with chest, yakni sebuah kapal kayu yang mengangkut chest. Dengan item ini, kamu bisa membawa banyak barang ketika ingin melewati perairan yang luas.

4. Allay menjadi pemenang pemilihan mob baru

5 Fakta Minecraft 'The Wild Update', Bioma dan Mob Baruilustrasi Allay (dok. Mojang Studios/Minecraft)

Momen pemilihan mob baru lewat pemungutan suara di Twitter cukup mendebarkan, apalagi bagi mereka yang ingin mob favoritnya menjadi mob terbaru di Minecraft. Dari ketiga pilihan, hanya satu yang menjadi pemenang, yaitu Allay.

Makhluk imut berwarna biru muda ini menyukai musik dan memiliki nilai kegunaannya sendiri. Kalau kamu memberi mereka suatu item, Allay akan mengumpulkan lebih banyak item sama yang terjatuh di tanah.

Pemenang ini berhasil mengalahkan mob Glare yang dapat menemukan area gelap pada tingkat cahaya nol dan mob Copper Golem yang gemar menekan Copper Buttons. Tampaknya, Allay punya kegunaan untuk perkebunan otomatis, Glare menolong kamu dalam sesi Survival dengan tingkat kesulitan Hardcore, sedangkan Copper Golem bermanfaat untuk keperluan mekanisme Redstone.

5. Belum ada tanggal rilis yang pasti

5 Fakta Minecraft 'The Wild Update', Bioma dan Mob Baruilustrasi Minecraft The Wild Update (dok. Mojang Studios/Minecraft)

Tim Mojang Studios mengatakan bahwa update terbaru Minecraft akan hadir tahun 2022 mendatang. Sayangnya, mereka masih merahasiakan tanggal dan bulan perilisan The Wild Update.

Hal ini masuk akal berhubung mob katak saja masih dalam tahap pengembangan. Nantinya, ketiga varian katak tidak hanya berbeda secara desain, tetapi dari segi kehidupannya.

Wah, The Wild Update sangat menarik, ya! Dua bioma yang memiliki kontras antara satu dan yang lain tentunya menjadi daya tarik utama. Menurut kamu, konten The Wild Update apakah yang bikin kamu tidak sabar untuk mencobanya?

Baca Juga: 7 Fakta Update Genshin Impact 2.2, Ada Thoma!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya