Comscore Tracker

7 Game Novel Visual Karya Anak Bangsa Terbaik di Smartphone

Atur cerita sesuai gayamu!

Novel visual atau visual novel merupakan salah satu genre video game yang menekankan penyampaian cerita daripada gameplay. Biasanya, kamu hanya disuguhkan teks narasi disertai ilustrasi karakter dengan berbagai ekspresi untuk lebih menghidupkan cerita.

Minimnya gameplay sama sekali tidak mengurangi pengalaman bermain kamu. Hal tersebut dapat ditutupi oleh penulisan cerita yang berkualitas. Di bawah ini ada sepuluh game novel visual karya anak Indonesia yang dapat kamu mainkan di smartphone kamu. Ada yang familier, lo. Check it out!

1. KKN Desa Penari: Visual Novel

7 Game Novel Visual Karya Anak Bangsa Terbaik di Smartphoneapkpure.com

Game ini tergolong masih baru dan mengangkat cerita yang kamu mungkin sudah tahu, bahkan pernah membacanya. Ya, novel visual horor ini mengambil cerita yang sedang viral beberapa waktu yang lalu, yakni KKN Desa Penari. 

Menceritakan tentang mahasiswa yang tengah melakukan KKN (kuliah kerja nyata) di sebuah desa yang angker akibat kurang mengertinya mereka tentang adat dan larangan setempat. Akhirnya, mereka diteror oleh penunggu tempat tersebut.

Penambahan latar musik yang seram dan ilustrasi karakter di setiap adegan menambah sensasi horor saat kamu memainkannya. Akan ada dua versi cerita yang bisa kamu mainkan, sama seperti cerita aslinya.

2. An Octave Higher

7 Game Novel Visual Karya Anak Bangsa Terbaik di Smartphoneinsidegames.asia

Novel visual ini dikembangkan oleh developer Indonesia, Kidalang. Novel visual ini telah lebih dulu rilis di PC kemudian disusul di smartphone tak lama setelahnya. Kualitas ilustrasi di game ini tak kalah dengan game luar negeri. Semua ilustrasi digambarkan sangat indah layaknya sebuah lukisan yang artistik.

Menceritakan perjalanan tiga karakter, yaitu Franz seorang siswa genius di akademi sihir; Elise seorang gadis miskin yang bermimpi untuk bisa main piano; dan Frederick, anak dari gubernur yang egois. mereka bertiga adalah kunci untuk menyelamatkan (atau menghancurkan) kota sihir, Overture.

3. Dilan The Official Game

7 Game Novel Visual Karya Anak Bangsa Terbaik di Smartphoneplay.google.com

Siapa, sih, yang gak kenal Dilan dan gombalan-gombalan khasnya itu? Dilan adalah salah satu film Indonesia yang paling sukses mencuri perhatian penonton. Tahun ini juga, Dilan baru saja dirilis sekuel filmnya, tepatnya pada Maret lalu.

Tidak cuma filmnya, CIAYO Comics sebagai penerbit komik daring, telah merilis novel visual berdasarkan kisah cinta Dilan dan Milea. Cerita masih mengadaptasi versi film dan novel orisinalnya, tapi pemain diberikan kesempatan untuk memilih dialog secara leluasa. Jika kamu bosan menonton dan ingin menjadi Dilan, kamu bisa unduh game ini! 

Baca Juga: 5 Game Paling Sulit Sepanjang Masa, Malah Bikin Stres!

4. Sage Fusion

7 Game Novel Visual Karya Anak Bangsa Terbaik di Smartphoneindiedb.com

Kamu pasti tidak akan tahu bahwa game superkeren ini adalah game buatan anak bangsa. Masih dari developer yang sama dengan An Octave Higher, game ini tergolong unik karena memadukan novel visual dengan elemen RPG (role-playing game).

Kamu tidak hanya diberikan cerita interaktif selayaknya novel visual, tapi karakter kamu juga bisa melakukan eksplorasi dan bertarung dengan musuh dengan sistem turn-based. Tenang saja, kamu tidak perlu grinding untuk memperkuat karaktermu layaknya game RPG sungguhan, kok.

Game ini menceritakan Alvonse Brin, seorang bodyguard yang harus terseret masalah besar dengan pemerintah akibat menyelamatkan seorang mata-mata, Vientiane Blaise. Game ini bertema fiksi sains dengan setting luar angkasa. Buat kamu para penggemar Star Wars dan Star Trek pasti suka game ini.

5. Love Convention

7 Game Novel Visual Karya Anak Bangsa Terbaik di Smartphoneapkpure.com

Jika kamu suka budaya Jepang, kamu akan menyukai game ini. Novel visual ini menceritakan kehidupan seorang anak SMA dalam upayanya menemukan cinta sejati. Visual novel ini banyak mengambil budaya Jepang yang memang sudah ada di Indonesia, seperti festival, cosplay, maid cafe, dan berbagai hal yang otaku banget.

Kamu juga diberikan pilihan untuk mengencani karakter unik, seperti cosplayer, artis manga, dan gamer. Jika kamu seorang wibu, dijamin akan suka banget sama game ini. Oh, ya, game ini masih demo jadi akan sering dimutakhirkan untuk menyuguhkan konten terbaru buat kamu.

6. Kode Keras Series

7 Game Novel Visual Karya Anak Bangsa Terbaik di Smartphoneapkpure.com

Digital Artha adalah developer di balik seri Kode Keras yang menjadi salah satu novel visual paling populer di smartphone. Ada Kode Keras untuk Cewek, Kode Keras Anak Indigo, Kode Keras Cowok buat Senja, dan beberapa judul lain yang mungkin pernah mau mainkan.

Salah satu yang bikin novel visual ini beda dari yang lain adalah respons karakter yang tidak terduga, contohnya jika kamu memilih pilihan yang terdengar positif kadang justru akan ditanggapi negatif. Hal tersebut menambah kelucuan dan juga kompleksitas karakter dalam game ini.

7. Jomblo Keren

7 Game Novel Visual Karya Anak Bangsa Terbaik di Smartphoneplay.google.com

Banyak sekali novel visual yang membuat karakter utama mereka sebagai seorang jomlo akut. Kita sebagai player diandalkan untuk mengubah kehidupan menyedihkan sang karakter utama. Namun, ada yang beda dengan game ini. Sesuai judulnya, kamu adalah jomlo, tapi bukan karena tidak laku. Kamu jomlo karena pengin fokus mengejar cita-cita.

Seperti gameplay pada umumnya, kamu bertugas mengelola kehidupan sosial, kemampuan akademis, dan kesehatan sang karakter utama. Adapun, tujuanmu adalah lulus kuliah dengan gelar cum laude. Namun, bisakah kamu bertahan jadi single dengan lima cewek yang siap untuk menggagalkan misi jomlo keren kamu?

Bagaimana? Tidak kalah, 'kan, dengan developer luar negeri? Mari kita dukung developer lokal dengan mengunduh dan membagikan game mereka supaya industri game Indonesia bisa terus maju.

Baca Juga: Disebut Game Burik, 5 Fakta Seputar Free Fire Battlegrounds

Mito Rudito Photo Community Writer Mito Rudito

Menulis untuk menuangkan apa yang sedang aku pikirkan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You