Comscore Tracker

10 Game Mobile dengan 'Storyline' Emosional, Bikin Baper!

Siapin tissue pas main game ini!

Game terkadang menawarkan jalan cerita yang emosional, mulai dari mengangkat tema drama keluarga, kisah percintaan yang mengharukan hingga persahabatan antara karakter yang sungguh menghangatkan hati. Gak jarang kita akan merasa dilema saat disuguhkan sebuah pilihan sulit untuk melanjutkan progress permainan.

Android merupakan salah satu platform gaming yang berkembang. Tetapi sangat jarang ditemukan game dengan cerita emosional seperti di consoles dan PC. Berikut ini 10 rekomendasi judul game android yang memiliki cerita yang epic, check it out!

1. To The Moon

https://www.youtube.com/embed/LKih19Z9e04

To The Moon merupakan game karya developer Freebird Game yang cukup sukses di PC. Mereka pun porting ke mobile sejak 2018 oleh X.D. Network. Game ini menceritakan perjalanan dua orang dokter Neil Watts dan Eva Rosaline untuk mengabulkan keinginan terakhir pasiennya. Mereka ini bekerja di Sigmund Corp yang memiliki teknologi super canggih, yang dapat memasukkan kedua dokter tadi ke dalam ingatan sang pasien dan merekonstruksi ingatan mereka.

Sayangnya karena mengubah ingatan seseorang adalah tindakan ilegal, teknologi mereka ini hanya digunakan untuk pasien yang sudah sekarat. Pasien mereka dalam game ini adalah Johnny yang ingin pergi ke bulan sebelum meninggal. Perjalanan kedua dokter tersebut untuk mewujudkan harapan terakhir Johnny tidaklah mudah, mereka harus mengubah ingatan Johnny bahkan menghapus ingatan akan seseorang yang sangat Johnny cintai.

2. The Wolf Among Us

https://www.youtube.com/embed/7DO7XPO3bxo

Sebenarnya hampir semua game dari Telltale Games layak masuk daftar ini, tapi the Wolf Among Us-lah yang terasa paling orisinal dibandingkan dengan Walking Dead dan Batman yang sudah ada serial TV-nya. Game ini menceritakan kehidupan di Fabletown, sebuah kota di mana karakter dari negeri dongeng hidup berdampingan dengan manusia.

Dalam game ini kita bisa bertemu Snow White, Woodsman, The Little Mermaid dan lain lain. Tokoh utama dalam game ini adalah Detektif Bigby yang dulu merupakan Manusia Serigala pemburu Red Riding Hood. Dia harus mengungkap kasus pembunuhan salah satu temannya, semakin dalam dia mencari petunjuk semakin terungkap pula konspirasi besar di kotanya.

Dalam game ini kita akan selalu dibikin penasaran dengan plot-twist yang selalu tidak tertebak.

3. I.B. ~The Future, Destined By Unsociable Me~

https://www.youtube.com/embed/jWsluzDPTdk

Game ini mengisahkan seorang Hacker yang anti-sosial, Kazuto Sorai dalam upayanya mengembangkan I.B sebuah Artificial Inteligence (AI) super canggih yang bisa mendeteksi perasaan manusia. Kazuto dibantu oleh rekan, Rin Kikuchi.

Semakin lama bermain kita akan disajikan berbagai plot twist yang brilian, mulai dari alasan Kazuto yang menjadi anti-sosial, siapa sebenarnya Rin dan tujuan diciptakannya I.B. Namun, hati-hati dalam bermain game ini karena segala pilihan yang kita buat dapat memengaruhi cerita.

4. Brothers: A Tale of Two Sons

https://www.youtube.com/embed/YI7pfIZE6f8

Brother: A Tale of Two Sons mengisahkan perjalanan Naiee dan kakaknya Naia untuk mencari The Tree of Life demi menyelamatkan sang ayah yang sedang sakit parah. 

Perjalanan mereka penuh dengan rintangan, pengorbanan dan kesetiaan, namun pada akhirnya untuk mendapatkan sesuatu, kamu harus siap mengorbankan sesuatu.

5. 7 Years From Now

https://www.youtube.com/embed/EzKP34Za3d0

Meski dengan grafik sederhana, game ini mampu menyampaikan sebuah cerita yang luar biasa, sampai cukup banyak thread diskusi di reddit demi membahas cerita game ini.

Haruto kehilangan ingatannya setelah terjadi sebuah insiden. Tujuh tahun kemudian Haruto kembali ke kampung halamannya untuk mencari seseorang yang pernah ia lupakan. Dia pun bertemu kembali dengan banyak teman-teman lamanya walaupun mereka seperti mencoba menyembunyikan sesuatu darinya.

Semakin dia mencari semakin pulih juga ingatannya tentang insiden yang dialami tujuh tahun lalu.

Baca Juga: Miliki 10 Game Mobile Offline Terbaik Ini, untuk Membunuh Rasa Bosanmu

6.

https://www.youtube.com/embed/foZp9ToBewA

Game ber-genre Adventure ini dirilis tahun 2014 oleh Wadjet Eye Games. Game dengan nuansa Cyberpunk ini akan membawa kita berpetualang ke dalam dunia yang kelam dan kejam.

Game ini memiliki dua alur cerita dan dua tokoh utama. Pertama menceritakan Azriel Odin, seorang detektif yang dulunya merupakan pembunuh untuk mencari keberadaan sang adik Daniel, yang hilang tanpa kabar. Pencarianya mengantarkan dia sampai ke Center 7, sebuah fasiltas rahasia untuk human experiment.

Kedua, Delta-Six, pria yang kehilang ingatannya dan terbangun di sebuah tempat rehabilitas untuk kriminal. Dia pun merencanakan untuk kabur dari tempat tersebut setelah mengetahui kebenaran tentang dirinya, dalam upayanya dia dibantu oleh temannya Giselle.

7. If My Heart Had A Wings

https://www.youtube.com/embed/rrYmCcmLHL8

Salah satu Visual Novel terbaik di PC akhirnya mendapat versi Androidnya, 2014 silam. Game ini mengharuskan kita mengatur jalan cerita berdasarkan respon dan pilihan yang diberikan sepanjang permainan.

Aoi, kembali ke kampung halaman untuk melanjutkan sekolah. Di sana dia bertemu Kotori, Ageha dan Amane. Bersama-sama, mereka menghidupkan kembali Soaring Club di sekolah mereka. Game ini mengajarkan kita bahwa kehilangan sesuatu baik fisik maupun emosinal bukanlah alasan untuk berhenti menatap masa depan.

8. Implosion: Never Lose Hope

https://www.youtube.com/embed/11a_9ymMWAI

Game buatan Rayark ini diklaim memiliki cita rasa yang tidak kalah dengan konsol, dan benar saja selain memiliki cerita yang ciamik juga adalah game Hack and Slash yang seru untuk dimainkan. 

Berkisah pada tahun 2178, Bumi deserang oleh alien XADA. Umat manusia pun dipaksa untuk mengungsi ke planet terdekat. 20 tahun setelah kejadian tersebut umat manusia telah berhasil mengembangkan sebuah robot bernama Warmech. Dipiloti oleh Jake Carloway dan Diana May, Warmech dikirim ke bumi untuk merebut kembali planet Bumi!

9. Life is Strange

https://www.youtube.com/embed/B-YnKltyP0o

Maxine "Max" Caulfield adalah seorang siswa SMA di Blackwell Academy. Ia memiliki kekuatan untuk memutar kembali waktu atau beken disebut Time Travel. Dengan kekuatannya tersebut Max membantu temannya Chloe Price yang sedang dalam masalah. Max dan Chloe pun menggunakan kekuatan itu untuk membantu berbagai masalah dalam kehidupan mereka.

Game yang mengangkat kisah petualangan remaja ini sangat realistis dengan realita remaja sekarang ini. Game akan membawa kita dalam kehidupan seorang remaja yang sedang mencari jati diri.

10. Valiant Hearts: The Great War

https://www.youtube.com/embed/zx9Y_3wLKwQ

Yang terakhir adalah game dari Ubisoft yang bergenre Puzzle Adventure, Valiant Hearts. Game ini ada 4 karakter yang dapat kita mainkan. Dapat memerankan Karl, seorang prajurit Jerman yang terpaksa berperang meninggalkan keluarganya, Emelie, prajurit Perancis yang berperang berbeda kubu dari sang ayah, Freddy, warga sipil dari Amerika yang ingin balas dendam dan Anna seorang perawat dari Belgia yang ingin mencari ayahnya yang diculik tentara Jerman.

Keempat karakter tersebut dipertemukan dalam medan pertempuran. Terjadilah kisah apik yang penuh dengan momen-momen yang memainkan emosi gamer, tapi di saat yang sama memberikan pengalaman bermain yang luar biasa.

Bagaimana menurut kalian, sudah memainkan salah satu dari game di atas? Tinggalkan tanggapan kalian di bawah ya!

Baca Juga: 7 Cara Mengunduh Game Mobile yang Gak Rilis di Indonesia

Mito Rudito Photo Community Writer Mito Rudito

Menulis untuk menuangkan apa yang sedang aku pikirkan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You